Tujuan Program Inovasi Desa Dan Contohnya

0
414

Apakah anda anggota tim pelaksana program inovasi desa? Apakah anda merasa kesulitan memahami program inovasi desa? Bila jawabanya anda adalah ya, anda tidak sendiri. Dalam kesempatan ini kita akan bahas tentang tujuan program inovasi desa dan contoh-contohnya.

Pemerintah pusat menginginkan terjadinya percepatan pembangunan di desa. Sebelum sampai ke desa dana pembangunan harus melalui APBD Provinsi dan Kabupaten. Cara konvensional seperti ini dipandang kurang efektif karena dana yang akhirnya dikucurkan ke desa jumlahnya sangat kecil.

Untuk mengatasi hal ini pemerintah memberikan dana desa yang turun langsung dari pusat ke desa yang dituju. Namun demikian dana desa yang besar harus dimanfaatkan secara maksimal dan tepat sasaran. Itulah sebabnya seorang tim pelaksana program inovasi desa harus memahami tujuan program inovasi desa dan contohnya.

Sekilas tentang program inovasi desa

Pemerintah telah menganggarkan dana desa yang jumlahnya sangat besar. Agar dana tersebut bisa digunakan secara efektif dan tepat sasaran maka lahirlah PID atau program inovasi desa. Dalam pelaksanaannya sebuah desa akan didampingi oleh sebuah tim pelaksana program inovasi desa.

Baca Juga  Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Tim pelaksana program ini harus memastikan bahwa dana desa digunakan sesuai peruntukannya dengan cara mengimplementasikan Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang penggunaan dana desa. Seorang tim pelaksana program harus memastikan penggunaan dana desa bisa memberi dampak besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

Sebelum kita bahan tentang tujuan program inovasi desa ada baiknya kita pahami komponen penting program ini. Dalam pelaksanaanya program inovasi desa memiliki dua komponen penting yang harus diperhatikan yaitu:

  • Adanya pertukaran pengetahuan agar terjadi proses pembangunan desa yang inovatif.
  • Terjadinya peningkatan PJLT atau penyedia jasa layanan teknis sehingga desa mendapatkan layanan teknis yang mandiri dan profesional.

Tujuan Program Inovasi desa

Dengan mengetahui tujuan program inovasi desa, seorang tim pelaksana program inovasi desa bisa melaksanakan peran dan fungsinya secara lebih efektif. Pelaksanaan program dengan baik sangatlah penting bukan saja karena hal ini menyangkut dana yang jumlahnya besar tetapi juga menyangkut kesejahteraan anggota masyarakat.

Program inovasi desa di buat agar dana desa bisa terserap dan digunakan secara efektif dan tepat sasaran. Secara umum tujuan program inovasi desa adalah sebagai berikut:

  • Mendorong terjadinya inovasi pembangunan di desa agar dana desa yang diterima bisa meningkatkan produktivitas desa yang akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Adanya peningkatan jenis dan volume program pembangunan desa
  • Terjadinya peningkatan kualitas pelayanan sebagai dampak langsung dari pembangunan desa yang telah dilaksanakan.
Baca Juga  UMKM dan Desa

Contoh Program Inovasi Desa

Menentukan program inovasi desa bukan perkara mudah karena situasi dan kondisi setiap desa tidaklah sama. Untuk membuat program inovasi desa yang efektif kita harus mengidentifikasi semua masalah dan juga potensi yang dimiliki oleh desa yang bersangkutan.

Permasalahan yang ada harus dicari solusinya melalui program inovasi desa. Potensi desa yang ada harus dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Berikut adalah beberapa contoh program inovasi desa yang bisa menginspirasi anda:

1. Program pengadaan air bersih bagi masyarakat desa

Air bersih menjadi kebutuhan pokok bagi semua anggota masyarakat. Program pengadaan air bersih bisa dilakukan dengan banyak cara sepert pengadaan sumur baru, revitalisasi sumur yang mengalami pendangkalan, pipanisasi air menuju perumahan penduduk dan lain sebagainya. Program pengadaan air bersih sangat penting bagi masyarakat pedesaan.

2. Program pembangkit listrik tenaga mikro hidro

Dengan potensi sumber daya alam yang dimilikinya seharusnya tidak ada desa yang tidak mendapatkan aliran listrik. Dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga mikro hidro, sebuah desa bisa mencukupi kebutuhan listriknya sendiri. Untuk program seperti ini, tentunya diperlukan pendampingan oleh tenaga ahli yang profesional.

Baca Juga  Warga Desa Sruni Berhasil Ciptakan Gas Menggantikan Elpiji

3. Bantuan tenaga ahli untuk pengembangan usaha desa

Pemberdayaan masyarakat desa dalam bentuk penciptaan sebuah bidang usaha sangatlah penting. Dengan mendapatkan bantuan dan bimbingan dari tenaga ahli sebuah desa bisa memiliki sentra-sentra usaha yang akhirnya bisa meningkatkan sumber pendapatan masyarakat desa.

Tujuan program inovasi desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program program unggulan yang didukung dari dana desa yang telah diterima. Penggunaan dana desa yang efektif bisa menjadi trigger bagi percepatan pembangunan di desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here