Wujudkan Zero Stunting dengan Fokus Ketahanan Pangan

0
19
Sumber : Unsplash

Program ketahanan pangan dan program lainnya pada berbagai macam pelaksanaan telah dilakukan untuk memberi dampak positif bagi masyarakat, maupun pihak desa Desa Air Duren Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka. Hal ini pun dapat menjadi percontohan bagi seluruh desa di Indonesia dalam mewujudkan angka Zero Stunting.

Selama tahun 2022 ini Tingkat Stunting di Indonesia Mencapai 24,4% yang dilansir dari salah satu artikel di laman Universitas Diponegoro. Artinya, Indonesia masih berada di atas batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20 persen. Adapun pemerintah sendiri menargetkan angka prevalensi stunting di angka 14 persen pada 2024.

Kepala Desa Air Duren Kecamatan Pemali, Saiful Ahyar, mengatakan, satu di antara fokus utama di tahun 2022 adalah program ketahanan pangan yang sejalan dengan arahan Kementerian Desa RI yang meminta pemerintah desa menganggarkan 20 persen untuk program ketahanan pangan dari anggaran desa.

Program ini pun dituturkan oleh Saiful Ahyar akan seterusnya berlanjut di tahun 2023, karena selain untuk ketahanan pangan dalam penyediaan bahan pangan, juga upaya menyediakan protein bagi pemberantasan stunting dalam bentuk ketahanan pangan hewani dan ketahanan pangan dari pertanian.

Baca Juga  Pemerintahan Desa & BUMDesa Harus Akuntabel

Di Desa Air Duren ini,pada program ketahanan pangan hewaninya, diwujudkan dalam ternak ikan lele yang kini telah beberapa kali panen. Selain untuk konsumsi langsung bagi warga yang membutuhkan, lele juga diolah menjadi abon. Sedangkan untuk program ketahanan pangan yang dikontribusi oleh segi pertanian, dilakukan program sayur hidroponik yang dikelola Tim Penggerak PKK Desa Air Duren. Macam sayuran yang dibudidaya dalam sistem hidroponik ini adalah sawi green, sawi putih dan selada. Dilakukan juga penanaman jagung dan kacang yang untuk mendukung ketahanan pangan. Total keseluruhan anggaran yang disediakan sekitar Rp160 juta untuk tahun 2022.

Selain dengan tujuan mewujudkan zero stunting, dilakukan deretan program ini untuk mendukung masyarakat dalam pemberdayaan dan penghasilan. Bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarga di samping mencari peluang sumber PAD desa dengan pelibatan masyarakat.

Refrensi :

http://kkn.undip.ac.id/?p=342535

https://bangka.tribunnews.com/2022/12/27/amankan-zero-stunting-desa-air-duren-pemali- fokus-pada-ketahanan-pangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here