Siapa Saja Yang Masih Berkerja Diluar Rumah Saat Pandemi Covid-19 ?

0
537
berkerja diluar rumah saat Covid-19

Sejak pertama diumumkan oleh Presiden Joko Widodo bahwa di Indonesia telah ada 2 pasien terjangkit virus corona (covid-19) pada 2 Maret 2020, masyarakat telah dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Puncaknya pada Minggu ke-2 bulan Maret, dimana jumlah pasien positif covid-19 terus meningkat diikuti dengan kasus kematian yang terjadi di Kota Solo membuat Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota menganjurkan semua aktifitas dilakukan dari rumah.

Masyarakat diperbolehkan keluar rumah hanya pada kondisi yang sangat mendesak saja meskipun ada beberapa profesi yang mengharuskan untuk berkerja diluar rumah saat Covid-19. Berbagai kebijakan dan himbauan dikeluarkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penularan virus ini, mulai dari kebijakan meliburkan semua sekolah dan perguruaan tinggi dan melakukan proses belajar mengajar dari rumah, menutup objek wisata, himbauan Work From Home (WFH) dan #dirumahaja.

Tetapi kita tidak dapat menutup mata bahwa masih banyak pekerja yang harus tetap berkerja diluar rumah saat Covid-19. Banyak pekerja harian yang berada pada kondisi jika tidak melakukan pekerjaannya di luar rumah tidak akan mendapatkan uang untuk makan dan pekerjaannya pun tidak mungkin dikerjakan dari rumah. Mereka semua adalah orang-orang yang paling beresiko terinfeksi virus covid-19. Nah siapa sajakah mereka dan apa saja tindakan dan dampak yang dilakukan selama pandemi covid-19 ini?

Baca Juga  Inspirasi Usaha Desa: Bisnis Ternak Ayam Petelur

1. Tim Medis

berkerja diluar rumah saat Covid-19

Tim Medis adalah yang sudah pasti tidak bisa bersantai dan melakukan WFH. Dokter, perawat, hingga bidan pun harus siap siaga 24 jam di Rumah Sakit jika sewaktu-waktu ada pasien yang darurat dengan gejala covid-19. Tidak dapat dipungkiri tenaga kesahatan adalah ujung tombak perlawanan terhadap virus ini.

Mereka semua rela meninggalkan rumah berhari-hari untuk membantu para pasien positif covid-19 agar bisa pulih kembali. Melihat jasa dan pengobanan yang begitu besar dari tim medis ini, jangan sampai kita menambah beban tugas mereka dengan tidak mentaati himbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja jika tidak dalam keaadaan mendesak, karena semakin luas virus ini menyebar akan membuat beban kerja tim medis semakin berat.

2. Petugas Kebersihan

berkerja diluar rumah saat Covid-19

Petugas kebersihan juga salah satu pekerjaan yang menjadi garda terdepan pencegahan virus covid-19. Seperti diketahuai untuk melawan virus covid-19 kita harus menjaga pola hidup bersih dan sehat. Tidak dapat dipungkiri sudah pasti petugas petugas kebersihan menjadi salah satu yang membantu kita untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga  Informasi Lengkap Seputar Ekonomi Masyarakat Desa

Salah satu #TemanDesa yang bertugas sebagai petugas kebersihan, Ardya menceritakan bahwa meskipun sangat khawatir dan was-was ketika keluar rumah untuk menjalankan tugas, namun ia tetap harus berangkat ke lokasi kerjanya karena jika tugasnya tidak dikerjakan kemungkinan penyakit lain akanĀ  juga akan meyebar seperti demam berdarah atau diare.

3. PedagangĀ 

berkerja diluar rumah saat Covid-19

Pedagang kaki lima dan pedagang keliling juga sangat terpukul akan terjadinya pandemi covid-19 ini, mereka adalah pekerja harian yang tidak dapat meninggalkan pekerjaannya karena jika tidak berangkat bekerja tidak akan ada pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tidak jauh berbeda dengan pengemudi ojek online.

Kegiatan mereka semua berhubungan erat dengan banyak orang baru dan pekerjaan di luar rumah. Pekerja-pekerja ini harus lebih diperhatikan karena selain menjadi orang-orang yang paling rentan terinfeksi virus juga yang paling terpukul dari sisi ekonomi.

Tidak hanya perhatian pemerintah, perhatian kita sebagai sebagai saudara sebangsa dan setanah air sangat dibutuhkan. Minimal dengan membantu tetangga terdekat kita terlebih dahulu. Jadi, untuk #TemanDesa yang bisa WFH tanpa perasaan was-was jangan lupa bersyukur dan tetap #dirumahaja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here