Program Desa Unggulan di Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat

0
623

Kerap kali, sumber daya manusia dan infrastruktur di desa diremehkan oleh berbagai kalangan. Padahal, sebetulnya, kekayaan yang ada di suatu desa jika dikembangkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Tak hanya di aspek ekonomi saja, melainkan juga di bidang sosial dan ekologi.

Ini menjadi pekerjaan rumah yang cukup besar bagi pemerintah. Untuk itu, dibutuhkan bantuan dai berbagai lembaga sosial untuk membuat program desa unggulan. Sehingga, masyarakat desa lebih berdaya dan dapat bersaing di masa globalisasi ini.

Berbagai aspek perlu diperhatikan oleh pemerintah. Sehingga, tercipta program desa unggulan untuk memberdayakan masyarakat.

Program Desa Unggulan di Bidang Ekonomi

Salah satu aspek yang sangat penting bagi masyarakat pedesaan adalah faktor ekonomi. Faktanya, jika pendapatan masyarakat rendah, maka mereka tidak bisa hidup mandiri dan sejahtera. Untuk itu, diperlukan program desa unggulan di bidang ekonomi untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan.

  • BUMDes

BUMDes merupakan usaha yang dikelola oleh Pemerintahan Desa. Dimana usaha ini sudah memiliki badan hukum. Modal usaha BUMDes berasal dari pemerintah, bantuan Pemda Provinsi, Kabupaten, atau Kota, serta tabungan dari masyarakat.

Baca Juga  Jalan-jalan ke Desa Cibuntu, Merasakan Wisata Alam Pedesaan Yang Khas

Produk BUMDes terbagi atas tiga zona, yakni zona merah bagi usaha yang berjalan tanpa mempunyai perusahaan. Ada juga zona kuning yang ditujukan bagi desa yang tengah berkembang.

Pun, ada zona hijau yang sudah mempunyai BUMDes dan berjalan sebagaimana mestinya. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah pada BUMDes diantaranya alat produksi, workshop, serta sarana prasarana.

  • UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)

Usaha perdagangan ini dikelola oleh perorangan maupun badan usaha di suatu wilayah. UMKM juga diatur dalam Undang-Undang no. 20 th 2008.

UMKM sangat membantu perekonomian masyarakat desa. Pun, sangat berpengaruh terhadap ekonomi nasional. Hal ini dibuktikan dengan adanya data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, yakni pada Sensus Ekonomi dari Badan Pusat Statistika di tahun 2016. Pada data tersebut terlihat bahwa UMKM memiliki kontribusi yang besar bagi ekonomi nasional Indonesia.

  • Wirausaha Desa dan Wisata Desa

Program desa unggulan yang lain juga termanifestasikan dengan adanya wirausaha desa. Dimana hal ini merupakan praktik inovasi desa serta daerah tertinggal untuk mengelola usaha dan bisnis. Selain itu, program juga harus mendukung enterpreneur desa.

Baca Juga  Hal Yang Dapat Dilakukan Dalam Meningkatkan Kehidupan Ekonomi Masyarakat Desa

Wisata desa juga tidak kalah penting untuk dikembangkan. Di desa dan daerah tertinggal harus ada pengembangan destinasi wisata serta rekreasi untuk mendukung ekonomi masyarakatnya.

Program Desa Unggulan di Aspek Pendidikan

Program desa unggulan tidak hanya menyentuh aspek ekonomi saja. Melainkan juga di aspek lain seperti pendidikan. Tujuan dari pemberdayaan pada pendidikan adalah untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Suatu negara akan sulit menjadi lebih maju jika sumber daya manusianya rendah.

Pendidikan yang memadai dengan sarana prasarana serta tenaga pengajar yang profesional akan membantu suatu desa untuk lebih berkembang. Terutama untuk daerah yang tertinggal.

Program Desa Unggulan di Aspek Kesehatan

Masalah utama di bidang kesehatan bagi pedesaan adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, serta petugas kesehatan yang belum mampu menghadapi penyakit serius.

Tidak hanya itu saja, masyarakat yang masih percaya pada takhayul terkait kesehatan juga menyebabkan kesehatan suatu desa sulit berkembang.

Untuk itu, salah satu program desa unggulan pada bidang kesehatan adalah dengan adanya puskesmas yang fasilitasnya memadai, adanya tenaga medis kompeten, juga penyuluhan berbagai program kesehatan.

Baca Juga  Minim Lahan? Coba Bisnis Ini

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat desa.

Program Desa Unggulan di Aspek Pertanian

Sebagai negara agraris, Indonesia didukung penuh dengan kegiatan pertanian. Hal ini dikarenakan, pertanian adalah pemasok bahan pangan yang paling utama. Sehingga, ketahanan pangan nasional pun semakin terpenuhi.

Sektor pertanian adalah cara yang bisa dilakukan supaya pemerataan pembangunan dapat teratasi dengan baik. Agar aspek pertanian semakin maju, maka harus didukung pula dengan infrastruktur serta pembangunan sosial dan ekonomi yang mumpuni.

Program Desa Unggulan di Aspek Agama

Selain kecerdasan intelektual, maka kemajuan ekonomi juga harus dibarengi dengan kemajuan spiritual. Program desa unggulan di aspek agama adalah salah satu yang membuat keseimbangan terjadi.

Untuk itu, perlu adanya tempat keagamaan yang semakin banyak, sistem pendidikan pun harus mampu menumbuhkan keyakinan agama bagi masyarakat desa.

Demikian pembahasan tentang program desa unggulan di berbagai bidang. Pastinya, desa yang maju bisa terwujud dengan keseimbangan semua program tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here