Begini Cara Menjalankan Usaha Modal Kecil Menguntungkan

0
332
Usaha Modal Kecil Menguntungkan

Usaha Modal Kecil Menguntungkan – Setiap orang pastinya ingin mendapatkan finansial yang berlimpah. Salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan penghasilan lebih adalah dengan berbisnis. Meski begitu, banyak yang belum siap untuk melakukan usaha dengan dalih tidak memiliki modal yang besar. Padahal, ada banyak sekali jenis usaha modal kecil menguntungkan.

Banyak juga orang yang belum mengetahui cara memulai usaha modal kecil menguntungkan. Padahal, untuk memulainya, Anda hanya perlu niat dan keberanian. Setelah itu, pahami ilmu bisnis dengan baik pada artikel ini.

Cara Mulai Usaha Modal Kecil Menguntungkan

Harus disadari oleh para pebisnis pemula bahwa menjalani usaha kecil tentu ada banyak tantangan. Jika takut gagal, maka bisnis tidak akan pernah berjalan. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini serta keberanian, maka Anda sudah bisa memulai suatu bisnis.

  1. Mencari Ide yang Segar

Langkah pertama untuk memulai usaha dengan modal kecil adalah dengan memikirkan ide baru yang segar. Ide akan muncul dari banyaknya permasalahan di sekitar Anda. Misalnya, saat orang-orang merasa kesulitan untuk mendapatkan produk fashion yang murah, Anda bisa mulai membuka usaha pakaian serba 35 ribu atau sejenisnya.

Ide juga bisa muncul dari hal-hal yang Anda gemari. Semisal Anda menyukai baca buku, maka Anda menjual buku-buku yang berkualitas. Coba lah untuk berpikir mengenai ide usaha yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat maupun hal yang Anda kuasai dan gemari.

  1. Membuat Suatu Rencana

Setelah Anda sudah dapat menentukan usaha apa yang akan dijalani. Maka, selanjutnya bisa mulai merancang suatu rencana bisnis (business plan). Merancang rencana bisnis merupakan tahap awal yang penting untuk dilakukan enterpreneur.

Dengan rencana bisnis, maka Anda akan lebih fokus pada tujuan atau visi dan misi. Dengan visi misi tersebut, maka pebisnis akan lebih konsisten dalam membangun usaha.

  1. Mengkalkulasi Modal Serta Memperkirakan Laba

Tidak bisa dipungkiri bahwa modal adalah hal yang sangat penting untuk memulai usaha. Modal merupakan penggerak awal perjalanan bisnis. Modal tidak hanya berbentuk uang saja. Melainkan juga tenaga dan juga skill.

Baca Juga  Tas Rajut Jogja, Unik dan Bisa di Rekonstruksi

Uang bisa menjadi alat untuk membiayai kebutuhan usaha seperti mengurus izin usaha, membeli barang, membeli aset, serta menggaji karyawan. Tenaga dan skill juga diperlukan untuk membuat suatu produk atau jasa.

Segala jenis biaya untuk memulai usaha harus dicatat sebagai modal usaha. Sehingga, nantinya dapat dipakai untuk memperkirakan besarnya laba usaha.

  1. Melakukan Survey Pasar

Selain modal, Anda juga harus mengerti siapa saja yang akan menjadi sasaran bisnis. Tak hanya itu saja, melakukan survey pasar juga akan membuat Anda tahu pangsa pasar, tingkat persaingan, dan juga potensi usaha. Survey ini sangat penting dilakukan sehingga akan diketahui peluang bisnis serta seberapa besar kemungkinan bisnis akan berhasil.

Jika sudah dilakukan survey, Anda bisa mulai menyusun marketing plan atau rencana pemasaran.

  1. Mulai Menjalankan Bisnis

Setelah semua rencana dan strategi sudah ditetapkan, Anda bisa mulai menjalankan bisnis tersebut. Ya, jika ada pepatah yang mengatakan bahwa “goal starts with go”, maka hal ini harus benar-benar Anda percaya.

Just do it! Lakukan secara maksimal bisnis yang akan dijalani. Setelah itu, fokus pada tujuan yang akan diraih. Usaha modal kecil menguntungkan untuk para pemula. Sebab, dengan usaha kecil-kecilan, risikonya juga akan semakin kecil. Anda pun dapat mempelajari detail-detail usaha yang hanya bisa didapatkan sembari melakukan usaha.

Sehingga, nantinya, Anda bisa mengembangkan bisnis perlahan-lahan.

Baca Juga  Usaha Rumahan Modal Kecil Dengan Potensi Untung Luar Biasa

Kunci Sukses Menjalankan Usaha Modal Kecil Menguntungkan

Siapa sangka jika banyak pengusaha sukses yang menjalankan usahanya mulai dari nol? Ya, sukses dapat diraih oleh siapa saja yang memiliki ketekunan dan semangat tinggi. Meraih impian yang besar perlu dilakukan dengan mempersiapkan diri dengan baik.

Nah, salah satu sosok yang sukses dan menjadi inspirasi dalam hal bisnis adalah Jack Ma. Pebisnis asal Tiongjoa ini adalah CEO (Chairman Executive Officer) dari e-commerce paling besar yakni Alibaba.

Jack Ma sendiri merupakan laki-laki yang masuk pada majalah Forbes sebagai salah satu biliuner di dunia. Bahkan, di tahun 2015, laki-laki ini masuk salah satu daftar orang paling berpengaruh di dunia.

Karir Jack Ma juga secara naik secara bertahap dan dalam waktu yang tidak sebentar. Mulai dari pemandu wisata, sekretaris general manager KFC, serta menjadi CEO e-commerce terbesar di Cina.

Saat ini, kekayaan Jack Ma sudah mencapai 570 trilyun, Anda bisa mencontoh kunci sukses dari laki-laki sukses ini. Bahkan, meski Anda masih menjalankan usaha modal kecil menguntungkan. Apa saja itu? Penasaran? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

  1. Menghadapi Semua Masalah Serta Mencari Jalan Keluarnya

Ketika memulai usaha, pastinya Anda akan mengalami naik turun emosi. Kadang, ada yang menyerah. Namun, Anda tidak boleh melakukannya. Anda justru harus belajar dari semua kegagalan. Ingat lah bahwa masalah seberat apapun tidak boleh dihindari.

Semakin dihindari, maka masalah akan menumpuk serta berakhir seperti bom waktu di masa mendatang. Masalah yang dihindari akan menjadi bumerang untuk kesuksesan.

Sudut pandang kesuksesan adalah belajar atas kesalahan dan kegagalan yang dialami. Semakin banyak gagal, maka Anda akan semakin dekat dengan kesuksesan. Asal Anda selalu belajar dari kegagalan tersebut.

  1. Menetapkan Target dan Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Selanjutnya, tetapkan target yang akan dicapai. Anda tidak boleh hanya melihat keberhasilan dari orang lain. Serta tidak belajar mengambil nilai-nilai yang dapat diterapkan untuk bisnis yang sedang dijalankan.

Baca Juga  Peluang Usaha Unik: Layanan Perbaikan Rumah/Perkakas Online

Anda harus menentukan bagaimana cara untuk mencapai target itu, inovasi apa saja yang akan dijalankan agar usaha terus berjalan dan target tercapai, serta membayangkan apa yang akan dicapai pada 10 tahun yang akan datang mengenai bisnis tersebut.

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan membuat Anda tidak fokus dan terlalu tergesa-gesa mengambil keputusan. Padahal, seharusnya Anda nikmati setiap proses dalam mencapai suatu kesuksesan.

  1. Mengambil Pelajaran dari Kegagalan Orang Lain

Jika Anda merupakan penggemar kisah-kisah orang yang sukses, maka lihat lah sisi yang berbeda yakni cara mereka untuk bangkit dari suatu kegagalan. Dengan begitu, Anda dapat mengambil hikmahnya.

Bagaimana cara orang tersebut untuk mengambil keputusan dan melangkah meskipun mengalami kegagalan. Sehingga, akhirnya sosok tersebut bisa mendapatkan kesuksesan yang tidak pernah disangka. Bahkan, meski banyak orang yang sudah merendahkannya.

Belajar dari kegagalan orang lain membuat Anda dapat berpikir lebih luas. Sebab, tidak ada usaha yang akan mengkhianati hasil. Yang terpenting adalah fokus serta membangun kembali apa yang sudah hancur. Tetap lah fokus serta tanggung jawab pada beban yang ada pada pundak Anda.

Itulah ulasan mengenai cara menjalankan usaha modal kecil menguntungkan serta bagaimana kunci sukses dari sudut pandang Jack Ma. Pastinya, Anda harus selalu optimis menjalankan usaha tersebut. Serta selalu fokus pada tujuan bisnis. Selalu belajar dari orang lain mengenai bagaimana cara menjalankan bisnis dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here