Tebing Breksi, Transformasi dari Tambang Menjadi Tempat Wisata Favorit

0
371

Tidak pernah ada yang terpikirkan bahwa sebuah bekas tambang akan menjadi destinasi wisata yang sungguh indah. Tapi itulah yang terjadi di daerah Sambirejo, Sleman, Yogyakarta. Sebuah bekas tambang batu kapur disulap menjadi destinasi wisata yang sungguh mewah.

Berawal dari penghentian aktivitas tambang ini pada tahun 2014, lahan yang tadinya Sultan Ground ini beralih fungsi menjadi tempat untuk berwisata. Status tanahnya pun sudah dihibahkan sebagai tanah kas desa. Sehingga pihak desa bersama warga dapat memanfaatkan lahan ini semaksimal mungkin untuk kemajuan mereka. Dengan ini pun, warga dapat menjadi warga yang mandiri.

Keindahan dan kemegahan tebing-tebing batuan kapur diiringi dengan lampu-lampu yang menghiasi pada malam hari sungguh menghipnotis mata para wisatawan. Dari situ, Tebing Breksi ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan ketika siang hari yang sangat panas, para wisatawan tetap antusias berswafoto bersama anggota keluarga mereka. Pada tengah pekan total pengunjung Tebing Breksi mencapai 5 ribuan orang. Lalu, pada akhir pekan, total pengunjung bisa naik sampai 3 kali lipat. Kadang kala, para pengelola harus menolak rombongan wisatawan baru jika lahan parkir yang tersedia sudah penuh.

Baca Juga  4 Langkah Promosi Produk Lokal Melalui Desa Wisata

Menurut pengelola kawasan wisata Tebing Breksi, pemasukan yang masuk bisa naik sangat drastis. Hal itu juga membawa dampak baik ke warga sekitar. Saat dulu masih berfungsi sebagai tambang, Tebing Breksi hanya bisa meresap lowongan pekerjaan sebanyak 45 orang saja, itupun mereka mendapat upah yang tidak terlalu tinggi. Sekarang, setelah transformasi ini, Tebing Breksi menyediakan pekerjaan bagi 400an lebih warga sekitar Tebing Breksi. Hal ini berdampak pada pekerjaan warga yang sangat variatif. Warga juga menjadi berani untuk berdiri sendiri untuk membuka usaha baru.

Tebing Breksi ini patut dijadikan contoh bagi daerah-daerah lain untuk memanfaatkan potensi-potensi yang ada di desa mereka. Tidak ada yang menyangka saat itu kalau tambang batu kapur dapat berubah dan menjadi tempat favorit untuk berwisata. Semoga dengan naiknya wisata Tebing Breksi ini, akan lahir tempat-tempat wisata baru yang tak kalah indahnya dengan pengelola-pengelolal baru dari desa-desa.

Sumber Gambar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here