Pentingnya Usaha UMKM dan Ide Bisnis Paling Menjanjikan

0
258
Usaha UMKM

Di negara berkembang seperti Indonesia ini, seluruh aktivitas sehari-hari tidak akan terlepas dari hasil kreasi serta pelayanan jasa dari para pelaku bisnis UMKM. Nah, aktivitas UMKM sendiri dapat Anda saksikan mulai dari bisnis makanan ringan, kue, kebutuhan pokok, hasil kerajinan tangan, dan sebagainya.

Jika Anda sedang mencari ide usaha UMKM terbaru dan ber-prospek menjanjikan, sebaiknya simak ulasan di bawah ini hingga tandas.

Pengertian UMKM dan Kontribusinya untuk Perekonomian Indonesia

Meskipun terkesan sepele dan lebih kecil ketimbang bisnis-bisnis dengan skala nasional, tetapi UMKM sendiri memiliki kontribusi yang krusial untuk perekonomian Indonesia secara makro. Sebab, UMKM merupakan kepanjangan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Sehingga, dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

UMKM menurut UU nomor 20 tahun 2008 diartikan sebagai “perusahaan kecil yang dimiliki serta dikelola seseorang atau sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan serta pendapatan tertentu.”

Menurut laporan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, UMKM ini secara jumlah unit-nya mempunyai pangsa sebesar 99,99% dari semua pelaku usaha yang ada di Indonesia (data pada tahun 2017). Sedangkan usaha besar hanya sekitar 0,01 % saja dengan jumlah unit 5400.

Lebih hebatnya lagi, usaha mikro dapat menyerap sebesar 89,2 % tenaga kerja dengan jumlah 107,2 juta orang. Untuk usaha kecil sendiri bisa menyerap 4,74 % dengan jumlah mencapai 5,7 juta orang. Lain lagi dengan usaha menengah yang dapat menyerap sejumlah 3,73 juta orang atau dalam persentase menjadi 3,11%.

Padahal, usaha besar hanya mampu menyerap 3,58 juta tenaga kerja saja. Jika dijumlahkan, maka gabungan antara UMKM bisa menyerap hingga 97 % tenaga kerja dalam skala nasional. Sedangkan usaha yang besar hanya bisa menyerap 3 % saja. Wah, ternyata UMKM bisa sehebat itu!

Baca Juga  Empat Langkah Untuk Menemukan Ide Membuat Usaha di Desa dan Contoh Usahanya

Bidang Usaha UMKM

Secara garis besar, bidang usaha UMKM terbagi menjadi dua, yakni pertanian dan non-pertanian. Nah, untuk usaha non-pertanian sendiri terbagi lagi mejadi tiga bidang usaha. Diantaranya:

  1. Industri Pengolahan

Industri pengolahan adalah proses produksi yang kegiatan utamanya adalah mengubah bahan baku atau bahan mentah menjadi barang jadi dan barang setengah jadi sehingga siap dikonsumsi.

Beberapa contoh industri pengolahan diantaranya konveksi yang mengubah kain menjadi pakaian, industri kain yang mengubah kapas menjadi bentuk kain, serta industri minuman dalam kemasan menjadi dalam bentuk botol yang siap minum,

  1. Penyediaan Akomodasi serta Makanan dan Minuman

Usaha UMKM ini meliputi usaha restoran, jasa boga, rumah makan, penjualan makanan, kafe, dan sebagainya. Jenis usaha katering yang melayani penyediaan makanan untuk kebutuhan logistik semisal pengadaan snack kereta api, pesawat terbang, dan sebagainya juga masuk pada kategori ini.

  1. Perdagangan Besar dan Eceran

Pada bidang perdagangan merupakan aktivitas penjualan tanpa proses mengubah produk kecuali untuk pengemasan ulang dan penyortiran. Seperti pada pedagang buah yang menjualnya kembali dalam bentuk eceran, distributor makanan yang mengemas ulang dan dijual eceran.

Ide Usaha UMKM di Indonesia dengan Prospek Menjanjikan

Untuk memilih jenis usaha UMKM, tentu saja harus dilakukan secara tepat. Anda harus menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen di wilayah terdekat. Untuk itu, berikut akan kami sertakan beberapa ide paling menarik dengan prospek yang menjanjikan. Anda hanya perlu mengamati, meniru, serta memodifikasi sesuai dengan kebutuhan saja.

Langsung saja, ini dia ulasannya:

  1. Ide Usaha UMKM di Bidang Fashion

Bisnis fashion memang berkembang dengan sangat cepat belakangan ini. Bahkan, Anda bisa melakukan bisnis fashion dalam skala kecil tanpa stok terlebih dahulu. Yakni dengan menjadi reseller atau droshipper.

Perhatikan juga target market yang dituju. Apakah Anda akan menyediakan baju untuk bayi, anak-anak, khusus perempuan, pria, pakaian sport, atau yang lainnya. Dengan menentukan target, maka Anda bisa lebih fokus dalam menjual pakaian tersebut.

  1. Ide Usaha UMKM di Bidang Otomotif

Bidang otomotif juga merupakan salah satu yang dapat Anda pilih. Sebab, pengguna kendaraan bermotor semakin hari semakin bertambah. Dengan begitu, maka target bisnis Anda pun juga semakin luas.

Baca Juga  Usaha Pemuda Desa Beromset 30 Juta Per Bulan

Beberapa jenis usaha yang dapat dipilih diantaranya jasa cuci mobil dan motor, bengkel, rental mobil dan motor, menjual spare part, dan masih banyak lagi. Anda dapat memilih jenis usaha yang sesuai dengan keahlian. Lakukan juga survey kebutuhan masyarakat yang tinggal di sekitar Anda terkait dengan otomotif.

  1. Ide Usaha UMKM Kurir

Dahulu, bisnis ini memang dipandang sebelah mata. Namun, saat ini, kurir adalah jasa yang paling banyak dicari karena semakin berkembangnya bisnis online. Dimana bisnis online memerlukan perantara untuk menyampaikan barang pada konsumen yang ada di luar kota, luar pulau, hingga luar negeri.

Jika modal Anda belum cukup untuk melakukan pengantaran antar pulau, Anda bisa membuka pengantara dalam kota saja. Modal yang diperlukan hanya sekitar 25 juta rupiah untuk membeli motor.

  1. Ide Usaha UMKM Bidang Kuliner

Kuliner merupakan salah satu aspek yang paling banyak diincar karena makanan menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Bahkan, jenis bisnis ini juga dapat memberikan keuntungan yang besar untuk pelakunya. Asal Anda memerhatikan beberapa hal yakni cita rasa, pelayanan, promosi, dan kemasan secara maksimal.

Mungkin, Anda bisa merambah ke dunia bisnis kuliner online untuk mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas. Bahkan, dengan media online seperti marketplace, sosial media, dan platform lain, maka Anda bisa mengurangi biaya promosi.

Baca Juga  Cepatnya Menjual Ukiran Jepara Lewat Online

Hal yang tak boleh luput dari perhatian adalah bagaimana Anda menjadikan suatu produk kuliner menjadi lebih unik ketimbang produk saingan. Sehingga, orang lebih tertarik untuk menjajalnya.

  1. Ide Usaha UMKM Bidang Kecantikan

Wanita memang memiliki lebih banyak kebutuhan tubuh dan kecantikan ketimbang laki-laki. Dengan kenyataan ini, maka Anda bisa mulai membuka bisnis kecantikan seperti spa, jual alat salon, jual alat makeup, dan sebagainya.

Anda juga bisa memanfaatkan beberapa momen penting seperti wisuda, pernikahan, dan acara yang lain untuk menambah omzet. Pastikan Anda memilih jenis bisnis yang sesuai dengan kemampuan. Jika Anda mempunyai skill merias wajah, maka Anda bisa menjadi MUA (Make Up Artist). Namun, jika tidak ada, sila pilih bisnis lain seperti menjual skin care dan makeup.

  1. Ide Usaha UMKM Bidang Tour and Travel

Bisnis yang selanjutnya adalah tour and travel yang sedang sangat happening. Sebab, berwisata seakan menjadi agenda rutin bagi banyak orang. Hal ini menjadikan bidang tour and travel menjadi peluang yang sangat besar.

Anda dapat melakukan pemasaran ke sekolah-sekolah, kantor swasta, atau jamaah ziarah wisata. Anda dapat memberikan pelayanan yang baik agar selalu dipercaya membawa penumpang. Pun, harus bekerja sama dengan pihak lain seperti armada bus, pengelola wisata, dan sebagainya.

Tersebab memiliki peran yang sangat besar bagi ekonomi Indonesia, sudah saatnya Anda terjun ke bisnis UMKM. Meskipun masih berskala kecil dan menengah, tetapi jika ditekuni dengan baik, maka Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi. Yuk, mulai buka usaha sendiri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here