Inspirasi Usaha Modal Kecil di Desa yang Mudah Dilakukan

0
373
Usaha Modal Kecil di Desa

Usaha Modal Kecil – Demografi wilayah perkotaan dan pedesaan tentu berbeda. Sehingga, jika Anda ingin membuka usaha, jenisnya harus disesuaikan dengan kebutuhan dari wilayah tersebut. Meskipun Anda tinggal di desa, bukan berarti kesempatan untuk membuka usaha tidak ada. Usaha modal kecil di desa terbuka lebar untuk orang yang memiliki semangat tinggi.

Beberapa bidang usaha yang dapat ditekuni meliputi pertanian dan peternakan, perniagaan, jasa, dan sebagainya. Tentunya Anda dapat memilih jenis usaha modal kecil di desa yang sesuai dengan kondisi wilayah tersebut.

Jika Anda membutuhkan ide dan referensi peluang usaha di desa, sila simak ulasannya di bawah ini:

Usaha Modal Kecil di Desa Bidang Pertanian dan Peternakan

Di pedesaan, masih banyak lahan luas yang dimanfaatkan untuk pertanian. Faktor lingkungannya juga mendukung untuk berbagai kegiatan peternakan. Mulai dari lahan untuk hewan ternak, pakan, hingga kotorannya yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai pupuk. Lantas, apa sajakah jenis usaha di bidang pertanian dan peternakan yang dapat dijalankan?

  1. Pertanian Organik

Di daerah pedesaan, pertanian organik belum banyak diterapkan. Padahal, daerah pedesaan merupakan tempat yang sesuai untuk menanam berbagi produk pertanian organik.

Pertanian modern mungkin sudah terlalu lazim dna banyak pesaingnya. Namun, jika Anda bergerak di bidang pertanian organik, maka potensi bisnis menjadi lebih besar. Sebab, saat ini masyarakat semakin sadar akan kebutuhan bahan pangan organik yang menyehatkan.

Sehingga, masyarakat mampu mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk investasi kesehatan jangka panjang. Hal ini menyebabkan peminta produk yang organik menjadi sangat besar.

  1. Budidaya Belut

Pilihan untuk melakukan budidaya belut sangat tepat untuk menjalankan usaha di pedesaan. Sebab, masih tersedia lahan luas untuk membuka kolam peternakan. Meski begitu, bagi Anda yang belum memiliki lahan luas, maka dapat menggunakan media lain seperti drum.

Baca Juga  Lima Pekerjaan Income Besar Tanpa Modal Uang untuk Mendirikannya

Budidaya belut juga menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Sebab, perawatannya cukup mudah. Selain itu, belut juga merupakan hewan yang daya tahan hidupnya tinggi. Sehingga, tidak ada treatment khusus untuk membuatnya cepat berkembang biak.

  1. Budidaya Ikan Air Tawar

Salah satu jenis usaha modal kecil di pedesaan adalah budidaya ikan. Usaha ini sangat cocok dilakukan di desa karena masih mempunyai pengairan yang baik. Sila membuat kolam ikan dengan sumber air dari sungai.

Usaha ini paling sesuai dilakukan pada daerah desa yang ada di dekat pegunungan. Jenis ikan yang dpaat dibudidayakan adalah gurami. Sudah banyak contoh pengusaha yang sukses menjalani bisnis ini seperti di Desa Kedung Banteng Banyumas.

Anda dapat memilih usaha budidaya ikan (pembesaran) ataupun budidaya benih saja.

Usaha Modal Kecil di Desa Bidang Perniagaan

Sektor perniagaan memiliki wilayah yang cukup luas untuk digali. Terlebih, di desa, masih banyak kearifan dan produk lokal yang menjadi ciri khasnya. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk membuka peluang usaha yang baru. Inspirasinya dapat Anda simak di bawah ini:

  1. Menjual Produk UKM

Produk kreatif yang dibuat oleh UKM lokal memang sedang mendapatkan perhatian yang serius bagi pemerintah. Dimana produk UKM memang telah terbukti membantu negara dalam persaingan pasar bebas.

Apabila Anda cukup jeli dalam melihat peluang, maka bisnis produk UMKM akan menjadi sesuatu yang menjanjikan. Semisal produk dari kerajinan tangan seperti tas, batik tulis, rajutan, dan sebagainya.

Cara memasarkan produk adalah secara online. Sehingga, pasar Anda lebih luas dan tanpa batas. Bahkan, dapat dikenali oleh orang-orang dari negara lain. Perhatikan juga teknik promosi dengan menggunakan media sosial, media online, Instagram, hingga Google Ads.

  1. POM Bensin Mini Portable

Jenis kendaraan bermotor di desa sudah sangat marak. Sehingga membutuhkan persediaan bahan bakar minyak yang cukup banyak. Namun, di pedesaan belum ada pom bensin. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk membuka pom bensin mini.

Baca Juga  Begini Cara Menjalankan Usaha Modal Kecil Menguntungkan

Peluang usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Usaha pom bensin mini portable bisa dikembangkan di wilayah pedesaan yang sedang dalam tahap berkembang.

  1. Menjual Pulsa Elektrik

Kebutuhan internet dan jaringan komunikasi juga sudah masuk ke pedesaan. Tower-tower pemancar juga bertambah dari hari ke hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat membuka konter yang menjual pulsa elektrik.

Karena sudah menjadi kebutuhan umum dan utama, bisnis ini akan sangat menguntungkan. Anda dapat memulai bisnis ini di teras depan rumah. Untuk mendirikan bisnis pulsa yang dibutuhkan hanya etalase kaca berukuran kecil, kartu perdana, dan deposit pulsa. Total modal yang dibutuhkan hanya sekitar satu jutaan saja.

  1. Toko Sembako

Sebagai bahan makanan pokok, sembako selalu dibutuhkan setiap hari. Sehingga, toko sembako adalah tempat belanja yang menjadi andalan bagi masyarakat pedesaan. Anda juga bisa membukanya di depan rumah. Tidak perlu terlalu besar, asalkan barang yang dijual lengkap tentu akan jadi incaran pembeli.

Sebaiknya penataan toko dibuat rapi dan tidak berantakan untuk mengundang orang datang. Nah, modal awal untuk mendirikan toko sembako cukup kecil. Hanya dengan modal 6,9 juta saja, maka Anda sudah memiliki toko yang lengkap dengan etalase, kalkulator, timbangan, kotak uang, dan sebagainya.

Usaha Modal Kecil di Desa Bidang Jasa

Ada banyak hal yang tidak bisa dipenuhi oleh diri sendiri meskipun berada di wilayah pedesaan. Untuk itu, perlu adanya skill untuk membuka jenis bisnis di bidang jasa. Nah, skill inilah investasi utama untuk menjalankan bisnis. Lalu, apa sajakah jenis usaha jasa yang dapat dilakukan di desa? Berikut ulasannya!

  1. Jasa Sewa Mesin Pengolah Tanah

Tidak semua petani memiliki finansial yang cukup untuk berbagai mesin pengolah tanah modern. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan ini untuk membuka jenis usaha persewaan. Anda dapat untung sekaligus dapat membantu para petani mengolah lahannya.

Baca Juga  Mau Berjualan Pempek? Cek Modal Awalnya Disini

Beberapa mesin pertanian yang paling banyak disewakan adalah traktor pembajak sawah, mesin gilingan padi, mesin panen padi, pemotong kayu, hingga mobil angkut.

Saat musim panen, dijamin Anda akan kebanjiran order.

  1. Jasa Pangkas Rambut

Bisnis yang cukup populer di pedesaan dan selalu dibutuhkan adalah pangkas rambut. Untuk membuka usaha ini, Anda tidak harus memiliki skill memangkas rambut. Sebab, Anda bisa memanfaatkan tenaga dari orang lain yang memang bisa memangkas rambut. Dalam hal ini, Anda hanya menyediakan tempat usaha.

Sehingga, Anda mendapatkan uang serta dapat membuka lapangan kerja untuk orang lain. Promosikan bisnis supaya jasa Anda dikenal oleh masyarakat luas. Berikan diskon maupun sistem poin yang bisa ditukar dengan merchandise.

  1. Jasa Salon dan Make Up Artist

Meskipun ada di desa, salon dan make up artist selalu dibutuhkan untuk berbagai event. Salah satunya untuk wisuda di sekolah-sekolah hingga pernikahan. Berikan tarif yang tidak terlalu tinggi agar MUA Anda dilirik oleh masyarakat pedesaan.

Untuk itu, gunakan alat makeup yang tidak terlalu mahal. Sehingga, jasa Anda lebih terjangkau.

Anda tidak perlu berkecil hati jika membuka usaha dengan modal kecil di pedesaan. Sebab, pada praktiknya banyak usaha kecil yang berubah menjadi bisnis raksasa asal ada keinginan dan semangat yang tinggi. Silakan pilih usaha yang sesuai dengan kemampuan dan minat. Selamat berbisnis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here