Berikut Sumber Peluang Usaha dan Cara Menggalinya

0
415
Sumber Peluang Usaha

Peluang atau opportunity merupakan sebuah kesempatan yang muncul dari kejadian atau peristiwa tertentu. Begitu juga dengan peluang usaha yang dapat muncul dari berbagai kejadian dan cara, baik kesempatan yang dimanfaatkan, ide ataupun inspirasi. Sumber peluang usaha pun bisa berasal dari diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar.

Namun secara umum, peluang usaha bisa muncul karena dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal sendiri adalah faktor yang berasal dari diri seseorang, dan biasanya akan muncul karena pengaruh beberapa faktor berikut:

  • Pengetahuan
  • Intuisi atau pemikiran diri sendiri
  • Pengalaman yang dialami diri sendiri
  • Pengalaman orang lain.

Sementara faktor eksternal merupakan sumber peluang usaha yang muncul dari orang lain. Faktor eksternal juga bisa dipengaruhi oleh beberapa hal berikut:

  • Pemikiran untuk menciptakan hal baru
  • Kesulitan yang kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari
  • Permasalahan yang sedang dihadapi
  • Kebutuhan yang bukan terpenuhi, baik oleh diri sendiri ataupun orang lain.

Faktor internal dan eksternal tersebut kemudian akan menjadi sumber ide peluang usaha. Dalam praktiknya, faktor internal dapat berperan menjadi subjek, dan faktor eksternal berperan menjadi objek.

Macam-Macam Sumber Peluang Usaha

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika sumber peluang usaha bisa berasal dari diir sendiri, orang lain ataupun lingkungan sekitar. Namun sumber ini tidak bisa Anda dapatkan begitu saja, melainkan harus diperoleh dengan mencarinya. Dengan mengenali empat macam sumber peluang bisnis/usaha berikut, Anda bisa lebih mudah menggali potensi yang dimiliki dari sebuah ide maupun keahlian.

  1. Peluang dari Diri Sendiri

Begitu banyak orang yang tidak sadar dengan peluang usaha yang bisa dihasilkan dari dirinya sendiri. Rasa takut akan kegagalan dan tidak percaya diri menjadi faktor utama mengapa banyak orang yang melewatkan peluang usaha dari dirinya sendiri. Alhasil Anda tak bisa merealisasikan peluang usaha tersebut.

Namun cobalah untuk melawan rasa tidak percaya diri dan ketakutan tersebut dengan optimisme, bahwa Anda dapat membangun sebuah usaha yang sukses. Rasa percaya diri dan keberanian juga harus mulai dipupuk sejak dini untuk membangun sebuah usaha. Mengapa hal ini penting? Berikut beberapa alasannya:

  • Untuk mengembangkan bisnis proses yang dibutuhkan cukup panjang.
  • Komitmen dan konsistensi sangat dibutuhkan dalam membangun bisnis.
  • Bisnis bukan hanya menjalankan usaha, namun juga menyelesaikan berbagai problematika, sehingga dibutuhkan pengetahuan, ketrampilan, keahlian dan kreativitas.
Baca Juga  5 Peluang Usaha di Kampung yang Praktis dan Bisa Dijadikan Ladang Uang

Sumber peluang usaha dari diri sendiri ini bisa Anda dapatkan dari hobi, keahlian dan juga pengetahuan.

  1. Peluang Usaha dari Lingkungan

Banyak pengusaha yang gagal dalam membangun bisnisnya karena salah memilih bidang usaha. Padahal jika dilihat lebih jeli, ada begitu banyak ide usaha yang bisa Anda dapatkan dari lingkungan sekitar. Memilih usaha yang sesuai dengan kondisi lingkungan juga memiliki potensi sukses lebih besar.

Sumber peluang usaha dari lingkungan ini bisa didapatkan dari permasalahan yang sedang terjadi di daerah tersebut, obrolan dengan warga setempat, atau bisa juga muncul ketika Anda mengunjungi suatu tempat dan melihat kondisi lingkungannya. Selain itu, Anda juga bisa masuk dalam sebuah komunitas untuk mendapatkan ide-ide usaha yang menarik.

Beberapa sumber tersebut dapat menuntun Anda menjalankan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

  1. Peluang Usaha dari Informasi

Perkembangan dunia teknologi saat ini sangat membuat masyarakat untuk mengakses berbagai informasi secara cepat dan akurat. Segala macam informasi bisa didapatkan melalui berbagai media. Termasuk informasi peluang usaha yang bisa Anda jalankan dan tekuni.

Baca Juga  5 Ciri Peluang Usaha Yang Potensial Untuk Mendatangkan Keuntungan

Berbagai media seperti televisi, media sosial, radio, koran, majalah dan lain sebagainya akan banyak membagikan peluang usaha menarik. Sumber peluang usaha yang didapatkan melalui informasi dari media ini biasanya termasuk ide-ide yang sesuai dengan trend masyarakat masa kini.

Sebagai contoh, pada media sosial Anda banyak menemukan konten yang membagikan peluang usaha makanan. Maka Anda pun mencari tahu jenis makanan apa yang sedang banyak digemari masyarakat, bagaimana proses pemasaran dan lain sebagainya.

  1. Peluang Usaha dari Perubahan yang Terjadi

Perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitar juga bisa menjadi sumber peluang usaha yang menarik. Sebut saja, ketika terjadi perubahan peraturan Pemerintah, perubahan gaya hidup dan pergantian musim. Setiap perubahan tersebut memberikan peluang usaha yang begitu banyak.

Contohnya, ketika terjadi perubahan gaya hidup masyarakat dari hobi belanja ke mall menjadi belanja online. Maka Anda bisa mengambil peluang usaha dengan membuka toko online.

Beberapa sumber peluang usaha di atas harus terus digali, sehingga Anda bisa mendapatkan ide yang sesuai dengan passion, skill Anda dan kebutuhan masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here