Temukan Indikasi Korupsi Dana Desa, SMS ke Sini

5
22097

BERDESA.COM – Besarnya dana desa sekarang initerus menjadi sorotan. Pasalnya, dana itu sangat rentan terhadap penyalahgunaan. Bukan rahasia lagi, selama ini sebagian pemerintah desa sangat tertutup mengenai penggunaan dana desanya.

Tidak adanya transparansi dan sosialisasi mengenai pemanfaatan dana desa ini salahsatu pemicu terjadinya korupsi dana desa. Di sisi lain, masyarakat desa masih dilekati ewuh-prakewuh yang kuat. Apalagi jika menyangkut kepala desa yang dianggap sebagai elit desa yang ditakuti.

Namun kini, untuk urusan dana desa fenomena penggunaan dana yang tertutup dan ewuh-prakewuh harus segera diakhiri. Pemerintah sudah membentuk Satgas Dana Desa yang bakal menindaklanjuti pengaduan masyarakat mengenai dana desa. Tapi bagaimana cara melaporkannya?

Selain menyiapkan pasukan Satgas Desa, Kemendesa PDTT juga sudah membuka saluran public beriba SMS Center 087788990040 atau 081288990040. Jika ada warga yang menengarai adanya aroma korupsi atau penyalahgunaan dana desa dalam berbagai tahap, langsung saja SMS ke nomor itu. Setelah mendapatkan SMS, pihak Satgas bakal segera melakukan tindakan menanggapi.

Baca Juga  Dua Desa di Probolinggo Bakal Jadi Percontohan Nasional Dana Desa

Tetapi jangan sembarang pula sembarang menuduh adanya tengara korupsi di desa Anda. Dalam laporan Anda, harus pula disertakan berbagai indikasi yang kuat mengarah pada kemungkinan terjadinya tindakan korupsi. Bukan asal menuduh, apalagi karena dilatari ketidaksukaan secara personal misalnya.

Data dari Kemendesa menyebut, sepanjang 2016-2017 sudah skeitar 7000 aduan ditindaklanjuti. Sebagian sudah dilanjutkan ke ppihak yang berwajib. Namun lagi-lagi, sebagian laporan ternyata masih sebatas salah pemahaman saja. Karenanya Kementerian meminta agar warga desa tidak gampang menuduh dan melakukan kriminalisasi terhadap data yang belum di verifikasi kebenarannya.

Kemendesa sekarang ini sedang menyusun pasukan baru waktu Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) dana desa. Tak tanggung-tanggung, Kemendesa bekerjasama dengan KPK, polisi dan kejaksaan sekaligus dalam kegiatan ini. Namun meski sudah dikawal oleh lembaga-lembaga hokum, tetap saja pengawasan dana desa yang paling efektif sesungguhnya adalah pengawasan dari warga desa sendiri

Namun demikian, hadirnya berbagai lembaga pengawasan terhadap penggunaan dana desa jangan sampai membuat para kepala desa merasa takut menjalankan kegiatannya menggunakan dana desa. Yang terpenting adalah mengikuti regulasi yang ada dan melakukan transparansi menyangkut keuangan yang digunakan. Banyak desa kini memanfaatkan media social untuk menyampaikan laporan keuangan desa sehingga setiap orang kini bias mencermati kegiatan desa khususnya penggunaan anggaran.

Baca Juga  Tekad Dan Kerja Keras Sebagai Modal Penting Bagi Pembangunan Desa

Selain membangun transparansi, model transparansi yang unik ini bakal menumbuhkan kesadaran pentingnya partisipasi warga desa terhadap pembangunan desa. Soalnya, apapun yang dilakukan desa sesungguhnya bertujuan membangun kesejahteraan hidup warga. (aryadji/berdesa)

5 KOMENTAR

  1. Untuk rakyat kecil seperti kami ini dengan adanya covid-19, perekonomian semakin sulit.
    Pemerintah juga adakan dana, iya sudah sampai tapi untuk yg memiliki kartu PKH saja.
    Sedangkan untuk saya ini tidak bisa dapat.
    Pada hal setau saya ada juga yg tidak tepat sasaran, seperti anaknya yg sudah tidak lagi bersekolah masih dapat dana itu .Rumahnya juga bagus perekonomian mereka juga baik tak berat lagi dengan tanggungan anak yg sudah besar dan bekerja dan memiliki gaji. Mohon adillah sedikit, adakan juga pemeriksaan ulang dan cek kelapangan langsung

      • Coba di adakan surve lagi,,semua amburadul,dana tidak tepat.sasaran,blt dan bantuan lainya tidak tepat sasaran,,di desa saya mayoritas yang dapat bantuan anggota/saudara dari oknum pejabat desa itu sendiri,,ada indikasi manipulasi data ,,mohon bentuk team yg solid jangan mengandalkan oknum perangkat desa,,mereka semua pemain sinetron

  2. Disini sekampung saja kami tidak mendapatkan seperti apa yg dijanjikan . padahal kami sudah memasukkan ktp dan kk sebanyak 10 kli. Namun belum keluar juga sedangkan kampung sebelah sdh dapat.
    Bukan hnya itu desa kmi ini entah pemimpin ya atau rt setempat yg korup
    Tolong bantuannya lihat desa kami .tolong selidiki ini sangat menggaljal bagi sya dn yg lainnya .
    Namun kmi tidak bisa berbuat apa”
    Tolong bantuannya
    Alamat bojonegoro
    Kab. Bojonegoro
    Kec. Dander
    Desa . sumberarum
    Dk. Guo sumur
    Rt 11/31

  3. Aku tinggal di Jakarta Utara RT 008 RW 03 kelurahan Sukapura – Cilincing .tolong di usut RT nya pak jokowi.aku ngumpulin data buat dapat sumbangan dari pak jokowi.giliran pembagian sembako gak dapat padahal waktu aku datang kerumah RT masih banyak sembako nya tapi kata perangkat RT habis.tolong di tindak lanjutin pak Jokowi. RT gak kali ini aja curang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here