Pentingnya Memiliki Jaringan Bisnis Untuk Usahamu

0
227

Dalam bisnis, kerjasama dan membangun kemitraan adalah hal yang sangat penting saat ini. Dibutuhkan kesamaan tujuan agar bisa terjalin Kerjasama yang baik. Oleh karena itu, bangun jaringan bisnis Anda dan dapatkan dukungan yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis Anda

Jaringan Bisnis yang dimaksud adalah orang-orang atau lembaga di luar bisnis yang dapat mendukung kelancaran perjalanan bisnis Anda untuk mencapai tujuan bisnis yang diharapkan. Jaringan ini diharapkan dapat mendukung Anda untuk memastikan 3K berikut ini:

  1. Kualitas Produksi: agar produk yang dihasilkan memenuhi kualitas yang diinginkan oleh pasar.
  2. Kuantitas Produksi: agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi jumlah permintaan pasar.
  3. Keberlanjutan Produksi: manajemen produksi agar kerjasama yang terbangun dengan pasar dapat terus berkelanjutan.

A. Jaringan Pasar

Jaringan Pasar merupakan pihak-pihak pembeli yang membayar produk atau jasa yang Anda sediakan. Jaringan pasar diantaranya:

  • Pelanggan Langsung (perorangan)

Jenis kelompok pelanggan ini merupakan kelompok pelanggan akhir (end-customer). Misalnya, ibu rumah tangga, karyawan dan seterusnya. Kelompok pelanggan perorangan ini yang sering disebut Business to Customer (B2C).

  • Pelanggan Sesama Pelaku Bisnis
Baca Juga  Cara Praktis Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan

Jenis kelompok pelanggan ini bentuknya bisnis juga. Misalnya, Anda menjual ke distributor, penjual grosir dan sejenisnya. Biasanya jumlah produk yang dijual dalam jumlah besar. Kelompok pelanggan ini sering disebut Business to Business (B2B).

  • Pelanggan Pemerintah

Kelompok  pelanggan ini merupakan pemerintah. Artinya, Anda menjual produk atau jasa Anda kepada pemerintah. Misalnya, dinas, kementerian dan lembaga yang ada di bawah naungan pemerintah. Jenis kelompok pelanggan ini sering disebut Business to Government (B2G).

B. Jaringan Penguatan Kapasitas

Jaringan penguatan kapasitas ini merupakan pihak-pihak atau organisasi/lembaga yang Anda butuhkan untuk mendukung peningkatan pengetahuan dan keterampilan (kapasitas) Anda dalam berbisnis. Misalnya, himpunan pengusaha jagung, produsen, forum bisnis, dinas pertanian dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar Anda dapat terus bisa belajar dan memperluas jaringan yang dapat membantu Anda terus berkembang sebagai seorang pengusaha.

C. Jaringan Pembiayaan

Jaringan pembiayaan ini merupakan pelaku perorangan maupun lembaga yang diharapkan dapat mendukung bisnis Anda Ketika membutuhkan dukungan pembiayaan. Misalnya, rekan bisnis, koperasi, bank maupun program pembiayaan dari pemerintah dan non-pemerintah

Baca Juga  Tujuh Alasan Kenapa Usaha BUMDesa Harus Direncanakan

Penting bagi kita menjaga hubungan baik dengan jaringan yang sudah kita bangun. Tidak hanya untuk usaha, menjaga hubungan baik dengan jaringan penting kaitannya dengan manusia sebagai makhluk sosial. Namun sebelum kita membahas mengenai hal tersebut, kita perlu memahami bagaimana kita dapat melakukan kerjasama bisnis melalui jaringan yang kita miliki. Berikut yang dapat Anda lakukan:

  • Ikuti perkumpulan sebanyak-banyaknya.
  • Identifikasi ketertarikan rekan Anda.
  • Ajak mereka diskusi mengenai topik yang mereka sukai dan jangan lupa untuk memperkenalkan diri Anda.
  • Tutup diskusi dengan hal yang mungkin dapat dikerjakan bersama kemudian minta nomor kontak agar Anda dapat melanjutkan diskusi dengannya.
  • Lanjutkan komunikasi dengan mereka. Jangan terputus agar mereka tidak lupa dengan Anda.
  • Pastikan Anda dan jaringan memiliki ketertarikan yang sama sehingga diskusi dan kerjasama menjadi nyaman dan aman untuk dilakukan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga hubungan dengan jaringan antara lain:

  • Rutin komunikasi. Pastikan Anda tetap berkabar meski tidak sedang membutuhkan bantuan.
  • Jika Anda akan berjumpa dengan rekan Anda yang sudah lama tidak bertemu, pastikan Anda menyiapkan oleh-oleh untuk mereka. Rekan Anda akan merasa senang karena disambut dengan baik.
  • Berbagi informasi. Jangan simpan informasi untuk diri Anda sendiri. Ajak jaringan Anda untuk berkolaborasi.
  • Jika Anda sudah melakukan kegiatan kerjasama, pastikan Anda selalu memenuhi komitmen Anda dan jaga selalu komunikasi. Jangan sampai rekan Anda kesulitan dalam menghubungi Anda hingga membuat mereka kecewa.

    Bisa juga baca ini untuk pengetahuan tambahan link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here