4 Usaha Rumahan Sampingan Menguntungkan Modal Kecil

0
535
Usaha rumahan sampingan

Usaha Rumahan – Meningkatnya kebutuhan bahan pokok dan kebutuhan hidup membuat pengeluaran kita terus bertambah setiap bulannya. Dilain sisi peningkatan gaji yang kita terima tidak terlalu siginfikan. Hal ini membuat banyak orang harus memutar otak agar kebutuhan keluarga bisa terpenuhi. Untuk menjawab masalah ini kita akan bahas usaha rumahan sampingan yang menguntungkan.

Yang dimaksud dengan usaha rumahan sampingan adalah semua jenis usaha yang memungkinkan anda mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama anda. Dengan memiliki pekerjaan sampingan anda bisa mendapatkan dua sumber penghasilan yaitu penghasilan dari pekerjaan utama dan dari usaha sampingan yang anda jalankan.

Mereka yang memiliki dua sumber penghasilan lebih mudah mengatur keuangan keluarganya. Dengan mudah kita bisa menyisihkan penghasilan untuk ditabung maupun untuk investasi. Memiliki usaha sampingan merupakan cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan. Namun masih banyak orang yang ragu untuk memulai sebuah usaha.

Tips memulai usaha rumahan

Ada banyak orang ragu atau tidak tahu cara memulai sebuah usaha sampingan. Bila anda adalah salah satunya, berikut adalah beberapa tips sebelum memulai usaha rumahan sampingan:

  • Belajar dari mentor dan berbagai sumber. Sebelum anda memulai sebuah usaha, ada baiknya anda banyak belajar dengan banyak membaca maupun belajar dari orang lain yang sudah berpengalaman dalam bidang usaha. Dengan belajar dari berbagai macam sumber pengetahuan, wawasan bisnis anda bisa dengan mudah berkembang.
  • Tentukan jenis usahanya. Ketika sedang belajar bisnis biasanya akan terlintas beberapa ide di kepala kita. Ide bisnis tersebut harus di pilih dan di seleksi satu persatu. Untuk mengetahui apakah ide bisnis tersebut bisa dijalankan atau tidak, maka anda harus mempelajarinya.
  • Pelajari proses produksi dan penjualannya. Jika sudah menentukan ide bisnis, pelajari seluk beluk bisnis tersebut. Bagaimana bahan bakunya, peralatan dan cara produksi, pemasaran dan lain lain. Jika anda sudah mempelajari dan merasa sanggup untuk melakukannya maka pilihlah bisnis tersebut.
  • Persiapan modal. Tidak ada bisnis tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Modal bisnis bisa berupa uang, tenaga, keahlian dan lain sebagainya. Untuk modal berupa dana/uang anda harus mempersiapkan jauh-jauh hari. Perlu diingat jangan menggunakan uang keluarga (uang pendidikan anak, cicilan kendaraan, dll) untuk modal bisnis karena hal ini sangat riskan. Agar lebih aman gunakan uang yang sedang tidak terpakai.
  • Jalankan bisnis dengan bersungguh sungguh. Bila semua sudah siap, anda tinggal melakukan eksekusi. Memulai bisnis bukanlah pekerjaan yang mudah. Apapun tantangan yang dihadapi harus bisa diselesaikan dengan baik.
Baca Juga  Mitra Usaha Pertanian di Desa dan Seluk Beluknya

Usaha rumahan sampingan yang menguntungkan

Dalam memulai sebuah usaha, memilih ide bisnis adalah salah satu langkah paling krusial. Memilih ide bisnis yang tepat berkontribusi besar terhadap kesuksesan anda di masa depan. Bagi pembaca yang sedang kesulitan menentukan ide bisnis, berikut adalah beberapa peluang usaha rumahan sampingan yang sangat menguntungkan:

  1. Kursus bahasa inggris

Saat ini kita hidup di era global dimana hampir semua orang menyadari betapa pentingnya memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris. Mereka yang tidak bisa berbahasa inggris pasti akan kesulitan mengikuti perkembangan zaman yang begitu pesat. Kemampuan berbahasa inggris menjadi kunci kehidupan yang lebih mudah.

Banyak orang tua yang malas belajar bahasa inggris, tetapi sangat ngotot menuntut anaknya untuk bisa berbahasa inggris. Mereka tidak mau anaknya mengalami kesulitan seperti yang dialaminya karena tidak bisa berbahasa inggris. Minat masyarakat belajar bahasa inggris yang tinggi membuat tempat kursus bahasa inggris tak pernah sepi peminat.

Membuka usaha sampingan rumahan kursus bahasa inggris sangat mudah dan menguntungkan. Dengan kemampuan bahasa inggris yang anda miliki, anda bisa memulai bisnis ini dengan mengajari anak-anak yang ada di sekitar rumah anda. Bila murid yang datang sudah semakin banyak, anda baru mencari tempat yang lebih strategis dan mengurus izin secara resmi.

  1. Pembayaran online

Di era serba digital seperti sekarang masyarakat menuntut pelayanan yang cepat dan mudah. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk membuka jasa aneka jenis pembayaran. Ada banyak perusahaan yang bisa membantu anda menjadi agen pembayaran seperti pembayaran PLN, internet, BPJS dan lain sebagainya.

Baca Juga  Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah

Usaha jasa pembayaran seperti ini sangat mudah dan nyaris tidak memiliki resiko. Dengan menjadi agen pembayaran online anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa banyak mengeluarkan biaya untuk modal. Asalkan anda memiliki laptop atau smartphone android dengan sambungan internet, anda sudah bisa memulai jasa pembayaran online.

  1. Menjadi seorang Youtuber

Youtube adalah video sharing platform terbesar di dunia. Setiap harinya ada jutaan video baru yang diupload di Youtube. Youtuber adalah sebutan untuk mereka yang mengapluad videonya ke youtube. Dengan menjadi seorang youtuber, anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang pada video youtube anda.

Untuk menjadi seorang youtuber tidaklah terlalu susah. Asalkan anda memiliki HP android dan koneksi internet, anda sudah bisa membuat video apapun dan mulai mengupload video anda. Jika anda memiliki sedikit kemampuan editing, itu akan lebih menguntungkan. Bagi yang belum tahu bagaimana cara mengedit video, anda bisa menggunakan software editing video yang mudah dipelajari dan mengikuti tutorialnya yang bertebaran di internet.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Berternak Ayam Pedaging yang Mudah dilakukan        

Sebelum bisa di monetize, channel anda harus memenuhi beberapa kriteria yang biasanya berhubungan dengan kualitas video, banyaknya views, dan banyaknya subscriber atau pelanggan. Memang diperlukan banyak kesabaran sebelum akhirnya channel anda disetujui oleh Google. Sebuah channel youtube biasanya disetujui dalam waktu 3 sampai 7 bulan.

  1. Freelancer

Internet adalah teknologi canggih yang tak pernah lepas dari masyarakat modern. Dengan menggunakan internet, kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dan hiburan. Internet juga memudahkan kita untuk mendapatkan penghasilan dari dunia maya. Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa anda lakukan.

Salah satu cara paling yang mudah dan paling cepat untuk mendapatkan penghasilan dari internet adalah dengan menjadi pekerja paruh waktu atau freelancer. Anda bisa menjual kemampuan apapun yang anda miliki melalui internet. Jika anda suka menulis ada banyak orang yang membutuhkan keterampilan menulis anda.

Banyak juga pengguna internet yang mendapat penghasilan ribuan dollar dari kemampuannya membuat desain berupa desain gambar maupun logo. Untuk bisa menjadi freelancer anda harus bergabung dengan platform yang secara khusus memfasilitasi bertemunya antara seorang freelancer dan kliennya seperti upwix.com, upwork, project id dan masih banyak lagi lainnya.

Jika penghasilan anda tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, anda harus mencari penghasilan tambahan. Ada banyak jenis usaha rumahan sampingan yang bisa memberikan penghasilan tambahan. Dengan memiliki salah satu usaha sampingan di atas, anda akan memiliki penghasilan dari dua sumber. Hal ini akan memudahkan mengatur keuangan keluarga anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here