Presiden: Produk UMKM Harus ‘Menguasai’ Rest Area Tol

0
797

BERDESA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta beragam produk yang dijual di Rest Area jalur tol yang baru adalah produk-produk UMKM setempat. Untuk itu Jokowi meminta pengelola tol menggandeng UMKM-UMKM setempat agar produk lokal daerah mereka menjadi punya gerbang pemasaran.

Permintaan itu dilontarkan presiden pada saat meresmikan Tol Kartasura-Sragen, Gerbang Tol Ngemplak, Boyolali, Jawa Tegah Minggu (15/7). “ Jangan sampai titik-titik yg ada kegiatan ekonomi itu justru di kuasai oleh jenis produk asing seperti Kentucky Friend Chicken, McDonald, Starbuck dan sebagainya,” katanya pada sejumlah wartawan.

Jokowi tidak main-main, dirinya bakal langsung meminta Menteri PUPR Basuki Hadimulyono dan Menteri BUMN Rini Soemarno untuk melakukann kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota dan provinsi untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan begitu maka keberadaan jalan tol bisa memberikan kontribusi yang konkrit dalam rangka peningkatan kesejahteraan warga masyarakat sekitar jalur tol berada.

Bukan rahasia lagi diberbagai titik peristirahatan tol yang sekarang ini sudah ada, masih sangat jarang pengelola tol yang menggandeng UMKM seagai pemasok produk untuk dijual pada rest area. Umumnya, yang ada di rest area  itu adalah produk-produk luar negeri seperti KFC, McDonald dan lain-lain.

Baca Juga  Beginilah Tatacara Penganggaran Dana Desa

Alhasil tidak ada dorongan dari pengelola tol pada pelaku UMKM. Padahal, UMKM kita memiliki sangat banyak produk layak saing dengan produk-produk asing dan salahsatu caranya adalah menguasai titik-titik ekonomi seperti rest area ini.

Sikap Presiden Joko Widodo adalah wujud keberpihakan pemerintah terhadap pengembangan ekonomi desa di seluruh Indonesia. Hal ini sesuai dengan salahsatu isi Nawacita yakni membangu Indonesia dari pinggiran. Visi ini mengharuskan negeri ini untuk selalu mengupayakan potensi lokal untuk dimanfaatkan dan disodorkan pada pasar yang terbuka.

Sesungguhnya, pembangunan jalan tol, jembatan dan berbagai infrastruktur yang lain adalah kegiatan pembangunan nasional dengan fokus pengembangan ekonomi. Dengan hadirnya to maka diharapkan masyarakat menjadi bisa meningkatkan mobilitas ekonomi menjadi lebih luas karena bisa menjangkau berbagai area.

Selain tol Pemerintah juga telah membangun jalur-jalur penting di berbagai pulau seperti di Kalimantan dan Papua. Di Papua pemerintah membangun jalur Trans Papua yakni ruas jalan utama yang membelah pulau cenderawasih da menghubungkan berbagai wilayah yang selama ini tak bisa terhubung di pulau itu. (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here