7 Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Hasil Maksimal

0
119
Ternak Kelinci Pedaging

Tahukah kamu? budi daya ternak kelinci pedaging telah menjadi sebuah peluang usaha yang menggiurkan loh! Modalnya yang kecil dan perawatannya yang mudah menjadikan banyak orang, khususnya pemula dalam bidang bisnis berlomba – lomba membudidayakannya.

Kelinci adalah hewan yang multifungsi, artinya hewan tersebut bisa dipelihara saja untuk hiburan, mengingat kelinci adalah hewan yang lucu dan menyenangkan dan mudah beradaptasi untuk dijinakkan ataupun dikonsumsi

Namun, tahukah anda bahwa kelinci juga sangat mudah untuk berkembang biak? Itulah mengapa, kelinci sangat diminati oleh banyak orang untuk dijadikan sumber penghasilan terlebih untuk jenis kelinci pedaging.

Nah, jika anda ingin mencoba ternak kelinci pedaging.

Berikut ini 7 Tips Ternak Kelinci Pedaging

  1. Tentukan Jenis Kelinci dengan Tepat

Tidak semua jenis kelinci bisa kamu pilih untuk di kembang biakan menjadi kelinci pedaging, maka dari itu kamu harus pandai – pandai dalam memilih kelinci yang tepat. Ciri – ciri kelinci yang cocok untuk di kembang biakkan menjadi kelinci adalah kelinci yang memiliki badan lebar.

Baca Juga  Usaha Depot Air Minum Di Desa, Berapa Modalnya?

Terdapat dua jenis kelinci yang memenuhi kriteria tersebut yaitu New Zealand White dan Flemish Giant

  1. Memilih Indukan Kelinci Pedaging yang Berkualitas

Memilih indukan kelinci yang berkualitas tentu sangatlah penting karena akan berpengaruh kepada keberlangsungan budidaya kelinci yang kamu lakukan. Perhatikan benar – benar indukan kelinci yang kamu beli. Pastikan bahwa kamu hanya membeli bibit yang berkualitas.

Ciri – ciri bibit untuk indukan kelinci pedaging yang berkualitas adalah memiliki bobot minimal 4 kg untuk betina dan 3 Kg untuk pejantan.

  1. Siapkan Kandang

Selain kedua hal diatas, tentu kamu juga tidak bisa melupakan hal yang satu ini yaitu tempat untuk ternak kelinci atau kandang yang berfungsi sebagai tempat tinggal kelinci – kelinci yang akan diternak.

Dalam memilih lokasi kandang, pastikan kamu memilih lokasi yang jauh dari keramaian dan untuk tempatnya bisa menggunakan kayu bambu.

Sediakan pula pakan dan air minum di area kandang dan jangan pernah menyatukan kelinci jantan dan betina dalam satu kandang untuk menghindari perkawinan dini. Kamu hanya boleh menyatukan dua kelinci jantan dan betina yang sudah cukup usia.

Baca Juga  Peluang Usaha Kripik Singkong Dan Cara Membuatnya

Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan kandang minimal 2 minggu sekali.

  1. Memilih Pakan yang Tepat

Pakan kelinci untuk peternakan berbeda dengan pakan kelinci untuk peliharaan. Untuk kelinci peternak, kamu harus menambahkan protein dan nutrisi pada pakan nya, seperti viterna dan hormonik. Nutrisi tersebut bisa kamu berikan sebanyak 2 kali sehari supaya kelinci cepat gemuk.

  1. Ketahui cara mengawinkan Kelinci dengan Benar

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, kita dilarang untuk mencampur antara kelinci jantan dan betina dalam satu kandang sekaligus untuk mencegah perkawinan dini. Mengapa demikian? Karena perkawinan dini pada kelinci bisa mengancam kegagalan reproduksi.

Atas dasar hal tersebut, maka usia yang ideal untuk mengawinkan antara kelinci betina dan pejantan adalah disaat kelinci jantan berusia 8 bulan dan kelinci betina berusia 6 bulan.

Setelah proses perkawinan selesai, keluarkan mereka dari kandang dan biarkan beristirahat selama 10 – 15 menit lalu masukan kembali keduanya ke dalam kandang yang sama hingga kelinci betina tidak mau melanjutkan proses perkawinan.

  1. Ketahui cara merawat anakan kelinci

Setelah proses perkawinan selesai, tentu betina akan mengandung dan melahirkan anak – anak kelinci yang baru yang bisa kemu kembang biakkan lagi. Nah, cara merawat anakan tersebut supaya tetap sehat supaya bisa diternak kembali adalah dengan membersihkan kandangnya secara rutin dan memberikan makanan yang bergizi seperti sayuran dan wortel

  1. Ketahui cara panen yang benar

Penting sekali untuk diketahui bahwa kamu baru bisa memanen kelinci setelah usia memasuki bulan ke 3 hingga ke 4. Pada usia tersebut, umumnya harga kelinci sudah mencapai hingga 80 ribuan per ekor. Lumayan bukan?

Baca Juga  Suka Menjahit? Buka Jasa Jahit Aja!

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan budidaya ternak kelinci. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua para pembaca, terutama untuk seseorang yang ingin memulai bisnis peternakan kelinci.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here