Usaha Sampingan Di Desa Sangat Menguntungkan Dan Layak Untuk Dicoba

0
207
Usaha Sampingan Di Desa

Usaha Sampingan Di Desa – Dengan berbagai macam alasan ada banyak orang yang memilih untuk hidup di desa. Lingkungan yang asri, udara segar, serta suasana kekeluargaan yang masih kental adalah beberapa alasan yang mendorong seseorang untuk tinggal di desa. Mereka yang mempunyai jiwa wirausaha bisa mencoba beberapa jenis usaha sampingan di desa yang sangat menguntungkan.

Dibalik suasana yang alami, desa menyimpan banyak potensi ekonomi yang perlu dikembangkan. Perlu diketahui bahwa perkembangan ekonomi desa yang baik berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Harap diingat sebagian besar wilayah Indonesia adalah pedesaan. Jika anda tertarik untuk meningkatkan ekonomi desa ada banyak usaha sampingan di desa yang layak untuk dicoba.

Jenis jenis usaha Di Desa

Sama seperti membuka usaha di manapun, membuka usaha di desa harus direncanakan dengan seksama. Pemilihan ide usaha juga harus dilakukan dengan hati hati. Hal ini penting agar usaha anda bisa berjalan dengan baik. Bagi anda yang sedang mencari ide usaha, berikut adalah jenis jenis usaha sampingan di desa yang berpotensi mendatangkan keuntungan yang sangat besar.

  1. Usaha warung sembako/kelontong

Salah satu jenis usaha di pedesaan yang sangat menguntungkan adalah membuka toko atau warung sembako. Lokasi desa yang jauh dari toko retail modern maupun pasar induk menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang ingin membuka usaha toko sembako. Dengan membuka toko sembako, anda bukan saja akan mendapatkan keuntungan tetapi juga bisa membantu nwarga seklitar.

Untuk membuka toko sembako anda harus bisa menemukan grosir sembako yang menjual sembako dengan harga murah.  Hal ini sangat penting agar anda bisa menjual ke konsumen dengan harga yang tidak terlalu mahal. Harga adalah sesuatu yang sangat sensitif. Jika anda menjual dengan harga sedikit lebih mahal, konsumen akan lari ke toko sebelah.

  1. Ternak kambing

Desa adalah lokasi ideal untuk membuka usaha ternak kambing, lahan yang luas dan ketersediaan pakan yang beragam membuat banyak penduduk desa bisa mendatangkan keuntungan dari ternak kambing. Secara umum ada dua macam cara ternak kambing yang bisa anda pilih yaitu ternak kambing cara konvensional dan cara modern.

Baca Juga  Peluang Usaha Baru di Desa Cukup Modal HP Saja

Ternak kambing konvensional anda harus mencari rumput sebagai pakan ternak anda. Cara kedua adalah cara modern dimana anda tidak usah mencari pakan setiap hari. Dalam usaha ternak kambing modern pakan tidak diberikan secara langsung tetapi difermentasi terlebih dahulu. Ternak kambing cara kedua ini lebih mudah sehingga saat ini banyak dilakukan oleh para peternak di pedesaan.

  1. Usaha ternak ikan lele

Salah satu budidaya ikan yang saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat pedesaan adalah budidaya ikan lele. Ikan lele adalah salah satu ikan yang banyak digemari oleh masyarakat. Kandungan gizinya yang tinggi serta rasanya yang lezat membuat ikan lele disukai oleh semua kalangan. Meningkatnya konsumsi lele di masyarakat membuat para peternak lele bisa mendapatkan keuntungan dengan mudah.

Siapa saja bisa melakukan budidaya ikan lele Karena ternak ikan lele memang tidak terlalu sulit. Asalkan kolam dan bibit lele sudah tersedia, kegiatan selanjutnya hanya perlu untuk member pakan  secara rutin. Ada dua jenis kolam lele yaitu kolam lele dari semen dan kolam lele yang terbuat dari terpal. Jenis kolam kedua banyak disukai karena lebih mudah dibuat dan murah.

  1. Ternak ayam kampung

Ayam kampung memiliki tekstur dan citarasa yang sangat khas sehingga  memiliki banyak penggemar di masyarakat.  Ayam kampung cocok untuk dimasak sendiri sebagai hidangan keluarga maupun di jual di tenda tenda di pinggir jalan. Populernya ayam kampung membuat peternak ayam kampung kewalahan memenuhi permintaan pasar.

Baca Juga  Usaha dari Hobi Bisa Bikin Kaya-raya, Ini Beberapa Contohnya

Ternak ayam kampung bisa dibilang mudah sehingga bisa dilakukan oleh seorang newbie sekalipun. Untuk ternak ayam kampung anda harus memiliki kandang dan tentunya bibit ayam jantan dan ayam, betina. Semakin banyak ayam, betina yang anda miliki maka semakin cepat ternak ayam anda berkembang biak.

  1. Pertanian organik

Pertanian organik adalah sebuah pertanian dimana petaninya tidak menggunakan bahan bahan kimia untuk menghasilkan produk pertanian. Petani organik menggunakan pupuk kandang untuk menyuburkan tanah dan tanaman. Obat pemberantas hama yang digunakan juga merupakan bahan bahan organic dari alam jauh dari bahan kimia.

Pertanian organik sangat popular seiring dengan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi m akanan organic yang sehat. Desa memiliki potensi luar biasa dalam hal pertanian organik. Lahan yang masih laus, tenaga kerja yang murah membuat desa menjadi tempat ideal untuk membuka usaha pertanian organik.

  1. Budidaya jamur tiram

Budidaya jamur tiram adalah salah satu jenis usaha sampingan di desa yang sangat prospektif. Harganya yang mahal serta proses budidaya yang mudah membuat siapa saja bisa meraih keuntungan dengan mudah. Untuk membuat budidaya jamur tiram anda tidak perlu susah susah membuat log jamur yang rumit.

Anda bisa membeli log jamur yang sudah jadi dan siap panen. Log jamur tiram harus di taruh di tempat yang lembab dan tidak boleh terkena sinar matahari. Panen jamur bisa dilakukan setiap hari. Pemasaran jamur tiram tidak sulit karena permintaan jamur tiram terus meningkat. Anda bisa menjual jamur tiram anda langsung di pasar pasar tradisional atau menjualkan kepada tengkulak jamur.

  1. Agen pembayaran online

Jika anda hidup di desa dan ingin mendapatkan pemasukan rutin tanpa harus keluar rumah, anda bisa menjadi agen pembayaran online. Saat ini agen pembayaran online bisa melayani banyak hal. Anda bisa melayani konsumen yang ingin membeli token listrik, pulsa, paket data, sampai membayar cicilin maupun membayar asuransi.

Baca Juga  Manisnya Keuntungan Budidaya Jambu Madu Merapi, Begini Hitungannya

Agen pembayaran online seperti nini sudah ada banyak di kota kota tetapi tidak dengan di desa. Ini merupakan peluang usaha menarik bagi anda yang tinggal di desa. Menjadi agen pembayaran online tidak susah. Untuk cukup mencari perusahaan/provider yang ada di daerah anda. Dengan menggunakan android dan koneksi internet anda sudah bisa menjalankan usaha pembayaran online di desa.

  1. Usaha mebel

Usaha mebel merupakan salah satu jenis usaha yang sangat pas bila dijalankan di pedesaan. Bahan baku berupa kayu bisa dengan mudah dan murah di pedesaan. Untuk membuka usaha mebel anda harus mencari dan bekerjasama dengan tukang kayu yang sudah berpengalaman. Anda bisa menggaji tukang kayu secara bulanan atau secara borongan.

Untuk mendapatkan keuntungan besar, anda bisa menjual mebel tersebut ke kota dengan harga yang lebih mahal. Jika anda ingin menjangkau konsumen secara lebih luas, anda bisa menggunakan media sosial yang ada. Pengusaha mebel yang sudah besar bisa memasarkan produknya sampai luar negeri

Ada banyak jenis usaha yang bisa di jalankan di desa yang layak untuk di coba.. Semoga ulasan tentang usaha sampingan di desa yang menguntungkan di atas bisa menambah wawasan anda. Sekian terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here