Pingin Jadi Orang Sukses Maka Jangan Sampai Terjebak 5 Mitos Ini

0
1074

BERDESA.COM – Tahukah Anda, salahsatu penghambat Anda menjadi orang sukses adalah karena tanpa sadar Anda terjebak mitos. Misalnya mitos orang miskin bakal terus miskin atau mitos orang yang berpendidikan rendah tidak bisa menjadi orang sukses. Keyakinan seperti itu harus dibuang jauh-jauh dari pikiranmu.

Mitos adalah informasi yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah dan langung tetapi masih dipercaya kebenarannya bahkan diyakini secara turun-temurun. Akibatnya, sebagian besar orang tidak bisa mencapai langkah gemilang dalam pekerjaanya atau tidak mau merubah situasi hidupnya hanya karena mitos.

Tetapi tak mudah melenyapkan pikiran-pikiran yang memenjara pikiran rasional ini. Soalnya, sebagian besar masyarakat kita sudah terlanjur meyakini berbagai mitos sebagai bagian dari hidup mereka. Tetapi demi kebaikan hidup Anda sendiri, mitos yang tidak produktif harus anda hilangkan dari pikiran. Mitos apa sajakah yang harus dihilangkan. Ini dia 5 mitos itu:

  1. Keturunan miskin tak bisa kaya

Diakui atau tidak pikiran seperti ini banyak hinggap di kepala masyarakat kita hingga hari ini. Ketidakberdayaan ekonomi yang mendera hidup keluarganya beberapa turunan bukannya menjadi cambuk untuk berusaha keras melakukan lompatan. Sebaliknya, malah membuat orang-orang ini makin yakin bahwa mereka tidak bisa kaya soalnya orang miskin tidak boleh berpikir hal-hal besar apalagi bermimpi jadi orang kaya.

Baca Juga  Pingin Membangun Usaha Sukses dan Jadi Milyarder, Begini Langkahnya

Pemikiran seperti ini akhirnya menjadikan orang-orang itu kehilangan semangat untuk mencapai lompatan dalam hidupnya, terutama lompatan masalah ekonomi. Alhasil, mereka kembali miskin seperti leluhurnya.

  1. Pendidikan Rendah Tak Akan Pernah Sukses

Jenjang pendidikan yang rendah sering di-cap sebagai sebab-musabab yang membuat orang tidak bisa sukses. Ini pemikiran yang benar-benar salah. Sebab sesungguhnya pendidikan itu bukan hanya yang kita jalani melalui sekolah formal. Pendidikan dari kehidupan sehari-hari juga bisa menjadi pendorong kita belajar banyak hal.

Fakta di lapangan, ada banyak orang sukses meskipun berpendidikan rendah seperti hanya lulusan SD atau SMP. Beberapa diantaranya bahkan bisa melakuan hal yang luar biasa. Salahsatunya Menteri Kelautan Susi yang tidak hanya hebat membasmi kejahatan kelautan para nelayan asing. Sebelum menjadi menteri, Susi sudah lebih dahulu sukses sebagai pengusaha tambak udang dan pemilik maskapai pesawat Susi Air.

  1. Sukses itu Hoki alias Keberuntungan Semata

Yang ini juga kepercayaan yang bakal sangat menghambat kalau Anda pelihara di dalam benak. Soalnya, keberuntungan lebih banyak dipengaruhi kerja keras dan kemampuan penguasaan suatu bidang oleh seseorang sehingga talentanya terasah dan memiliki kemampuan mengolah taktik bisnis sehingga sukses. Semua pengusaha yang hari ini sukses adalah mereka yang awalnya bekerja keras. Kerja keras dalam suatu bidang selama bertahun-tahun keruan bakal membuat seseorang menguasai denga baik jenis keahlian yang dilakukannya. Karena kemampuannya itulah sehingga dia mampu merancang bangun usaha yang sustaine dan mampu mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang mengancam perusahaannya. Hasilnya, perusahaannya meraksasa hari ini. Jadi, nasib baik adalah gabungan antara kerj keras, keahlian yang mumpuni dan pengalaman  orang dalam menjalankan pekerjaannya.

Baca Juga  Ini Dia, Empat Prioritas Pembangunan Desa Sekarang

4. Merasa Sudah Ditakdirkan untuk Jatuh

Setiap kali kegagalan menimpa, seringkali kita menggunakan takdir sebagai akhir dari segala jawaban. Jadi takdir justru menjadi pembenar bahwa kegagalan itu terjadi sebagai sesuatu yang tak bisa diantisipasi. Mitos seperti ini jelas harus dipadamkan.

Kegagalan adalah kenyataan yang bersebalik dengan apa yang kita harapkan dalam skala yang berbeda-beda. Pengaruh kegagalan bagi setiap orang juga berbeda. Tak sedikit karena diputus pacar lalu bunuh diri. Tetapi ada banyak orang yang hidupnya hancur karena kegagalan tetapi dengan sadar mampu membangun lagi hidupnya dan mendapatkan hidup yang jauh lebih baik darpada sebelum-sebelumnya.

Maka, singkirkan pemikiran soal takdir sebagai jawaban akhir. Soalnya, setiap peristiwa atau kejadian sesungguhnya berangkaian dengan hal yang lain. Telusurilah pada titik mana Anda melakukan kesalahan sehingga terjadi kegagalan misalnya

  1. Mitos Soal Weton atau Hari Lahir

Jangan terjebak lagi dengan ramalan perbintangan yang menyatakan minggu ini anda bakal rugi. Atau nasibmu buruk karena weton atau hari lahir. Siapa yang bisa tahu kapan dirinya bakal lahir?

Baca Juga  Farid Hadi: Keuntungan Bukan Ukuran Utama Keberhasilan BUMDesa

Maka percayalah,keberhasilan adalah mengenai upaya dan kerja keras seseorang untuk mencapai mimpinya. Maka singkirkan semua penghambat ini k bagar Anda tak perlu lagi termakan keyakinan-keyakinan yang membuat hidup Anda menjadi penuh kelemahan ini.(aryadjihs/berdesa)

Foto: www.daaruttauhiid.org

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here