Presiden Jokowi Optimis dengan Potensi Porang

0
305

Pada tanggal 19 Agustus di tengah kunjungan Presiden Jokowi ke pabrik porang di daerah Madiun, Jawa Timur, beliau mengungkapkan kepercayaannya terhadap potensi tanaman porang. Presiden Jokowi ingin Indonesia lebih meningkatkan budidaya porang dengan alasan bahwa porang akan menjadi alternatif sumber pangan di masa depan. Tapi tahukah kamu bahwa porang sebenarnya memiliki sangat banyak manfaat lain? Berikut adalah potensi porang yang jarang diketahui.

Porang adalah jenis  adalah tanaman penghasil umbi yang dapat dimakan. Porang juga sering disebut iles-iles dibeberapa daerah. Bagi yang belum mengerti potensi porang, porang sering kali dikategorikan sebagai tanaman liar dan dibiarkan saja. Padahal jika dibudidayakan, tanaman porang ini akan dapat memberikan keutungan yang besar pada pelaku budidaya.

Selama ini potensi yang sering diketahui hanyalah sebagai sumber pangan dengan dijadikan tepung porang untuk nantinya diolah lagi. Tapi ternyata porang masih menyimpan banyak potensi tersembunyi yang bisa menaikan nilai jualnya.

Beberapa perusahaan lem mulai menjadikan porang sebagai salah satu bahan baku dalam pembuatan lem. Porang diketahui mempunyai kandungan zat yang bisa mudah merekat saat dijadikan bahan lem. Selain itu porang juga dikatakan cukup kedap air. Dua faktor ini membuat permintaan porang kedepan. Dari industri kertas, porang juga dijadikan salah satu bahan karena porang memiliki tekstur yang mirip dengan kayu.

Baca Juga  Sistem Pertanian Fertigasi: Teknik Pertanian Hemat

Menurut data dari Kementerian Pertanian, dari tahun ke tahun, angka ekspor porang terus meningkat.  Bahkan pada tahun 2020, sebanyak 19.800 ton porang dapat diekspor dengan nilai Rp880 miliar. 16 Negara sudah menjadi langgangan tempat ekspor, negara seperti Tiongkok, Vietnam, dan Thailand menjadi negara tempat ekspor utama.

Saat ini berdasarkan data Kementerian Pertanian ada 20.000 hektare lahan di Indonesia yang ditanami porang. Hal ini sangat masih bisa ditingkatkan lagi dengan melihat potensinya sebagai komoditas ekspor. Ditambah bagaimana porang dapat tumbuh di berbagai macam tanah sangat mendukung peningkatan budidaya porang di seluruh daerah di Indonesia.

Melihat potensi dari porang yang sangat besar, apakah kamu tertarik untuk memulai?

Referensi: https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=4599

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here