PERTAMINI BUMDES, INVESTASI JANGKA PANJANG DESA

0
378

Bagi masyarakat urban maupun suburban dengan kesibukan mobilitas sehari-harinya tentu sudah tidak asing dengan Pom Bensin Mini atau akrab disebut Pertamini. Dimana bagi warga suburban yang jauh dari SPBU, Pertamini pasti sangatlah membantu. Hal ini jauh lebih terasa lagi manfaatnya bagi warga di perdesaan yang juga sudah banyak menggunakan kendaraan bermotor untuk mobilitas sehari-hari. Nah, selain sangat bermanfaat dari segi utilitas, Pertamini dapat sangat diperhitungkan dari segi benefit pelaku bisnisnya.

Sebelum itu ada baiknya kita tau dulu perbedaan dari Pertamini dengan penjual bensin eceran berbotol pada umumnya. Pertamini sebenarnya merupakan istilah yang diberikan untuk penjualan bensin menggunakan mesin digital serta fuel pump, karena pada awalnya usaha penjualan bensin hanya menggunakan wadah berupa botol atau bahkan ada juga yang menggunakan plastik saja. Jadi, bisa dikatakan Pertamini merupakan versi lebih baik lagi nih.

Bisnis Pertamini ini dapat menjadi salah satu program pembangunan daerah yang didirikan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan menjadi realisasi bisnis investasi yang sangat jelas keuntungannya, karena nilai investasi usaha ini telah terbukti meningkatkan taraf perekonomian masyarakat dari berjualan BBM. Pada tahun 2020, Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero) Mas’ud Khamid menyatakan bahwa strategi dari bisnis ini dapat diwujudkan melalui kemitraan bisnis dengan pemerintahan desa, koperasi, UMKM atau pelaku usaha desa dengan membuat SPBU mini atau Pertashop. Beliau menambahkan kembali bahwa terdapat dua cara, yakni BUMDES dari beberapa desa bersatu membuat SPBU atau masing-masing desa membuat Pertashop, dengan syarat bagi keduanya yaitu sepanjang jalan desa bisa dilalui mobil penyalur untuk dapat menyalurkan BBM.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Terbaru! Cek Disini

Untuk lebih dapat meyakinkan masyarakat desa dalam membangun bisnis ini, berikut manfaat nyata yang dapat dijelaskan.

  1. Item yang dijual akan selalu diperlukan kapan pun sehingga dapat tergolong sebagai

sustainable bussiness.

  1. Dengan penggunaan mesin digital Pertamini, perhitunggan laba pun dapat terhindar dari

kesalahan dan semakin praktis.

  1. Pertamini yang dikelola BUMDES ini dapat meningkatkan ekonomi warga desa karena

tentunya membutuhkan staf-staf yang bertugas.

  1. Hasil yang diperoleh dapat menjadi aset desa, sehingga dapat meningkatkan perputaran

uang di desa semakin membaik.

 

Nah, demikian ide investasi Pertamini atau Pertashop yang dapat membangun perekonomian di desa menjadi semakin lebih maju, dan tentunya bisnis ini akan sangat diperlukan kedepannya melihat perkembangan mobilitas dari tiap kalangan masyarakat di Indonesia, sehingga bisnis ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi warga desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here