Rumah Digital Indonesia, Meriahkan 17-an secara Virtual

0
43

Bulan Agustus biasanya identik dengan festival-festival yang bertemakan kemerdekaan. Baik dari skala kecil sampai yang nasional akan selalu ada festival yang menghiasi di bulan Agustus. Sayangnya untuk tahun ini festival-festival ini tidak dapat dilaksankan seperti biasanya. Covid-19 masih menjadi momok yang penghalang yang besar.

Namun pandemi ini tidak akan bisa menghilangkan semangat kita untuk memeriahkan bulan kemerdekaan ini. Pada tanggal 1 Agustus 2021 kemarin, Pemerintah membuka Rumah Digital Indonesia(RDI), yang dimana ini pertama kali hadir sebagai festival virtual kemerdekaan pertama di Indonesia.

Rumah Digital Indonesia akan memiliki dua acara utama, yaitu Acara Pembuka dan Acara Puncak. Dikarenakan hadir sebagai festival virtual kemerdekaan pertama di Indonesia, Rumah Digital Indonesia menyuguhkan berbagai hal unik dan baru. Para pengunjung bisa menjelajahi seluruh arena virtual secara 360 derajat.

Acara pembukaan Rumah Digital Indonesia berlangsung pada 1 Agustus 2021 mulai pukul 15.00 WIB. Sementara itu, acara puncak perayaan kemerdekaan diadakan pada tanggal 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 WIB. Masyarakat di seluruh Indonesia dapat menyaksikan Rumah Digital Indonesia secara virtual atau daring melalui website rumahdigitalindonesia.id yang mulai dapat dikunjungi secara gratis mulai tanggal 1-31 Agustus 2021.

Baca Juga  Tips Pengelolaan Manajemen Keuangan untuk UKM

Terdapat banyak rangkaian yang dapat diikuti oleh pengunjung diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Panggung Nasional
    Panggung Nasional adalah panggung utama di RDI di mana akan berlangsung puncak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dengan menampilkan rangkaian acara:
  • Tanggal 1 Agustus 2021: Pembukaan oleh Presiden RI Joko Widodo, Bincang Bangsa, dan Konser Kolaborasi Nusantara.
  • Tanggal 16 Agustus 2021: Upacara detik-detik proklamasi, Pidato Kenegaraan, Selebrasi Kemerdekaan, dan Komedi Lokal.

2. Arena Perlombaan 17-an
Di sini, masyarakat bisa mengikuti perlombaan khas 17-an secara virtual.

3. Ruang Seni dan Budaya
Dalam ruangan ini, masyarakat bisa menikmati berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya Indonesia dari masyarakat umum, antara lain berupa: Tarian nuansa Nasional & kedaerahan, pembacaan puisi & syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik nuansa daerah & Nasional.

4. Ruang Komunitas
Dalam Ruang Komunitas, masyarakat bisa menikmati beragam konten perayaan unik kemerdekaan yang melibatkan masyarakat di segmen “Cerita Kemerdekaan”. Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses fitur filter foto perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan filter Rumah Digital Indonesia.

Baca Juga  Disain Dana Desa 2018 Bakal Berbeda

5. Pasar Lokal
Di sini produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan marketplace karya anak bangsa ditampilkan. Para pengunjung dapat membeli juga produk-produk UMKM yang dipamerkan di sini.

6. Ruang Literasi Digital
Ruang Literasi Digital menghadirkan berbagai konten yang mengajak masyarakat memanfaatkan internet untuk kegiatan positif dan produktif, sehingga bisa menciptakan ruang digital yang menyenangkan, penuh ilham, namun tetap aman dan beretika, di tengah hadirnya konten-konten negatif seperti penipuan digital, penyebaran hoaks, perjudian online, perundungan, kecanduan, dan berbagai tantangan lainnya.

7. Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia
Sebuah peta interaktif dengan berbagai informasi per-provinsi, yaitu destinasi wisata, kuliner khas daerah dan Wajah Indonesia sebagai sosok pahlawan lokal yang telah berbuat sesuatu yang luar biasa dan berdampak bagi daerahnya.

Mari kunjungi Rumah Digital Indonesia dan ikut meriahkan suasana kemerdekaan ini secara virtual. Informasi selengkapnya kunjungi website rumahdigitalindonesia.id dan Instagram @rumahdigitalindonesia.id

Referensi. 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here