10 Strategi Pemasaran UMKM Yang Bisa Kamu Terapkan

0
93
Strategi Pemasaran UMKM

Istilah UMKM bukanlah istilah baru yang tabu untuk didengar dan di ketahui. Istilah ini sangat familiar sebab Indonesia sendiri termasuk negara dengan jumlah UMKM lebih dari 50%. UMKM bisa dikatakan sebagai istilah yang diperuntukkan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Di dalamnya terdapat pengusaha-pengusaha yang menjadi penopang perekonomian. Maka wajib hukumnya bagi pengusaha untuk menguasai strategi pemasaran UMKM.

Kemajuan teknologi tentu sedikit banyak mempengaruhi perkembangan UMKM itu sendiri. Para pengusaha mau tidak mau harus ikut beradaptasi agar usahanya tetap berjalan. Hal ini bukan perkara bisa atau tidak bisa. Bisa dikatakan bahwa teknologi menjadi tombak penting bagi kemajuan UMKM.

Kita tahu bahwa pengguna media sosial juga semakin meningkat. Bahkan era digital seperti saat ini setidaknya media sosial efektif membantu para pengusaha UMKM untuk terus berkembang. Maka munculah beberapa e-commers sebagai wadah bagi para UMKM dalam menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman dan juga teknologi.

Daftar Strategi Pemasaran UMKM Terbaik

Dalam berbisnis tentu tidak hanya berbicara soal modal dan keuntungan. Tidak juga membahas keuntungan hingga kerugian yang mungkin saja akan ditemui. Bahkan, kita juga perlu membahas tentang strategi pemasaran UMKM agar usaha yang digeluti bisa punya usia yang panjang.

  1. Produk Yang Menarik

Saat memikirkan akan terjun dalam berbisnis UMKM terutama usaha rumahan, maka hal yang perlu jadi perhatian adalah penentuan sebuah produk. Pikirkan produk yang menarik dan juga dapat dipasarkan dengan mudah. Tidak cuma menarik, jika kamu ingin membuat pelanggan terus merasa penasaran, maka produk tersebut juga harus unik dan bermanfaat.

  1. Pahami Target Pasar

Seorang pebisnis juga harus memikirkan tentang target pasar. Ini sangat penting karena kamu akan tahu apa yanh diinginkan oleh calon konsumen. Apakah Ia anak-anak, dewasa laki-laki atau dewasa perempuan. Atau bisa juga produk untuk general segala usia. Tentu ini akan sangat berkaitan dengan jenis produk nantinya.

  1. Kemasan Yang Unik

Konsumen biasa tertarik pada tampilan kemasan. Kita tidak bisa bantah bahwa penampilan menjadi daya pikat utama terutama untuk sebuah produk jualan. Maka dari itu, sangat penting untuk mempelajari cara mengemas produk yang baik, aman dan juga menarik perhatian konsumen.

  1. Lakukan Promosi Yang Tepat

Produk akan tetap berada di etalase jika kamu tidak bergerak untuk memasarkannya. Agar dikenal banyak orang maka perlu melakukan upaya promosi yang dekat dengan konsumen. Bisa dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Sebab kita tahu bahwa peran media sosial sangat cepat dalam meningkatkan jumlah konsumen untuk berbelanja.

  1. Tonjolkan Kelebihan Produk

Startegi pemasaran UMKM yang satu ini sangat erat kaitannya dengan promosi dan juga penyediaan produk. Kita pahami bersama bahwa tidak ada produk yang tidak ada samanya. Dalam kata lain, produk yang kita jual bisa saja sama dengan produk orang lain. Tugas kita selaku pebisnis adalah menonjolkan kelebihan produk yang kita miliki. Ini harus bisa disampaikan saat melakukan promosi agar konsumen paham, tahunserta tertarik untuk mencobanya.

  1. Servis Konsumen

Istilah pembeli adalah raja kerap memang benar. Hal ini dimaksudkan agar sebagai pemilik usaha, kita mampu memberikan pelayanan terbaik. Pada dunia bisnis tentu akan ada komunikasi serta interaksi. Maka tindakan dalam memberikan informasi terbaik terkait produk haruslah dapat membuat konsumen merasa aman, nyaman serta menumbuhkan rasa percaya.

  1. Buka Peluang Jaringan

Istilah networking juga tidak pernah jauh dari dunia bisnis. Networking atau jaringan memang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha. Dengan demikian sayap bisnis mampu melebar kemana saja. Ini sangat penting dalam peningkatan wilayah promosi. Bahkan dengan membuka peluang jaringan, maka produk akan jauh lebih dikenal secara luas.

  1. Lakukan Pendekatan Pada Konsumen

Salah satu strategi pemasaran UMKM yang tidak kalah jitu adalah melakukan pendekatan pada konsumen. Hal inu erat kaitannya dengan aktivitas promosi. Ada banyak tipe konsumen yang bisa kita pelajari karakternya. Kita bisa melakukan pendekatan layaknya teman. Dengan begitu, konsumen tidak merasa di buru untuk berbelanja. Mereka akan merasa nyaman saat hendak mengunjungi lapak dagangan.

  1. Membuat Website Produk

Cara tepat lainnya adalah dengan menyediakan website produk. Pada website akan berisi informasi produk beserta harga. Selain itunm kamu juga dapat memberikan informasi terkait cara berbelanja. Ini sangat efektif untuk menjangkau pembeli yang berasal dari berbagai daerah. Tampilan produk pada website sangat memudahkan konsumen menemukan apa yang mereka cari.

  1. Konsisten Dalam Penerapan Strategi

Langkah selanjutnya adalah kamu harus bisa menerapakan semua strategi di atas secara konsisten. Konsisten atau disiplin pada dunia bisnis menjadi parameter kesuksesan nantinya. Jika hal ini terus dilakukan, maka lambat laun akan menjadi identitas diri. Selain itu, ini juga bakal menjadi kelebihan yang bisa jadi merupakan alasan konsumen memilih berbelanja produk yang kamu punya.

Baca Juga  UMKM Online yang Bermanfaat untuk Menambah Target Market

Memang bukan perkara gampang untuk mengurusi sebuah usaha bisnis. Tidak hanya soal punya barang dan menawarkannya saja. Jauh dari itu semua, seorang pebisnis juga harus mengenali produknya sendiri. Mulai dari keunggulan hingga kekurangannya. Inilah yang kemudian menjadi patokan ketika hendak menerapkan strategi di atas.

Sebagai pebisnis UMKM, kamu tidak hanya dituntut bagaimana cara menghabiskan produk. Sudah sepatutnya juga mempelajari cara menentukan komoditas yang mempunyai value tinggi. Kamu juga dituntut untuk terus beinovasi serta berkreasi. Mengingat pertumbuhan dunia bisnis begitu pesat, baik yang makro maupun ukuran UMKM. Persaingan begitu ketat terutama dalam hal melakukan promosi serta memberikan pelayanan terbaik.

Hampir setiap hari akan ada penambahan jumlah UMKM. Jika strategi pemasaran UMKM sendiri tidak dapat dikuasai, maka akan sangat sulit untuk melakukan persaingan. Jangankan persaingan, untuk bertahan dalam jangka waktu lama pun mungkin akan banyak kendala. Maka sangat perlu ilmu dan juga inovasi terbaik dalam menjalankan bisnis.

Berbisnis tidak hanya berbicara soal menjual produk saja. Ada banyak hal yang harus dipelajari. Mulai dari pemilihan produk, penentuan target pasar, cara memasarkan produk, cara mendapatkan orderan berulang, cara berjualan yang baik, cara memanfaatkan media sosial untuk bisnis dan masih banyak ilmu bisnis lainnya.

Baca Juga  Jenis Jenis UMKM yang Paling Banyak Dijalani di Indonesia

Meski termasuk sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah, ilmu-ilmu bisnis wajib untuk diketahui. Dengan demikian, akan sangat mudah juga untuk menerapkan kesepuluh strategi di atas. Di mana semuanya sangat berkaitan satu sama lain dalam meningkatkan laju penjualan.

Nah, daftar strategi pemasaran UMKM di atas bisa jadi rekomendasi terbaik dalam menjalankan bisnis. Apapun produknya sangat memungkinkan untuk menerapkan strategi di atas. Setidaknya, poin-poin tersebut bisa dijadikan haluan untuk memastikan usaha UMKM berjalan dengan baik. Terlepas dari itu semua, jangan lupa tanamkan kejujuran serta keramahan dalam setiap usaha. Dengan demikian, konsumen akan dengan mudah menaruh rasa percaya terhadap usaha yang kita geluti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here