UMKM Online yang Bermanfaat untuk Menambah Target Market

0
221
UMKM Online

UMKM Online – Jika pada masa lalu, pemasaran hanya terbatas pada upaya marketing secara offline. Namun, saat ini, sudah masuk pada ranah digital atau online. Pemasaran secara online bukan hanya dilakukan oleh usaha dalam skala yang besar. Melainkan juga bagi usaha mikro, kecil, dan menengah atau kerap disebut dengan UMKM.

Dengan adanya UMKM online, maka jangkauan pemasaran pun dapat menjadi lebih luas. Sebagai salah satu penyokong ekonomi nasional, bisnis UMKM sudah selayaknya ditingkatkan perkembangannya. Sehingga, ada banyak manfaat yang akan diterima oleh masyarakat luas.

UMKM online juga dapat menghapus sekat yang membatasi adanya interaksi produsen dengan konsumen. Sehingga, pembeli bisa lebih mudah mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang lebih transparan.

Membahas tentang UMKM yang go online, tentu saja ada beberapa alasan mengapa program tersebut harus dijalankan, diantaranya:

  1. Bisa Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

UMKM online memiliki manfaat berupa kemampuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini dikarenakan ekosistem digital menghapus batas-batas ruang dan waktu. Selain itu, pemasaran secara online akan menghapus keterbatasan sistem distribusi serta pemasaran yang kerap menjadi kendala untuk bisnis dengan skala yang kecil.

Dengan UMKM online, maka kendala tersebut dapat diminimalisir. Terlebih dengan hadirnya website serta sosial media yang bisa menembus pemasaran dalam ranah tradisional.

  1. Pengguna Internet yang Semakin Massif

Saat ini, pengguna internet yang ada di Indonesia sangat banyak, bahkan cenderung selalu meningkat dari waktu ke waktu. Terlebih saat dicetuskan adanya proyek Palapa Ring yang bisa menjangkau daerah pelosok hingga perbatasan.

Baca Juga  Dari 60 Juta, Baru 3,97 Juta UMKM Bermain Online

Dengan begitu, maka pelaku UMKM harus memanfaatkan ini agar bisnis yang dilakukan tetap relevan dengan perkembangan zaman.

  1. Meminimalisasi Hilangnya Market

Maksud dari kehilangan market adalah pengguna yang lebih cenderung merasa nyaman dengan ekosistem digital. Hal ini terbukti dari banyaknya pengguna order makanan online, transportasi online, transaksi online, dan juga berbelanja secara daring.

Apabila suatu bisnis tidak dapat menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang serba daring, maka Anda bisa saja kehilangan konsumen. Terlebih bagi orang-orang yang sudah dimanjakan dengan mudahnya mengakses kebutuhan secara online.

  1. Biaya Operasional Rendah

UMKM online juga sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnisnya. Sebab, hal tersebut dapat menekan biaya operasional. Jadi, biaya untuk workshop, menyewa kios, hingga marketing secara offline dapat diminimalisir. Pun, pengusaha bisa lebih menghemat modal karena tidak dituntut untuk langsung mempunyai toko fisik.

Nah, hanya melalui website saja, maka Anda pun sudah memiliki showcase untuk tempat berkumpul bagi calon konsumen. Selain itu, Anda pun akan lebih mudah untuk melakukan transaksi jual beli.

  1. Lebih Profesional

UMKM yang menuju akses online pun dapat berpotensi meraup pelanggan dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu, bisa masuk pada persaingan industri modern. Meski masih menyandang status UMKM, bisnis pun akan dinilai sebagai perusahaan yang lebih profesional karena pelanggan memiliki rujukan pada website dan juga sosial media.

  1. Pertumbuhan yang Lebih Cepat

Dengan adanya UMKM online, maka pertumbuhan usahanya akan menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan mudahnya penyebaran informasi yang merupakan kunci pada bisnis digital ini. Platform digital yang dimanfaatkan secara maksimal akan membuat jumlah orang yang melihat produk lebih banyak dan beragam. Penjualan pun menjadi kian besar.

  1. Budget Marketing yang Bisa Dikendalikan

Pemasaran digital dianggap lebih efektif dalam hal budget. Sebab, budget untuk pemasaran digital akan lebih transparan serta akuntabel ketimbang metode pemasaran offline yang justru membutuhkan tenaga dan waktu lebih banyak.

Baca Juga  Contoh Usaha UMKM Yang Prospektif Dan Menguntungkan

Platform UMKM di Indonesia

Salah satu platform yang paling diandalkan untuk memasarkan produk UMKM online adalah situs UKM Online. Situs ini mempunyai visi berupa membantu usaha mikro, kecil, dan menengah supaya bisa berdaya saing tinggi serta bisa meningkatkan kualitas dunia pendidikan supaya lebih siap terjun pada dunia industri.

Ada beberapa upaya yang dilakukan oleh UKM Online untuk mewujudkan visi tersebut, diantaranya:

  1. Membangun sebuat alat digital yakni berupa seuatu website serta media sosial.
  2. Menumbuhkan jiwa sosial untuk pelaku UMKM dengan dunia digital marketing.
  3. Menyediakan atmosfer profesi dengan kualitas tinggi untuk siswa serta mahasiswa.
  4. Membangun database digital UMKM yang ada di seluruh Indonesia.

Selain melalui situs tersebut, UMKM online juga bisa diterapkan dengan melalui berbagai marketplace seperti Blanja.com, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, dan sebagainya. Selain itu, UMKM online juga menitik beratkan pada layanan pembayaran secara virtual yakni melalui Go Pay, OVO, serta Dana.

Program yang telah dicetuskan sejak tahun 2019 yang lalu ini diharapkan oleh Kemenkominfo agar bisnis UMKM bisa lebih luas target penjualannya.  Untuk mendukung program ini, maka Kemkominfo juga membentuk relawan khusus untuk membantu pelaku usaha UMKM yang berfungsi sebagai pendamping agar gerakan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Menurut Kemkominfo, dari sekitar 58 juta pelaku UMKM yang terdapat di Indonesia, baru ada 8 juta saja yang bergabung dengan e-commerce. Sehingga, jika dipersentasikan hanya 14% saja. Pihak Kemkominfo juga memberikan bantuan dengan memperkenalkannya di pemerintahan daerah.

Diharapkan, e-commerce bisa membantu membuat produk lokal lebih meningkat penjualannya. Caranya dengan membagi data tren produk yang dicari oleh para pembeli. Sehingga, produk tersebut dapat disediakan pelaku usaha terkait. Hal ini juga didukung dengan adanya tren penjualan pada e-commerce yang lebih mudah dari waktu ke waktu.

Baca Juga  Tips Mengembangkan Produk UMKM Agar Menjangkau Pasar Yang Luas

Bahkan, agregator atau kurator pun dapat menjual barang tanpa memproduksinya terlebih dahulu. Namun, kendala yang paling terasa saat ini adalah adanya persaingan yang ketat dari para penjualnya. Sehingga, perlu adanya data tambahan supaya UMKM bisa bersaing dengan lebih setara.

Tips Sukses UMKM Online

Meskipun pada dasarnya, UMKM online memiliki banyak keuntungan dan kelebihan, tetapi jika tidak dijalankan dengan cara yang benar, maka akan menjadi usaha yang sia-sia. Untuk itu, ada beberapa tips sukses UMKM online, diantaranya:

  1. Mempelajari Strategi Pemasaran Online

Anda harus tahu bagaimana cara membangun website untuk toko online sendiri. Buat juga konten dan kata kata promosi yang menarik, cara memasang iklan pada Google, dan sebagainya.

  1. Memberi Respon secara Cepat

Saat merambah dunia penjualan digital, maka Anda harus cepat dalam merespons pelanggan. Sebab, salah satu keunggulan yang dicari dari toko online adalah pelayanannya yang baik dan maksimal.

  1. Mengumpulkan Review dari Pelanggan

Cara kerja UMKM online tentu saja tidak jauh berbeda dengan toko online lainnya. Sehingga, Anda harus melakukan branding terlebih dahulu. Caranya, dengan membangun kepercayaan dari pelanggan atas review dan ulasan yang positif dari pelanggan sebelumnya.

Untuk itu, Anda harus menjaga kualitas produk, sehingga pelanggan akan senang hati memberikan ulasan positifnya untuk UMKM online milik Anda.

Demikian pembahasan mengenai UMKM online. Untuk membuat produk UMKM Anda lebih dikenal masyarakat luas, sebaiknya segera lah beralih ke bisnis digital. Sehingga, penjualan akan semakin optimal, bisnis yang dijalankan pun menjadi lebih sukses lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here