Ubah Cara Pemasaran Tradisional Anda ke Pemasaran Online

1
1776
Internet-Marketing
Pemasaran Online

Dengan peluang dan prospek yang masih sangat luas pada bisnis online, maka menarik banyak sekali para pemula yang terjun di dunia online marketing. Hal pertama yang harus dipahami adalah bagaimana cara penjualan online dan promosi penjualan yang efektif dan menguntungkan.

Sebetulnya, cara penjualan online menggunakan dasar-dasar yang sama dengan penjualan tradisional, hanya saja media yang digunakanan berbeda. Penjualan online dapat dilakukan dengan berbagai metode, antara lain melalui forum, media sosial, penjualan langsung ataupun melalui website. Nah, sekarang saya akan mengupas bagaimana cara berjualan melalui website.

Cara Berjualan Melalui Website

Langkah #1 Membangun Website
Jelas syarat utamanya adalah ada medianya untuk berjualan, yakni membangun situs web. Dalam hal ini adalah toko online ataupun landing page yang disertai sales letter penjualan online anda. Untuk membangun website, jelas anda memerlukan domain dan hosting. Domain ibarat alamat rumah dan hosting adalah rumahnya. Domain adalah nama situs, misal www.tokosaya.com dan hosting adalah server yang mengarahkan menuju situs tersebut. Untuk lebih jelasnya, tentang membangun ecommerce, silahkan klik link ini.

Baca Juga  Iptek Pedesaan

Langkah #2 Mendapatkan Trafik atau Pengunjung
Untuk mendapatkan pengunjung anda harus mempromosikan website anda. Berikut cara promosi penjualan online untuk mendapatkan trafik berkualitas.

Mesin Pencari
Tertarget, natural dan lebih murah. Itulah beberapa manfaat dari mesin pencari dalam menjaring pengunjung. Untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, syarat utamanya adalah situs anda harus berada pada halaman utama hasil pencarian Google, dengan kata kunci yang anda bidik. Misalnya kata kuncinya adalah “beli sepatu”. Nah, jika orang mengetikan kata kunci tersebut, website anda harus berada dalam urutan terdepan, sehingga peluang anda untuk mendapatkan klik dari pengunjung potensial akan sangat besar, dan bisa menghasilkan penjualan.

Untuk mencapai peringkat utama hasil pencarian, anda harus menguasai dasar-dasar SEO (optimasi mesin pencari) seperti bagaimana cara membangun website yang SEO friendly, penempatan H1, H2, dan H3, cara membangun tautan dan sebagainya. Untuk masalah ini, Anda tidak perlu repot-repot mempelajari teknik-teknik SEO yang membutuhkan waktu lama, jangan biarkan waktu anda terbuang diluar bisnis anda.

Baca Juga  Desaku

Periklanan
Mau tidak mau, setiap bisnis harus berurusan dengan yang namanya iklan. Demikian juga dengan bisnis toko online anda. Iklan secara online dapat dilakukan melalui Google Adword, iklan Facebook, banner pada website tertentu dan media iklan kecik lainnya.

Tentunya cara ini sangat tidak bersahabat dengan bisnis baru yang memiliki anggaran terbatas. Karena semakin sering iklan anda muncul, maka semakin besar biaya yang harus anda keluarkan untuk iklan.

Sosial Media dan Forum
Tidak salah lagi, media sosial adalah ladang emas dimana banyak berkumpul pembeli potensial untuk anda. Manfaatkan sosial media sebagai alat promosi penjualan online anda. Demikian halnya dengan forum. Banyak sekali forum yang secara khusus menyediakan lapak-lapak untuk berjualan, misalnya saja Kaskus, Multipy, dan sejenisnya.

Untuk mengarahkan pengguna sosial media untuk menuju website toko online anda, promosikan dagangan anda, dengan cara memposting serta menyebarluaskan konten anda kepada pengguna yang lain, pancing mereka dengan gambar menarik agar tertarik untuk mengunjungi dan membeli produk anda.
Langkah untuk melakukan penjualan online ternyata sangat mudah bukan!! Bangun website, promosikan dan dapatkan pembeli. Thats it ! Yang terpenting adalah persiapkan dengan matang rencana bisnis dan take action.

Baca Juga  Pembangunan Desa Belum Merata, Ketimpangan Masih Tinggi

Tentang Penulis,

Jonathan adalah seorang wiraswasta yang bergerak dalam bidang pembibitan tanaman. Memasarkan produknya yakni bibit tanaman buah dan bibit tanaman hias melalui media online.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here