10 Usaha Modal Kecil yang Menambah Pundi-Pundi Rupiah

0
707
Usaha Modal Kecil

Inspirasi Usaha Modal Kecil – Banyak orang yang masih ragu untuk menjalankan usaha sendiri. Pasalnya, salah satu alasan yang paling banyak ditemui adalah tidak memiliki modal. Padahal, persepsi ini tentu saja keliru. Sebab, ada banyak usaha modal kecil yang dapat Anda lakukan. Bahkan, usaha ini memiliki peluang sukses yang sama besar.

Nah, hal yang paling penting untuk menjalankan suatu bisnis bukan hanya pada modal saja. Melainkan juga kreativitas dan mental yang kuat. Untuk itu, apabila Anda menjalankan usaha modal kecil, maka dua modal selain dari segi finansial tersebut harus dimaksimalkan.

Ide Usaha Modal Kecil yang Prospektif

Usaha yang besar berawal dari usaha kecil terlebih dahulu. Jika Anda memiliki keinginan untuk memiliki usaha dengan modal kecil, sila simak beberapa idenya. Pilih lah jenis usaha yang prospektif dengan sasaran pasar dan juga kondisi demografis di wilayah Anda. Untuk idenya, silakan cek di bawah ini:

  1. Menjual Menu Sarapan

Pagi hari adalah saat yang paling menyibukkan bagi banyak orang. Mulai dari bersiap ke kantor, mengurus keperluan keluarga, dan masih banyak lagi. Untuk itu, dari masalah ini, Anda dapat membuka peluang baru menjual menu sarapan.

Nah, jenis usaha yang satu ini sangat mudah untuk dijalankan siapa saja. Bahkan, banyak warung sarapan di pinggir jalan, Namun, Anda bisa mencoba menciptakan sebuah inovasi yang baru.

Menjual menu sarapan tidak membutuhkan banyak modal. Hanya dengan biaya sebesar 3 juta, Anda sudah bisa menjalankannya. Jika Anda mempunyai jam kerja yang fleksibel, usaha ini juga bisa dijadikan sampingan.

  1. Menjual Jajanan Pasar

Dibandingkan dengan jenis kue kering, masyarakat Indonesia agaknya lebih senang mengonsumsi jajanan pasar. Jika Anda memiliki pasion memasak, sila buat sendiri. Namun, jika tidak, sila menjual kembali kue-kue dari orang lain.

Baca Juga  Mengelola Desa Wisata Religi

Dengan jenis kue yang beragam, sudah pasti banyak yang menggemarinya. Beberapa jenis kue yang populer adalah risol, pastel, bika ambon, mochi, dan masih banyak lagi.

  1. Menjual Aksesoris Wanita

Banyak wanita yang menyukai aksesoris, terutama bagi yang mementingkan penampilan. Sehingga, jenis bisnis ini cukup prospektif.

Beberapa jenis aksesoris yang ramai dicari adalah gelang, kalung, cincin, bros, jepit rambut, anting, dan sebagainya. Menjalankan bisnis ini jika benar-benar ditekuni akan sangat menjanjikan.

Salah satu contoh pebisnis yang telah sukses menjual aksesoris wanita adalah “SemoetKetjil”. Hanya dengan modal awal 1 juta rupiah saja, usaha yang digawangi oleh Kartika ini bisa mendapatkan omzet sekitar 10 juta rupiah setiap bulannya.

Asal Anda bisa menjaga kualitas serta berinovasi, maka jejak Kartika dapat diikuti. Buat lah aksesoris yang unik supaya brand Anda mudah diingat dan menarik perhatian.

  1. Menjual Makanan Kekinian

Apa itu makanan kekinian? Sebetulnya, bukan hanya makanan yang dibuat dengan resep yang benar-benar baru. Melainkan juga makanan tradisional yang dikreasikan dengan bahan-bahan modern. Hanya dengan menambahkan topping keju mozzarella pada ayam geprek, maka jadilah jenis makanan kekinian yang disukai.

Anda pun dapat melakukan kreasi yang serupa. Sebab, bisnis makanan memang sangat menjanjikan. Sebab, merupakan salah satu kebutuhan utama dimana setiap orang memerlukannya.

  1. Menjual Minuman Kekinian “Bubble

Ide usaha modal kecil yang satu ini memang sudah cukup banyak yang meliriknya. Sebab, minuman bubble memang sedang sangat hits dan booming. Untuk membuka usaha minuman ini caranya mudah.

Anda hanya cukup bergabung dengan merek minuman yang menawarkan kerja sama kemitraan dengan harga yang terjangkau. Dengan modal kecil, Anda pun telah mempunyai segala macam fasilitas yang diperlukan.

Baca Juga  Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil Berpotensi Keuntungan Besar     

Apabila rata-rata harga yang ditawarkan untuk satu gelas minuman bubble, dan setiap hari dapat terjual 30 gelas, maka sebulan, omzet-nya bisa mencapai 5 hingga 6 juta rupiah. Dalam dua bulan, Anda pun sudah mampu balik modal.

  1. Bisnis Cuci Helm

Jika sudah banyak laundry di daerah Anda, tidak ada salahnya membuka usaha cuci yang berbeda. Salah satunya dengan jasa cuci helm. Di banyak kota, bisnis ini sudah bisa memberikan keuntungan yang besar.

Anda bisa mencucinya secara manual maupun dengan menggunakan mesin pencuci otomatis. Mesinnya sendiri bisa Anda beli dengan biaya sebesar 7 juta rupiah. Dengan modal ini, Anda sudah bisa menjalankan bisnis cuci helm yang menjanjikan.

Target pasar Anda tentu sangat banyak. Sebab, pengendara sepeda motor di Indonesia memang tinggi. Dalam waktu beberapa bulan, Anda sudah dapat mengembalikan modal.

  1. Bisnis Cuci Sepatu

Selain cuci helm, bisnis cuci sepatu juga sangat prospektif. Bahkan, modal yang diperlukan sangat kecil. Anda hanya membutuhkan beberapa alat saja untuk mencuci sepatu.

Modal yang diperlukan untuk bisnis ini tidak sampai 1 juta rupiah. Kesempatan mendapatkan keuntungan selain modal awal tentu bisa didapatkan dengan mudah. Taruhlah tarif cuci sepasang sepatu adalah Ro 20 ribu, maka hanya memerlukan 50 pasang sepatu untuk bisa mengembalikan modal. Wah, menjanjikan sekali, ya!

  1. Bisnis Katering Makanan Sehat

Pola hidup sehat ternyata bukan hanya menjadi kebutuhan masyarakat saja. Melainkan juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Bahkan, saat ini sudah mulai muncul banyak penggiat gaya hidup sehat. Ini akan menjadi ide bisnis yang sangat menjanjikan.

Anda hanya perlu mempelajari penyajian makanan sesuai dengan nutrisi serta kalori yang seimbang. Tawarkan juga paket makanan yang dapat menjaga berat badan. Selain itu, bisa juga menawarkan paket makanan diet mayo.

Baca Juga  Pertimbangkan Keuntungan Dari Usaha Budidaya Ikan Lele

Keuntungan yang berlimpah bisa didapatkan hanya dengan pelanggan yang tidak terlalu banyak. Misal Anda menawarkan harga sebesar 2 juta rupiah untuk satu paket makanan, maka untuk jumlah pelanggan 15 orang, maka pendapatan kotor dalam satu bulan sudah mencapai 30 juta rupiah.

  1. Les Privat

Semakin hari, banyak orang yang menuntut pendidikan yang tinggi. Kebutuhan akan pendidikan juga semakin disadari oleh banyak orang. Nah, jika Anda adalah fresh graduate, tidak ada salahnya melirik bisnis ini.

Sembari mencari pekerjaan utama, Anda bisa mendapatkan penghasilan. Selain itu, bisa juga menerapkan ilmu yang sudah Anda dapatkan di bangku perkuliahan. Modal yang diperlukan pun tidak besar. Anda hanya membutuhkan media promosi dan transportasi.

Materi yang dibutuhkan juga sudah tersedia di internet. Hanya dengan pengetahuan yang telah dimiliki, maka jenis usaha ini akan memberikan keuntungan untuk Anda.

  1. Bisnis Kerajinan Tangan

Jenis usaha modal kecil yang terakhir adalah dengan membuat kerajinan tangan. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa kreatif yang tinggi. Dengan modal kreativitas, maka barang-barang bekas seperti kertas koran dan kain perca bisa menjadi barang yang bernilai tinggi.

Beberapa barang yang dapat dihasilkan adalah bunga hias, boneka, tas, anting, dan sebagainya. Nah, bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal sebab, Anda hanya memerlukan barang-barang bekas untuk disulap menjadi barang yang berharga.

Bisnis dengan modal yang minim ternyata bisa menghasilkan banyak rupiah. Meskipun mudah dijalankan, Anda tetap harus menerapkan sebuah strategi bisnis yang optimal. Mental serta semangat yang tinggi dan pantang menyerah mutlak diperlukan untuk menjalankan usaha modal kecil ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here