Pentingnya UMKM Desa Untuk Ekonomi Nasional | Tips Sukses

0
307
UMKM Desa

UMKM desa mempunyai peran cukup strategis pada pembangunan ekonomi dalam skala nasional. Selain di perkotaan, UMKM desa juga dipandang mempunyai prospek yang bagus di masa mendatang. Bahkan, pemerintah pun selalu mendorong UMKM di ranah pedesaan untuk bisa maju dan berasing dengan jenis usaha lain dalam kancah internasional.

Mengulik tentang UMKM desa, tentu saja tidak terlepas dari manfaat dan perannya untuk perekonomian. Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai hal ini, ada baiknya Anda menyimak beberapa poin pentingnya di bawah ini!

Manfaat UMKM Desa

UMKM yang dijalankan di pedesaan ternyata mempunyai berbagai manfaat, terutama untuk perekonomian nasional. Beberapa diantaranya dapat menyumbang nilai PDB (Produk Domestik Bruto), bahkan, di Indonesia, UMKM desa merupakan salah satu penyumbang terbesarnya.

UMKM desa juga bisa menjadi solusi yang efektif dalam permasalahan ekonomi pada kelas kecil sampai menengah. Tak hanya itu saja, UMKM di desa juga mampu mengurangi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru.

Itulah manfaat UMKM desa untuk perekonomian nasional. Namun, selain itu, ada juga manfaat lain yang diberikan oleh pelaku usaha UMKM terutama untuk dirinya sendiri, diantaranya:

  1. Lebih bebas secara finansial
  2. Sebagai bentuk pengabdian diri serta bisa memeroleh pengakuan atas usaha yang dijalani
  3. Seseorang memiliki kemampuan dalam mengontrol diri sendiri.
  4. Tahan banting
  5. Dapat menggali potensi yang ada di dalam dirinya
  6. Bisa lebih mudah beradaptasi terhadap tuntutan zaman
  7. Menjadi penggerak perekonomian masyarakat dengan lebih fleksibel dan inovatif.

Pemerintah selalu mendukung adanya UMKM desa dengan melakukan program pengembangan UMKM. Tujuan dari program tersebut adalah agar para pelaku bisa mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha serta bisa mempunyai kemampuan dalam menjalankan usaha kecil serta menengah.

Program tersebut juga melatih pengusaha untuk bisa menerapkan keterampilan kewirausahaan, mengidentifikasi serta memilih proyek bisnis dan bisa mempersiapkan perencanaan bisnis yang dapat dipresentasikan pada lembaga keuangan.

Baca Juga  Pelatihan Usahadesa.com Langsung Punya Toko Online

Pentingnya UMKM Desa

UMKM sebagai salah satu program yang sangat diperhatikan oleh pemerintah diwadahi secara khusus melalui Kementerian Koperasi dan UKM. Berbagai program dilaksanakan untuk membantu UMKM terus berkembang dan bisa memberikan dampak langsung pada kehidupan masyarakat di kalangan bawah.

Hal tersebut dikarenakan UMKM desa mempunyai tiga peran yang sangat penting, diantaranya:

  1. Menjadi Sarana untuk Mengentaskan Kemiskinan

Pentingnya UMKM desa yang pertama adalah menjadi sarana untuk mengentaskan masyarakat kecil terhadap kemiskinan yang menjeratnya. Sebab, seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa penyerapan tenaga kerja dari UMKM memang cenderung tinggi.

Di tahun 2011 sendiri, menurut data dari Kementerian Koperasi dan UMKM menyebutkan jika 55,2 juta unit UMKM bisa menyerap tenaga kerja sebesar 101,7 juta jiwa. Setiap tahun, jumlah tersebut terus meningkat.

  1. Memberi Pemasukan Devisa untuk Negara

UMKM juga sangat penting dalam menyumbang pemasukan untuk negara yakni dalam bentuk devisa. Hal ini dikarenakan pangsa pasar UMKM sudah merambah ke skala internasional. Angka devisa dari UMKM bahkan mencapai 88,45 miliar rupiah dan terus meningkat berkali-kali lipat.

  1. Memeratakan Tingkat Ekonomi Rakyat

UMKM memang berbeda dengan bisnis dengan skala yang besar. Sebab, lokasinya berbeda-beda. Bahkan, hingga ke daerah yang cukup jauh jangkauannya. Dengan UMKM yang ada pada 34 provinsi, maka jurang ekonomi di berbagai daerah dapat diatasi. Masyarakat pun tidak perlu berbondong-bondong ke kota untuk memeroleh kehidupan dan gaji yang lebih tinggi.

Syarat Mendirikan UMKM Desa

Dikarenakan betapa pentingnya UMKM desa, maka sudah saatnya Anda maju dan menyongsong kehidupan baru dengan terjun langsung menjalankan usaha tersebut. Namun, sebelum itu, perhatikan syarat-syaratnya terlebih dahulu. Diantaranya:

  1. Membuat Manajemen Secara Jelas

Pertama, Anda harus memerhatikan manajemen usaha terlebih dahulu. Mulai dari proses merekrut karyawan, membukukan keuangan, hingga mengatur pengelolaan biaya. Manajemen akan memberi dampak yang sangat baik untuk keberlangsungan UMKM.

  1. Melihat Peluang Lebih Jeli

Kejelian melihat peluang sangat dibutuhkan agar UMKM desa bisa berjalan baik. Perhatikan lingkungan sekitar, lalu tentukan jenis usaha yang paling cocok untuk dibuka.

  1. Memberikan Keunikan pada Produk

Produk yang unik bukan berarti belum ada sebelumnya. Anda hanya perlu membuat sedikit pembeda. Apakah dari sisi kemasan, strategi promosi, dan sebagainya. Buat produk Anda unik sehingga menarik lebih banyak konsumen.

  1. Mengurus Administrasi

Urus administrasi setelah semua hal telah dipersiapkan dengan baik. Meskipun usaha masih dalam skala kecil, tetapi administrasi bisa menandakan bahwa Anda benar-benar serius.

  1. Mengurus Perizinan Usaha

Agar kedepannya, tidak ada sandungan terhadap perizinan, serta memudahkan Anda memeroleh permodalan dari perbankan. Maka, hal yang perlu dilakukan adalah dengan melengkapi perizinannya dengan baik.

Baca Juga  Lombok Utara Gelar Pameran Gebyar Produk UMKM

Beberapa yang harus Anda miliki adalah TDP atau Tanda Daftar Perusahaan, SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan, NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak, serta izin gangguan.

Jenis UMKM Desa yang Menopang Perekonomian Rakyat

Banyak orang yang belum menyadari bahwa desa memiliki potensi yang sangat besar untuk digali. Sehingga, masyarakat cenderung memilih pindah ke kota untuk mendapatkan pekerjaan. Padahal, jika ditilik lagi, ada juga rakyat pedesaan yang sukses dari UMKM. Bahkan, UMKM dianggap sebagai tulang punggung Indonesia karena mampu menambah nilai PDB secara siginifikan.

Untuk itu, Anda harus mulai menggebrak masyarakat pedesaan dengan mengembangkan UMKM. Nah, beberapa jenis UMKM desa berikut ini dapat Anda eksplorasi secara maksimal. Diantaranya:

  1. Beternak

Pedesaan dengan alamnya yang masih terjaga tentu menjadi lahan yang cocok bagi pengusaha UMKM untuk mulai melakukan kegiatan peternakan. Salah satu usaha yang dapat dilakoni adalah beternak ayam.

Sebab, ayam merupakan salah satu daging hewan yang paling banyak dicari di Indonesia. Permintaan ayam pun tidak pernah sepi di pasaran, terutama menjelang hari-hari khusus seperti lebaran.

Baca Juga  Ini Alasan Mengapa UMKM Harus ‘Bermain’ di Toko Online

Ada dua cara untuk beternak ayam, yakni dengan cara intensif dan semi intensif. Cara intensif adalah ayam kampung yang ada pada kandang setiap harinya. Sedangkan semi intensif adalah beternak ayam dengan membuat kandang yang luas sehingga Anda lebih mudah mengontrol kesehatan dan pertumbuhannya.

  1. Bercocok Tanam atau Berkebun

Lahan desa juga sangat subur untuk ditanami sayur-sayuran. Nah, Anda bisa memanfaatkannya untuk bercocok tanam  sebagai usaha yang cukup menjanjikan. Beberapa sayur yang dapat Anda tanam diantaranya cabai, kelapa, daun seledri, terung, dan masih banyak lagi.

Anda hanya perlu menyesuaikan jenis tanaman apa yang berpotensi tumbuh subur pada lahan di  sekitar.

  1. Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan di Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Penjualan secara ekspor pun bertambah sebanyak 1,35% dalam satu tahun. Sehingga, usaha ini memiliki peluang yang cukup besar untuk dapat berkembang.

Di masing-masing daerah, terdapat kerajinan khasnya tersendiri. Jika potensi ini dapat digali dan diberdayakan, maka akan menjadi sumber pendapatan yang sangat menjanjikan. Biasanya, hasil kerajinan tangan dijual pada pusat oleh-oleh wisatawan. Atau, bisa juga dijual di toko khusus.

Demikian pembahasan mengenai UMKM desa, semoga bisa memberikan pencerahan dan kesadaran bagi masyarakat desa untuk memiliki keinginan berusaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here