Reksonet, Kisah Inspiratif dari BUMDes Rekso Mandiri, Reksosari

0
48

Pandemi yang masih kita rasakan hingga sekarang ini masih mengharuskan banyak kegiatan yang tadinya dapat berlangsung secara tatap muka harus diadaptasikan menjadi virtual. Nah pastinya, ada kebutuhan yang tidak dapat terlepas nih agar kelancaran aktivitas untuk mengakses internet secara pribadi di rumah berjalan lancar, yang tidak lain adalah fasilitas internet itu sendiri. Sedangkan dari sisi ekonomi, masyarakat sedang menekan biaya hidup mereka. Boro-boro untuk membeli paket internet, untuk bertahan hidup saja sudah berhemat sekuat tenaga.

Untungnya, di tengah ketidakpastian dan keresahan ini.  Ada berita yang sangat menginspirasi di mana berita itu datang dari BUMDes “Rekso Mandiri” di Desa Reksosari. BUMDes Rekso Mandiri ini berhasil mendirikan dan mengelola internet desa yang dinamai “Reksonet” secara swadaya. Hebatnya lagi program fasilitas internet dari Reksonet ini sudah mampu menarik 100 pelanggan meskipun baru dibuka, seperti yang diujarkan oleh Agus Muhajir Tontowi selaku Kepala Desa Reksosari. 

Beliau juga mengatakan bahwa tujuan dari inovasi Reksonet ini untuk memudahkan warga dalam memperoleh fasilitas internet dengan mudah dan murah, terutama saat ini untuk menyokong kegiatan pembelajaran daring anak sekolah dengan harga yang sangat terjangkau yaitu hanya Rp 100.000 per rumah. Tidak hanya itu, Reksonet ini sangat menguntungkan di kedua belah pihak, karena Reksonet juga menghasilkan keuntungan bagi BUMDes, yang dalam per bulannya omzet dapat tercapai sekitar Rp 12 juta!, yang mana seperti kita tahu keuntungan BUMDes ini pasti akan dikembalikan untuk kepentingan warga desa juga.

Keren sekali ya inovasi yang dihasilkan oleh BUMDes Rekso Mandiri ini. Mereka bisa menjadi solusi di tengah permasalahan yang terjadi di masyarakat. Tak hanya itu, mereka juga bisa meraup keuntungan yang nantinya juga akan dinikmati sendiri oleh masyarakat yang berada di BUMDes Rekso Mandiri. 

Dengan inspirasi berita dari BUMDes Rekso Mandiri ini, semoga semakin banyak lagi desa-desa di Indonesia yang dapat memfasilitasi warganya dengan mengikuti jejak Reksonet ini! Menjadi solusi bagi kesejahteraan masyarakat desa. DARI DESA UNTUK DESA.

Referensi

Baca Juga  Belajar Dari BUMDes-BUMDes Yang Terbukti Berhasil Mensejahtrakan Masyarakat

harian7.com 

kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here