Survei Pasar untuk Gali Potensi Desa

2
478

Pengembangan sebuah usaha mempersyaratkan adanya analisa pasar untuk mengetahui peluang dan tantangan yang dihadapi produk atau jasa yang akan kita kembangkan. Cara
ini disebut sebagi survei pasar.

Survei pasar adalah kegiatan penelitian/riset yang dikemas dengan cara sederhana dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan, harapan konsumen/selera konsumen terhadap sebuah produk (bisa barang/jasa) yang akan diproduksi atau disediakan oleh warga desa. Dengan mengetahui jenis barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen maka desa dapay mengembangkan produk atau jasa yang diinginkan pasar (konsumen yang dibidik). Survei pasar harus dilakukan ketika memulai sebuah usaha, memiliki produk baru atau ketika kita berencana memperbesar skala usaha.

Riset survei pasar ini bisa dilakukan dalam bentuk survei, memberikan sampel/promosi sekaligus wawancara atau melalui iklan. Secara teknis, survei dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk melakukan wawancara dengan konsumen dan pedagang.

Ada langkah-langkah dalam melakukan survei pasar, berikut adalah caranya:

  1.  Perencanaan SurveiBuatlah rencana atau desain Survei pasar dengan menentukan tujuan informasi yang akan didapat, cara melakukan (metode), narasumber dan responden yang akan diwawancarai (jumlah dan kualitasnya), jadwal, biaya, lokasi, dll
  2. Bentuk Tim Kerja
    Lakukan pembagian kerja dengan tim yang melakukan survey.
  3. Wawancara
    Lakukan pengumpulan data dan catat hasil survey yang memudahkan analisanya.
  4. Buat Lembar Kerja
    Untuk mempermudah penggalian data, bantu buatkan form pertanyaan atau daftar pertanyaan kunci.
  5. Diskusi Tim
    Diskusikan temuan tersebut dan buat rencana yang realistis terhadap usaha sesuai tujuan melakukan survey pasar.
Baca Juga  Begini Cara Mengganti Direktur BUMDes

Survei pasar untuk gali potensi desa sehingga akan meminimalisir kegagalan usaha dan akan memastikan bahwa produk atau jasa yang kita buat akan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal itu akan sangat bermanfaat pada kesuksesan dan kelancaran Bumdes. Sehingga kegiatan survei pasar ini sangat dianjurkan untuk dilakukan. Memang tidak akan mudah dan akan membutuhkan banyak tenaga, akan tetapi hasil yang didapat akan sangat berharga. Tidak akan ada kejadian lagi dimana Bumdes ingin menjalankan bisnis perikanan sedangakan tidak ada konsumennya di daerah Bumdes beroperasi.

Jadi ayo susun dan lakukan survei pasar untuk gali potensi desa!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here