Tips Mengembangkan Produk UMKM Agar Menjangkau Pasar Yang Luas

0
602

UMKM merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang dapat dijalankan oleh siapa saja. Namun, bagi orang yang sama sekali belum pernah terjun di dalam suatu bisnis, tentunya masih cukup bingung menentukan produk UMKM yang tepat untuk dijalankan. Selain itu, Anda juga pasti menyadari bahwa telah banyak pesaing yang sudah lebih dahulu mengembangkan bisnisnya.

Untuk itu, sebelum benar-benar berkecimpung di persaingan ketat pada bisnis UMKM< maka harus dipikirkan secara matang tentang hal-hal yang detail sekalipun. Salah satunya adalah dengan menjual produk UMKM yang tidak kenal musim. Pun, tidak mudah mati karena perkembangan zaman.

Sehingga, Anda pun bisa bertahan di tengah gempuran produk-produk UMKM baru yang bermunculan. Nah, apa saja kah produk yang tidak pernah mati? Mari menyimak ulasannya di bawah ini!

Produk UMKM yang Tak Pernah Mati

Berikut ini akan dibahas beberapa produk UMKM yang akan terus eksis karena merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh masyarakat.  Langsung saja, ini dia ulasannya!

  1. Bisnis Teknologi

Produk UMKM pertama yang selalu dicari masyarakat dan tidak pernah mati adalah teknologi. Hal ini dikarenakan teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Seperti handphone yang semakin dibutuhkan oleh masyarakat karena tidak lagi menjadi sarana komunikasi semata. Melainkan juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi banyak orang.

Meskipun seseorang sudah memiliki handphone, tentu menginginkan fitur dan spesifikasi yang lebih tinggi. Terlebih, produsen handphone selalu menyematkan fitur baru dan berlomba menghadirkan teknologi paling mutakhir dalam perangkat selulernya.

  1. Bisnis Pendidikan

Di kalangan masyarakat, pendidikan sudah dinilai sebagai kebutuhan yang utama. Karena kesadaran ini, maka membuka usaha UMKM dengan menghadirkan produk pendidikan merupakan hal yang sangat baik prospeknya.

Baca Juga  Bantuan Insentif Pemerintah Bagi Para Pelaku Usaha Pariwisata

Anda bisa membuka lembaga pelatihan, menjual beragam buku penunjang pelajaran, membuat aplikasi pendidikan, dan sebagainya. Pastinya, untuk mendapatkan nilai paripurna, banyak orang yang rela membeli berbagai produk pendidikan yang berkualitas meskipun harganya cenderung tinggi.

  1. Biro Jasa

Produk UMKM yang satu ini juga selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga, menjalankan bisnis ini sudah pasti tidak akan sepi. Beberapa contoh usaha UMKM di bidang biro jasa adalah jasa travel, periklanan, dan masih banyak lagi. Dengan adanya biro jasa, maka berbagai urusan masyarakat akan terbantu.

  1. Bisnis Kesehatan

Bisnis kesehatan juga merupakan produk UMKM yang selalu dicari. Pasalnya, semua orang ingin sehat sepanjang waktu. Selain dengan pola hidup yang baik, tentu saja, berbagai produk penunjang kesehatan juga dicari agar tubuh tetap fit. Untuk itu, Anda bisa merambah bisnis UMKM yang satu ini.

Beberapa contoh produk UMKM di bidang kesehatan yang dapat Anda jual meliputi produk herbal, madu, alat kesehatan, alat olahraga, dan sebagainya.

  1. Bisnis Sembako

Produk UMKM yang satu ini juga tidak akan pernah mati. Sebab, sembako adalah bahan yang sudah pasti dibutuhkan setiap orang sehari-hari. Mulai dari beras, gula, minyak, gandum, susu, dan sebagainya. Orang akan datang sendiri tanpa harus melakukan promosi. Hanya saja, Anda perlu melakukan sedikit trik bisnis seperti mematok harga dengan lebih murah, memberikan disko secara berkala, dan sebagainya.

Meskipun bisnis ini cukup mudah dijalankan, tetapi memiliki banyak pesaing.

Produk UMKM yang Belum Banyak Pesaing

Selain menjual produk UMKM yang tidak pernah mati, Anda juga bisa mempertimbangkan produk yang belum banyak pesaing. Nah, beberapa diantaranya bisa Anda simak di bawah ini:

  1. Barang Antik

Ada banyak orang yang menyukai barang antik. Bahkan, tidak segan-segan untuk mengoleksi dan membelinya dengan harga yang tinggi. Namun, sayangnya, tidak banyak bisnis yang menyediakan barang antik sebagai produk unggulannya. Sehingga, Anda bisa memasuki celah ini untuk mulai melakukan suatu bisnis. Pastinya, karena tidak banyak pesaing, bisnis ini akan sangat menjanjikan keuntungan.

  1. Menjual Produk Daur Ulang

Mengubah sampah menjadi barang yang bernilai jual tinggi memang tidak mudah. Namun, dengan sedikit kreativitas, maka, Anda bisa mendapatkan pasar yang luas. Sebab, belum banyak pebisnis yang melakoni ranah ini.

  1. Menjual Produk Seni

Kesenian belum banyak disentuh oleh pelaku bisnis. Sebab, seni cenderung membutuhkan ketelatenan, kesabaran, dan keuletan. Sedangkan bisnis cenderung bersifat menuntut keuntungan secara cepat, besar, dan dalam waktu yang singkat.

Baca Juga  Contoh Usaha UMKM Yang Prospektif Dan Menguntungkan

Namun, jika Anda memiliki skill meracik barang menjadi sebuah karya seni, maka bisnis UMKM yang satu ini patut untuk dijalankan. Selain itu, peminat dan penikmat produk seni memang sangat tinggi.

  1. Jasa Ketik

Jasa ketika menjadi salah satu bisnis UMKM yang tidak banyak pesaingnya. Padahal, banyak diantara mahasiswa atau pelajar yang tidak sempat mengerjakan berbagai proyek yang menjadi tugasnya. Untuk itu, Anda bisa mulai menjalankan bisnis ini karena prospeknya cukup menjanjikan.

  1. Menjual Produk yang Unik

Produk unik maksudnya adalah produk yang bisa dipesan secara custom oleh pelanggan. Semisal, seseorang ingin memesan note book yang eksklusif dan tidak ada yang menyamai. Maka, Anda akan membuat note book dengan cover foto orang tersebut dan berbagai ikon yang berhubungan dengannya. Semisal apa yang menjadi hobinya, apa pekerjaannya, dan sebagainya.

Tips Mengembangkan Bisnis UMKM

Jika Anda sudah mengetahui produk UMKM yang tidak pernah mati dan yang sedikit pesaingnya, ada baiknya Anda mengetahui dengan pasti bagaimana cara mengembangkan bisnis yang akan dijalankan. Sebab, melakoni bisnis ini tidak semudah kelihatannya. Ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui, seperti:

  1. Mempersiapkan Modal

Modal merupakan bekal awal supaya Anda dapat menentukan ke mana usaha akan dibawa. Sehingga, modal pun merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha. Modal juga akan menjadi penentu langkah yang akan diambil kedepannya. Memperhitungkan dan mempersiapkan modal akan menentukan keberlangsungan bisnis UMKM yang akan dijalankan.

  1. Mendirikan Badan Usaha

Meskipun Anda baru saja merintis usaha dalam skala yang kecil atau menengah, tetapi Anda harus menentukan bentuk perusahaan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk mendapatkan legalitas perusahaan, sehingga, nantinya akan menentukan kelancaran bisnis. Serta menghindarkan bisnis dari sandungan hukum yang mungkin terjadi.

Baca Juga  Daftar Ide Usaha UMKM Yang Bisa Bikin Kamu Sukses

Anda dapat memilih bentuk badan usaha sebagai CV atau PT, tergantung dari modal yang akan dikeluarkan sesuai dengan peraturan pemerintah.

  1. Menentukan Pasar

Seorang pelaku usaha juga harus menentukan sasaran dan target yang akan dituju sesuai bidang usaha yang dilakoni. Untuk menentukan pasar, maka Anda bisa terjun langsung atau survey agar bisa mengetahui keadaan pasar sesungguhnya. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasinya melalui internet.

Menentukan sasaran pasar juga akan memudahkan Anda mengembangkan produk UMKM. Selain itu, Anda juga lebih mudah dalam menentukan produk yang akan ditawarkan. Pun, promosi yang dilakukan pun bisa lebih efektif.

Demikian pembahasan mengenai produk UMKM, semoga bisa memberikan pencerahan kepada Anda. Apapun produk yang akan dihasilkan, yang terpenting adalah Anda menjalankannya dengan serius, ulet, telaten, dan pantang menyerah. Serta lakukan juga tips di atas agar langkah bisnis UMKM Anda lebih terencana dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here