4 Usaha Rumahan Di Desa Yang Sangat Menjanjikan

0
1360
Usaha Rumahan Di Desa

Usaha Rumahan Di Desa – Apakah anda tinggal di pedesaan yang jauh dari keramaian kota? Atau apakah anda sedang mencari ide bisnis yang bisa mendatangkan income secara stabil? Bila benar, silahkan baca artikel bisnis di bawah ini. Untuk memperluas wawasan bisnis anda, kita akan bahas peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan dan layak untuk dicoba.

Tidak bisa disangkal Indonesia adalah sebuah negara dengan wilayah yang sangat luas. Sebagian besar wilayah negeri ini terdiri dari pedesaan. Untuk itu meningkatkan ekonomi nasional bisa dimulai dari pembangunan ekonomi pedesaan.

Jika perputaran roda ekonomi di pedesaan meningkat maka dengan sendirinya akan berkontribusi terhadap perkembangan pertumbuhan ekonomi secara nasional. Perlu diingat masalah urbanisasi yang menimbulkan banyak masalah diawali dari tingkat kesejahteraan masyarakat pedesaan yang sangat rendah.

Dengan menggalakkan berbagai jenis usaha rumahan di desa, maka tingkat perputaran roda ekonomi di desa menjadi meningkat. Hal ini akan meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat desa yang pada akhirnya akan mengurangi angka urbanisasi yang menimbulkan banyak masalah. Dengan menggalakkan usaha rumahan di desa, kita bisa menggali dan memanfaatkan potensi luar biasa yang dimiliki sebuah desa.

Jenis usaha rumahan di desa?

Mereka yang tinggal di desa memiliki tanggung jawab untuk memajukan desanya. Membuka usaha di desa adalah salah satu bentuk kepedulian kita untuk memajukan pertumbuhan ekonomi di desa. Apalagi bila usaha anda terus berkembang dan semakin besar, maka secara tidak langsung anda telah berkontribusi terhadap perekonomian desa.

Baca Juga  Menciptakan Peluang Usaha Di Desa

Misalnya dengan menyediakan banyak lapangan pekerjaan dan mengelola tempat yang sebelumnya tidak dimanfaatkan. Namun sebelum memulai sebuah usaha, anda harus tahu ciri-ciri usaha di desa yang menguntungkan dan berikut adalah ciri-cirinya:

  • Memiliki resiko kerugian yang minimal. Memang banyak pengusaha yang berani mengambil resiko dalam berbisnis karena bisnis yang memiliki resiko besar biasanya menawarkan margin keuntungan yang juga besar. Jika anda masih pemula dan ingin berbisnis di desa, akan lebih baik bila anda memilih jenis usaha yang memiliki resiko rendah.
  • Diperlukan banyak konsumen khususnya oleh masyarakat desa. Sebuah bisnis bisa berjalan dengan baik bila produk atau jasa kita dibutuhkan oleh konsumen. Jika anda ingin membuka usaha di desa, maka pilihan usaha yang menyediakan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan.
  • Tidak bersifat musiman, yang dimaksud dengan bisnis musiman adalah bisnis yang booming sesaat karena mengikuti trend yang sedang terjadi di masyarakat. Tren seperti ini biasanya tidak bisa diulang lagi. Bisnis seperti ini biasanya bisa mendatangkan keuntungan besar tetapi hanya sebentar saja.

Contoh peluang usaha di desa yang menguntungkan

Mereka yang jeli, bisa melihat peluang bisnis dimana saja termasuk di desa. Sebenarnya ada banyak peluang usaha rumahan di desa yang bisa mendatangkan profit yang sangat menjanjikan. Bila anda masih kesulitan menentukan ide bisnis, berikut adalah beberapa contoh bisnis yang bisa di jalankan di pedesaan:

  1. Usaha pertanian organik

Salah satu jenis usaha rumahan di desa yang bisa mendatangkan keuntungan berlimpah adalah usaha pertanian organik. Saat ini sudah banyak masyarakat yang concern dengan makanan yang mereka konsumsi. Mengkonsumsi makanan sehat organic sudah menjadi tren baru di masyarakat. Hal ini menjadi peluang bisnis menguntungkan bagi mereka yang tinggal di pedesaan.

Baca Juga  Peluang Usaha Distribusi, Cara Jitu Menjadi Orang Kaya Baru

Anda bisa memproduksi dan menjual berbagai jenis produk pertanian organic seperti sayuran organic, padi organik, buah-buahan organik dan lain sebagianya. Untuk membuat produk pertanian organic, anda hanya perlu menghindari penggunaan pupuk maupun pestisida kimia. Semua proses pertanian harus dilakukan secara alami.

Hal ini tidak sulit karena pada dasarnya tanah pertanian kita sangat subur. Selain itu ada banyak jenis tumbuh tumbuhan yang bisa dijadikan bahan baku membuat aneka jenis pestisida. Pemasaran produk pertanian organic tidaklah susah. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, anda bisa mempromosikan produk pertanian anda melalui internet.

  1. Kedai kopi dengan free wifi

Datang dan nongkrong di warung kopi bukan saja populer di perkotaan tetapi juga di pedesaan. Mereka yang datang ke warung atau kedai kopi pada dasarnya ingin menikmati secangkir kopi dan bersosialisasi. Membuka warung kopi di desa menjadi salah satu jenis usaha yang sangat menguntungkan. Hal ini disebabkan karena secara umum tempat nongkrong di desa sangat terbatas.

Agar warung kopi anda selalu ramai dengan konsumen, buatlah warung kopi dengan desain yang unik dan menarik. Tambahkan juga aneka ragam cemilan dan menu makanan yang paling disukai pembeli. Selain itu jangan lupa untuk melengkapi warung kopi anda dengan free wifi. Di banyak tempat, warung kopi dengan free wifi selalu rame dengan pengunjung.

  1. Usaha mebel dan perabotan dari kayu

Tinggal di desa tidak boleh dipandang sebagai halangan untuk berkarya. Usaha mebel adalah salah satu jenis usaha yang cocok dilakukan di desa. Semua orang baik yang tinggal di desa maupun dikota pasti membutuhkan aneka jenis peralatan seperti meja, kursi, lemari dan lain sebagainya. Bahan utama pembuatan mebel adalah kayu yang notabene banyak tersedia di pedesaan.

Baca Juga  Standar Pengelolaan Homestay

Ongkos tenaga kerja di pedesaan juga lebih murah daripada di perkotaan. Dengan membuka usaha di pedesaan maka kita bisa menekan biaya produksi. Apalagi jika mebel tersebut di jual ke perkotaan, maka keuntungan anda akan berlipat. Membuka usaha permebelan di pedesaan adalah solusi cerdas seorang pengusaha untuk mendapatkan keuntungan berlimpah.

  1. Usaha toko sembako

Membuka toko sembako di pedesaan merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Seperti yang kita ketahui bisnis retail adalah jenis bisnis yang memiliki resiko kerugian yang rendah. Dengan membuka toko di pedesaan, anda buka saja sekedar berbisnis tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk membuka toko di pedesaan, sebaiknya anda memiliki kendaraan sendiri agar bisa dengan mudah mendapat pasokan barang dari toko grosir di kota anda. Ketika belanja ke toko grosir usahakan membeli dalam jumlah besar.

Selain untuk mendapatkan potongan harga, tetapi juga untuk menekan waktu dan biaya transportasi barang. Hal ini sangat penting bila toko anda terletak di pelosok yang jauh dari toko grosir. Dengan siasat seperti ini anda bisa menjual barang barang ke konsumen dengan harga murah tetapi tetap mendapatkan keuntungan yang diharapkan

Dibalik suasananya yang tenang dan pemandangan alamnya yang indah, sebuah desa memiliki banyak potensi bisnis yang luar biasa. Jika anda tinggal di desa dan ingin berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi masyarakat, ada baiknya anda membuka usaha di desa. Semoga dengan pembahasan ini anda bisa menemukan jenis usaha yang cocok di jalankan di desa tempat anda tinggal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here