Usaha Berbasis Online itu Sebenarnya Mudah

0
1740

BERDESA.COM – Istilah ‘bisnis berbasis online’ menjamur bak cendawan di musim hujan. Sayangnya banyak orang berpikir, bisnis online terlalu rumit dipahami sehingga malas belajar dan akhirnya memilih menjauh dari internet. Padahal saat ini kalau usaha kita mau berhasil maka sudah wajib menggunakan internet. Jika tidak, cepat atau lambat bakal mengalami kemerosotan dan berakhir dengan bangkrut.

Rumit dan tidaknya ‘bisnis berbasis online’ sebenarnya tergantung dari kebutuhan usaha. Sekarang ini ada sangat banyak orang-orang yang bisa menangguk untung jutaan rupiah setiap bulan hanya dengan bersenjatakan Facebook saja. Mereka membangun jaringan pertemanan pada segmen yang mereka bidik lalu mulai menawarkan dagangannya dengan cerdik.

Misalnya, remaja putri penggemar tas cantik yang akhirnya berjualan aneka tas cantik dengan Facebook dan Instagram-nya. Kegemarannya terhadap tas wanita membuat remaja ini pandai memilih disain dan jenis tas yang paling diiinginkan kaum muda sepertinya. Usaha seperti ini bahkan hampir tanpa modal karena Anda tinggal memilih produk dari toko orang lain alias berfungsi sebagai reseller. Ada jutaan orang mendapatkan hasil luar biasa dengan cara ini.

Baca Juga  Urgensi Pengelompokkan Pasar

Cara berjualan seperti ini bahkan tidak membutuhkan kemampuan atau keahlian khusus dalam hal IT. Ada banyak ibu rumah tangga yang melakukannya disela kegiatan mengurus anak dan memasak untuk kebutuhan keluarganya. Jadi, media sosial sesungguhnya bisa dimanfaatkan sebagai cara menjangkau seluas mungkin pasar yang kita inginkan.

Media sosial juga bisa sangat membantu pemasaran misalnya bisnis laundry. Anda bisa membuka usaha laundry kiloan dengan layanan istimewa yakni antar-jemput. Ini akan membuat laundry Anda memiliki keunggulan yang tak dimiliki laundry lainnya. Tetapi Anda harus membuat penghitungan harga sesuai dengan jarak tempuh yang harus Anda lakukan dalam menjemput dan antar cucian. Jangan kawatir soal peta lokasi penjemputan, si klien tinggal mengirimkan fitur ‘share lokasi’ ke nomor WA Anda. Selesai.

Maka sebenarnya, mengembangkan usaha melalui pemasaran berbasis online bukanah sesuatu yang rumit untuk kebutuhan seperti ini. Jangan sampai Anda terjebak pemikiran bahwa berjualan online itu pasti sesuatu yang rumit. Sama sekali tidak karena yang paling menentukan kemudian adalah bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan calon pembeli.

Baca Juga  Bisnis Retail Terserang Badai, Karena Peningkatan Transaksi Online?

Tingkat kesulitan ini tentu saja berbeda dengan model bisnis toko online yang mengkhususkan diri sebagai pasar online misalnya. Seperti yang dijalankan Tokopedia, Bukalapak, OLX dan sebagainya. Untuk bisa membangun perusahaan seperti itu maka butuh rombongan ahli IT yang jago membangun program. Program seperti ini memiliki tingkat kerumitan tinggi dengan bayaran yang juga bukan main-main. Itu baru programnya, belum lagi kebutuhan promosi dan lain-lain. Maka, butuh modal ratusan bahkan milyaran rupiah untuk bisa memiliki bisnis berbasis internet seperti itu. Mana yang Anda pilih?(aryadjihs/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here