Pengertian SDGs, Si Acuan Pembangunan Berkelanjutan

0
222

Kata “SDGs” sangat sering didengungkan oleh banyak pihak di tengah berjalannya suatu program. Tapi tahukah anda sebenarnya apa sih pengertian SDGs? Kenapa selalu dibawa-bawa dalam setiap program, baik dari pemerintah ataupun swasta? Jadi, SDGs adalah singkatan dari “Sustainable Development Goals”, yang dalam bahasa Indonesia berarti “Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Bisa didefinisikan sebagain sebuah acuan pembanguan baik manusia, alam maupun sekitarnya yang perlu dicapai.

Lalu apa sih isi SDGs? Isinya adalah agenda dunia tentang pembangunan untuk keselamatan manusia dan planet bumi yang digagas oleh negara-negara yang ada dengan peresmian dari PBB pada tahun 2015. Dengan tema “Mengubah Dunia Kita: Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan” kita sudah mengerti ke arah mana SDGs ini akan membawa dan menuntun dunia.Sehingga saat tujuan di SGDs ini bisa tercapai maka kemakmuran akan bisa dirasakan oleh setiap mahluk hidup di dunia.

SDGs terbentuk dari 17 tujuan dengan 169 capaian yang diharapkan dapat membantu program pengentasan kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Dari 17 tujuan tadi, terdapat 4 pilar utama yang menopang SDGs, pertama adalah Pilar Pembangunan Sosial yang berfokus pada tercapainya pemenuhan hak dasar manusia yang berkualitas secara adil dan setara. Yang kedua adalah Pilar Pembangunan Ekonomi yang bertujuan untuk tercapainya pertumbuhan ekonomi berkualitas. Lalu Pilar Pembangunan Lingkungan yang berfokus pada tercapainya pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan. Terkahir adalah Pilar Pembangunan Hukum dan Tata Kelola yang membahas tentang terwujudnya kepastian hukum dan tata kelola yang efektif, transparan, akuntabel dan partisipatif.

Baca Juga  BUMDes Tugu Jaya Lampung Kembangkan Pasar Desa

Saat ini, SDGs menjadi acuan dari segala sektor untuk menentukan program-program mereka. Program-program yang dicanangkan akan berusaha mewujudkan tujuan-tujuan yang sesuai dengan pengertian SDGs . Sehingga program yang berjalan akan menjadi benar-benar bermanfaat. Jika melihat perusahaan besar seperti Astra, mereka selalu membawa SDGs ini. Seperti dalam event mereka di Festival Pendidikan Astra kemarin. Mereka menekankan bagaimana pentingnya SDGs. Tak hanya Astra, Pertamina pun ingin mewujudkan SDGs dalam program terbaru mereka mengembangkan pesantren sehingga bisa produktif.

Referensi:1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here