Semangat Sumpah Pemuda di Jaman Sekarang

0
47

Sumpah Pemuda selalu diperingati pada tanggal 28 Oktober. Bagi bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi untuk bersatu meskipun berasal dari daerah atau suku yang berbeda-beda. Pemuda-pemudi Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

PERTAMA.

MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE,
TANAH INDONESIA.

KEDOEA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,
MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,
BANGSA INDONESIA.

KETIGA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,
MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN,
BAHASA INDONESIA.

Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan) sambil berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini), yang kemudian Soegondo membubuhi paraf setuju pada secarik kertas tersebut, kemudian diteruskan kepada yang lain untuk paraf setuju juga. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.

Baca Juga  5 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online Dengan Copywriting

93 tahun yang lalu Sumpah Pemuda ini digelorakan untuk membantu para pemuda-pemudi Indonesia untuk bersatu memperjuangkan kemerdekaan. Lalu untuk zaman sekarang ini, semangat apa yang bisa diambil bagi para pemuda-pemudi? Semangat Sumpah Pemuda untuk zaman sekarang bisa menjadi penyemangat para pemuda-pemudi untuk berbuat bagi bangsa dan sesama. Seperti halnya  pemuda-pemudi ini. Mereka bisa menjadi contoh bagaimana semangat Sumpah Pemuda hidup di hati mereka.

Seorang pemuda bernama Akbar, menjadi seorang pengusaha muda sukses yang bisa menjadi inspirasi bagi pemuda-pemudi lainnya. Di umur yang ke-31, dia berhasil menciptakan sebuah lapangan pekerjaan yang besar yang bisa meningkatkan ekonomi bagi warga sekitar. Akbar mendirikan Magot Putra Tangerang sebuah perusahaan yang bergerak di bidang budidaya magot. Siapa sangka, mahluk yang mungkin mengerikan dan menjijikan bagi banyak orang bisa membawa berkah kesuksesan.

Awalnya Akbar adalah seorang pekerja di sebuah perusahaan Event Organizer. Namun pandemi COVID-19 membuat pekerjaannya tidak karuan karena tidak ada satu acara atau event yang dapat diselenggarakan. Dari situlah dengan semangat seorang pemuda, ia bisa bangkit dan memulai usaha magot. Akbar adalah salah satu contoh saja bagaimana semangat Sumpah Pemuda menginspirasi banyak pemuda-pemudi untuk bisa berkontribusi bagi dirinya, sesama dan negara.

Baca Juga  Setahun Berjalan, Bagaimana Progres Penggunaan Kartu Tani?

Kalau #temanberdesa apa inspirasi yang kalian dapat dari Sumpah Pemuda di zaman sekarang?

Referensi

1. https://nasional.kontan.co.id/news/sejarah-dan-teks-sumpah-pemuda-yang-diperingati-28-oktober-2021

2. https://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda

3. Asumsi 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here