Pingin Belajar tentang Desa, Ini 4 Platform Pilihan Anda

0
3634

BERDESA.COM – Sejak berlakunya UU Desa No. 6 Tahun 2014, wacana mengenai desa menjadi buruan banyak orang. Soalnya, sejak UU itu berlaku, nasib desa berubah drastis. Struktur pemerintahan yang langsung berhadapan dengan publik ini kini tak lagi menjadi obyek melainkan subyek yang berhak membangun kesejahteraannya sendiri.

Di sisi lain, berlakunya UU desa juga menimbulkan banyak konsekuensi baru yang masih harus dipelajari dengan seksama oleh para kepala desa, perangkat desa dan berbagai kalangan pegiat desa seperti pendamping desa dan sebagainya. Itulah yang mendorong lahirnya banyak platform baru media informasi mengenai desa yang bisa dimanfaatkan siapapun untuk mempelajari desa.

Berikut ini empat website yang memberikan informasi lengkap mengenai desa dengan segala dinamikanya. Hingga saat ini, webste-website inilah yang menjadi rujukan utama bagi siapapun yang ingin belajar mengenai desa. Simak daftarnya:

Berdesa

Berdesa.com diluncurkan pada 2015 lalu. Bermarkas di Yogyakarta, web ini menjadi web yang paling banyak dikunjung orang yang ingin belajar mengenai bagaimana membangun kesejahteraan di desa. Digawangi anak-anak muda Jogja, Berdesa.com adalah web yang dimaksudkan sebagai social education di bawah perusahaan PT Usaha Desa Sejahtera yang mengkhususkan diri sebagai perusahaan sosial memberdayakan ekonomi desa. Dipimpin Mohammad Najib, Berdesa.com berkembang menjadi website acuan bagi para kepala desa dan perangkat desa se-Indonesia. Selain berbagai kabar terbaru mengenai kegiatan Kementerian Desa, kebijakan dan berbagai peristiwa mengenai desa, Berdesa.com juga memapar banyak artikel mengenai ekonomi produktif mulai berbagai ide usaha yang bisa dikembangkan di desa hingga membangun unit usaha bagi Badan Usaha Milik Desa.

Baca Juga  Penggunaan Mesin dan Teknologi Bakal Menghilangkan 56 Persen Lapangan Kerja

Kini Berdesa telah melebarkan sayap dengan membangun Departemen Pelatihan BUMDes dan Swadesa. Swadesa adalah tim khusus yang siap mendampingi desa-desa yang ingin mengembangkan unit usaha seperti minimarket dan lain-lain.

Ruang Desa

Adalah platform web dan aplikasi Android yang menyediakan berbagai informasi bagi orang-orang yang sedang mencari informasi mengenai isu desa. Web ini akan menghubungkan Anda pada pihak yang memiliki otoritas menjawab berbagai informasi yang Anda lontarkan.

Ruang Desa dibentuk oleh tim yang dulu juga mengembangkan Ruang Guru. Meluncur pada 2017 Ruang Desa berkonten utama interaksi tadi dan berbagai tutorial mengenai pemerintahan desa .

Sesuai namanya, platform ini memang dibikin oleh tim yang sama juga mengembangkan Ruang Guru. Diluncurkan awal tahun 2017, platform ini dikelola Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Pengembangannya dibiayai oleh salah satu proyek mitra pembangunan dari Australia. Lembaga yang dibiayai proyek mitra pembangunan dari Australia ini menyodorkan berbagai isu seperti soal APBDesa, regulasi yang dapat disusun aparatur desa. Ruang Desa juga memberikan penjelasan rinci mengenai bagaimana pemerintahan desa menyelenggaraan proses pengadaan barang dan sebagainya.

Baca Juga  Perhutanan Sosial, Cara Memanfaatkan Hutan untuk Kesejahteraan

Gapura Desa

Bisa diakses di www.gapura-desa.id. Website ini berjalan atas dukungan lembaga mitra pembangunan dan dikelola Kementerian Dalam Negeri. Hingga saat ini gapura-desa.id sedang dalam proses penyempurnaan dan belum meluncur tetapi yang pasti gapura-desa.id bakal mengandalkan video tutorial mengenai berbagai urusan desa. Gapura-desa.id ingin mewujud menjadi web yang berisi panduan-panduan bagi desa dalam membangun kesejahteraannya.

Kedesa

Dikembangkan organisasi Pattiro sebuah organisasi nirlaba bermarkas di Jakarta, Kedesa.id mulai meluncur pertama pada 2015 lalu. Pattiro adalah salahsatu lembaga yang dahulu turut menyusun anotasi UU Desa kemudian memunculkan gagasan ingin membangun pusat informasi mengenai semua desa di Indonesia, semacam Wikipedia khusus desa. Ide itulah yang kemudian menjadi menu andalan website ini: wikidesa.

Kedesa tidak hanya memberi informasi tetapi juga menyediakan blog khusus bagi siapapun yang ingin menulis mengenai desa. Kedesa juga membuka diskusi interaktif dengan para pegiat desa di jaringan website-nya.

Demikian beberapa platform website mengenai desa yang bisa Anda jadikan referesi bagi berbagai agenda di desa Anda. Dari beberapa platform di atas, Berdesa.com adalah platform yang paling aktif menerbitka berbagai tulisan setiap hari  dan memberi dorongan yang luas bagi berbagai pergerakan ekonomi yang terjadi di desa-desa di seluruh Indonesia.(dji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here