Unsur-Unsur Desa Yang Menjadikannya Istimewa

0
4403
Unsur-Unsur Desa Yang Menjadikannya Istimewa

Unsur-Unsur Desa secara umum terdiri dari 3 hal. Yaitu, Wilayah, Penduduk dan adat atau aturan yang berlaku. Seperti pepatah, dimana tanah dipijak, disitulah langit dijunjung. Jadi, setiap desa memiliki aturan tersendiri yang juga mempengaruhi perilaku masyarakatnya. Jadi, jangan heran, jika suatu saat nanti Anda berkunjung kesuatu desa, lalu Anda menemukan kebiasaan berbeda yang Anda angga unik.

Jika dirunut dari arti bahasanya, desa atau deshi diambil dari bahasa sansekerta yang memiliki makna tanah kelahiran. Diberbagai daerah, memiliki nama atau panggilan sendiri untuk ‘desa’. Ada yang menyebutnya kampung, kampuang, dusun, ndeso, dan lain sebagainya. Semua pada dasarnya memiliki arti yang sama. Atau, dapat diartikan juga bahwa desa adalah tempat asal usul.

Perbedaan Kota Dan Desa

Kewilayahan terbagi menjadi dua bagian, yaitu kota dan desa. Keduanya memiliki ciri-ciri tertentu. Kota memiliki alur perekenomian yang lebih deras. Tentu dengan pembangunan yang lebih pesat. Hal ini ternyata juga sangat berpengaruh pada penduduk dan mata pencaharian.

Baca Juga  Ada 30 Desa di Nias Yang Masih Masuk Kategori Desa Terisolir

Dimana, penduduk kota lebih beragam dan kesempatan kerja yang lebih luas. Inilah yang menarik minat masyarakat desa untuk bermigrasi ke kota. Karena memandang kesempatan untuk sukses lebih terbuka lebar.

Sedangkan desa, memiliki ciri khas yang tak kalah kuatnya dari kota. Yang paling mencolok adalah iklim atau cuacanya. Kemudian, pembangunan di desa juga belum sepesat kota.

Perputaran ekonomi memiliki berpusat dibeberapa tempat, seperti pasar, minimarket dan pertokoan. Sedangkan lapangan pekerjaan belum sebanyak dikota. Dimana hampir sebagian besar penduduk desa memiliki pekerjaan sebagai petani, peternak dan pedagang.

Beragam ciri-ciri yang membedakan koda dan desa tersebut sangat berpengaruh pada masyarakatnya. Dimana, dengan alur peputaran ekonomi yang deras, membuat warga kota lebih sibuk bekerja. Dan ini yang membuat warga kota lebih individualis.

Karena, tak memiliki waktu lebih untuk sekedar bercengkrama dengan tetangga. Berbeda dengan warga desa yang pusat perputaran ekonominya sekedar dalam lingkup sederhana. Sehingga satu sama lain sering bertemu, bertegur sapa dan masih memiliki rasa kekeluargaan yang kuat.

Baca Juga  Tiga Desa Di GunungKidul Longsor

Keistimewaan Desa yang Dapat menjadi Potensi Ekonomi

Sebagai kampung halaman, selalu ada saja hal yang membuat desa terasa istimewa. Seperti suasananya, makanannya, cuacanya, dan segalanya. Akhir-akhir ini, pemerintah sedang aktif memajukan desa dengan segala macam program.

Hal ini bertujuan untuk mendongkrak perekonomian desa. Sehingga alur ekonomi tak hanya berpusat dikota saja. Yang mengakibatkan penumpukan manusia di kota, sedangkan desa kekurangan generasi penerus yang berkualias untuk mengelola aset dan potensi desa.

Ada 3 unsur desa yang semuanya istimewa. Pertama adalah wilayah. Ini terkait dengan lahan, batas wilayah, jenis tanah dan pemanfaatannya. Indonesia sangat kaya. Selain sebagai negeri agraris, juga kondang dengan potensi lautnya.

Kedua hal ini nyatanya telah berkembang menjadi potensi wisata yang sangat menjanjikan. Lihat saja, sekarang banyak lokasi didesa-desa yang didominasi oleh perkebunan, persawahan, hingga lereng gunung yang telah diolah menjadi tempat wisata.

Kedua adalah penduduk. Salah satu syarat dalam terbentuknya sebuah desa adalah jumlah penduduk minimal 4500 orang. Unsur penduduk di desa ini meliputi tingkat kelahiran, tingkat kematian, pertumbuhan, kepadatan penduduk, persebaran penduduk, hingga mata pencaharian.

Baca Juga  Program Gancang Aron : Membantu Orang Sakit di Banyuwangi Tak Perlu Antri Obat Lagi

Nah, salah satu hal yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa adalah dengan mengembangkan potensi penduduk dan memberdayakannya. Agar dapat lebih mandiri dan sejahtera.

Disamping unsur-unsur desa diatas, adalagi yang terakhir adalah tata kehidupan masyarakat desa. Ini meliputi adat istiadat, kebiasaan dan norma di suatu wilayah. Hal –hal tersebut tentu berpengaruh padaperilaku masyarakat. Tak heran, jika diberbagai daerah terdapat desa adat yang dilestarikan. Karena sangat unik dan potensial untuk menjadi salah satu wisata budaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here