Transaksi Online Indonesia Naik Hampir 2 Kali Lipat Tiap Tahun

0
530
Transaksi Online Indonesia Naik Hampir 2 Kali Lipat Tiap Tahun
Transaksi Online Indonesia Naik Hampir 2 Kali Lipat Tiap Tahun

BERDESA.COM – Perkembangan usaha melalui online di Indonesia sudah tak bisa dibendung lagi. Terus bertambahnya pemakai internet dan maraknya penggunaan smartphone membuat transaksi melalui online melalui e-commerce melejit hingga tiga kali lipat dalam dua tahun. Inilah saatnya Usaha Kecil Menengah (UKM) memanfaatkan teknologi ini.

Data yang dihimpun Berdesa.com menyebut tahun 2012 transaksi melalui pasar digital di Indonesia mencapai Rp. 69 triliun. Angka ini menjadi Rp. 130 triliun pada tahun 2013. Diperkirakan angka ini akan terus meroket pada tahun-tahun berikutnya. Besarnya angka transaksi melalui online ini membuat Indonesia menjadi salahsatu negara dengan angka pertumbuhan transaksi online paling besar di dunia.

Tingginya angka transaksi ini sangat dipengaruhi perkembangan teknologi internet yang merambah wilayah individu sekarang ini yakni smartphone. Smartphone yang berkemampuan akses internet membuat sebagian masyarakat Indonesia merubah gaya belanjanya. Kini banyak orang memilih untuk memelototi smartphone atau internet untuk mencari barang yang mereka cari dan sekaligus melakukan transaksi disana daripada berjalan-jalan ke supermarket.

Baca Juga  “Kajeng” Handycraft, Pelopor Mainan Kayu

Cara belanja melalui internet memang memberi pengalaman berbeda dengan cara konvensional yang selama ini dilakukan sebagian besar orang. Membeli sesuatu melalui internet membuat orang hampir tidak perlu beranjak dari tempat duduknya. Transaksi atau pembayarannya yang mudah juga turut mempengaruhi khalayak untuk memilih belanja melalui online daripada offline.

Sayangnya masih banyak UKM yang belum menyadari peluang besar ini. Padahal ini adalah kesempatan berkembang yang sangat strategis bagi UKM menjual produk-produk mereka. Selain praktis, internet juga memangkas banyak biaya operasional bagi UKM dalam memasarkan produk.

Hingga saat ini masih sangat kecil UKM yang memanfaatkan teknologi internet di Indonesia. Baru 37 persen UKM menggunakan internet yang paling dasar, 18 persen menggunakan internet dengan kemampuan kelas menengah dan baru 9 persen yang menggunakan internet berkemampuan tinggi. Padahal, menjual produk memalui internet terbukti mampu mendongkrak penjualan hingga 80 persen dan menciptakan peluang pengembangan usaha dua kali lipat.

Internet juga sarana yang murah dan efektif bagi pelaku UKM untuk mendapatkan banyak informasi bisnis sehingga bisa mendorong kemampuan UKM melakukan inovasi. Sampai hari ini dari 57 juta UKM di Indonesia, baru 75-100 ribu saja yang menggunakan website untuk memasarkan produknya. Padahal UKM di Indonesia menyerap 97 persen tenaga kerja. Maka jika UKM-UKM mampu memanfaatkan teknologi ini, betapa besar lompatan yang akan terjadi pada UKM-UKM kita dan betapa besar lapangan kerja baru yang bakal tercipta. (dji-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here