Pemasaran Lebih Mudah dan Efektif dengan Aplikasi UMKM

0
129
Aplikasi UMKM

Aplikasi UMKM semakin dikembangkan oleh banyak developer teknologi. Sebab, saat ini, jasa digital marketing terbukti lebih efektif dalam memasarkan produk UMKM. Terlebih, UMKM merupakan jenis usaha yang masih berskala kecil hingga menengah, sehingga dibutuhkan branding serta pemasaran dengan cara yang lebih efektif, sehingga mampu membidik pasar dengan lebih sesuai.

Digital marketing dengan aplikasi UMKM ini tidak lepas dari peran internet yang bisa lebih mudah diakses oleh semua orang di berbagai daerah. Selain menggunakan situs pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan platform jualan serta media sosial untuk memaksimalkan pemasaran. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi UMKM, diantaranya:

  1. Dapat Meningkatkan Konversi Penjualan

Dengan aplikasi UMKM, maka produk Anda bisa dipromosikan dengan baik. Bahkan, Anda bisa menjangkau calon konsumen yang berasal dari daerah yang lain. Dengan begitu, maka konversi penjualan bisa meningkat.

  1. Mempermudah Interaksi dengan Pelanggan

Dahulu, produk hanya bisa dicari tahu melalui brosur, media cetak, serta datang langsung ke lokasi bisnis. Akan tetapi, saat ini, informasi produk bisa diperoleh dengan mudah dengan menggunakan media online. Dengan begitu, interaksi antara pelaku bisnis UMKM dengan pelanggan dari jarak yang jauh pun bisa lebih mudah dilakukan.

  1. Bisa Melayani Konsumen Secara Real-Time

Dengan aplikasi UMKM, maka Anda bisa lebih mudah dalam merespon keluhan maupun pertanyaan dari konsumen. Meski tampak sederhana, tetapi mempunyai dampak yang cukup signifikan untuk bisnis UMKM yang Anda jalani.

Konsumen pun bisa dilayani dengan tanggap dan cepat. Mereka pun bisa lebih puas dan menjaga loyalitas.

  1. Bisnis Lebih Siap Bersaing

Menggunakan aplikasi UMKM ternyata juga bisa memudahkan Anda dalam bersaing, bahkan dengan perusahaan besar sekalipun. Anda hanya perlu mempersiapkan konten yang berkualitas pada platform yang tersedia. Buat juga foto yang menarik dan terlihat profesional agar menjadi magnet untuk pelanggan.

Baca Juga  Jurus Jitu Promosi Produk yang Wajib Anda Coba

Berikan juga promo yang menarik dan layanan yang baik agar banyak orang memilih produk Anda ketimbang produk lainnya.

  1. Menjangkau Lebih Banyak Orang (Terutama Pengguna Smartphone)

Pengguna smartphone di Indonesia sudah sangat banyak. Bahkan, hampir semua orang memegang satu ponsel untuk dirinya sendiri. Smartphone juga tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan aplikasi UMKM dalam menjangkau pengguna smartphone.

Dengan begitu, jangkau marketing akan lebih luas. Anda pun bisa memeroleh konsumen yang baru setiap harinya.

Aplikasi UMKM Paling Populer

Sudah menjadi rahasia umum, jika bisnis sekelas UMKM sekalipun perlu melakukan manajemen dengan baik. Beruntungnya, saat ini, kinerja UMKM bisa lebih maksimal dengan dukungan teknologi. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi UMKM.

Hanya dengan gadget atau PC saja, maka Anda bisa dengan mudah melakukan berbagai hal seperti melakukan pemasaran, promosi, pengiriman barang, mengurus pajak, sampai memeroleh dana yang cepat sebagai modal untuk usaha.

Diantara aplikasi UMKM, ada 5 yang paling populer dan dapat mendukung kegiatan bisnis Anda. Langsung saja, berikut aplikasinya!

  1. Sleekr

Sleekr merupakan aplikasi pajak digital yang semakin memudahkan UMKM dalam mengelola data keuangan serta karyawan. Sehingga, proses kepatuhan dalam menyelesaikan pajak bisa lebih mudah dilakukan. Aplikasi ini merupakan kerja sama antara Dirjen Pajak dan pengelola aplikasi, sehingga menjadi jembatan untuk pengusaha UMKM dalam melaporkan pajak dengan mudah.

Teknologi API atau Application Programming Interface dalam aplikasi UMKM yang satu ini akan memudahkan pengguna dalam meng-impor data transaksi keuangan secara langsung  ke dalam aplikasi perpajakan.

Baca Juga  Menggenjot Usaha Desa Melalui Sosial Media

Anda pun bisa menghitung, menyetor, hingga melaporkan pajak secara akurat dalam satu jaringan saja. Sehingga, pelaku UMKM sangat mudah dalam melaporkan pajaknya. Dengan kemudahan ini, maka aplikasi Sleekr sudah diunduh dan digunakan oleh ratusan ribu wajib pajak.

  1. Ninja Xpress

Untuk memudahkan para pelaku UMKM dalam mengirinkan produk pada konsumen, tentu dibutuhkan jasa antar barang. Salah satu yang dapat Anda manfaatkan diantaranya Ninja Xpress. Dimana layanan logistik ini memberikan solusi bagi bisnis UMKM melalui e-commerce.

Aplikasi UMKM yang satu ini cenderung lebih unggul karena pengguna bisa melakukan proses pengiriman hanya melalui satu klik saja. Selanjutnya, dengan dukungan teknologi yang canggih memungkinkan bagi konsumen untuk mengecek secara real time. Paketan pun bisa ditinjau hanya melalui layar ponsel.

Bahkan, belakangan ini, Ninja Xpress merilis layanan penjemputan paket hanya dalam waktu sekitar 90 menit saja. Wah, fitur ini harus benar-benar Anda manfaatkan dengan baik!

  1. Pinjam.co.id

Banyak pelaku UMKM yang mendapatkan kendala berupa urusan permodalan. Namun, saat ini, telah ada solusi mudah untuk memeroleh biaya modal. Salah satu jasa keuangan meluncurkan produk digital berupa fintech atau financial technology yang melirik peluang pemodalan usaha.

Nah, salah satu produk terbaiknya adalah pinjam.co.id. Aplikasi UMKM yang satu ini bisa mengatasi masalah kebutuhan dana yang cepat dengan sistem pinjaman usaha dan gadai online.

Jika UMKM Anda membutuhkan modal tambahan, maka ajukan saja pinjaman ke pinjam.co.id. Anda hanya perlu mengisi form pinjaman. Kemudian, tim akan menghubungi pengusaha. Pinjaman maksimal yang bisa diajukan adalah sebesar 200 juta rupiah dengan masa pinjaman 4 bulan atau lebih.

Baca Juga  Cepatnya Menjual Ukiran Jepara Lewat Online

Bunga yang diberikan adalah senilai 1% – 1,75% setiap bulan. Hingga saat ini, pinjam.co.id telah dipercaya oleh lebih dari 2000 nasabah UMKM dan sudah mengantongi izin dari OJK.

  1. Oy!

Oy! merupakan Aplikasi UMKM yang bisa menjadi platform untuk menawarkan jasa dan produk UMKM. Aplikasi ini bisa menjadi jembatan bagi bisnis Anda yang menghubungkan dengan para konsumen. Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa memungkinkan komunikasi langsung dengan para konsumen. Sebab, konsumen bisa langsung bertanya pada mitra toko maupun penyedia jasa. Aplikasi ini bisa diunduh pada android Anda karena sudah mempunyai 2000 mitra di Jakarta, Bali, Medan, Bandung, serta Surabaya.

  1. CariAja

Aplikasi UMKM yang satu ini adalah aplikasi pencarian tempat yang berbasis Android serta iOS. CariAja akan membantu para pengguna untuk menemukan hotel, restoran, café, warung, salon dan spa, minimarket, ATM, SPBU, dan sebagainya. Aplikasi ini juga memungkinkan produk maupun toko UMKM Anda untuk dipromosikan.

CariAja mempunyai fitur baru yang dapat membantu aktivitas perbelanjaan. Diantara fitur-fitur tersebut adalah penunjuk arah kiblat, saldo e-money, serta pengingat waktu salat. Nah, aplikasi ini adalah wadah yang sesuai untuk para pengusaha UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Produk pun bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Omzet usaha juga bisa meningkat secara signifikan. Sila daftarkan diri dengan car download aplikasi melalui Playstore maupun Applestore. Anda tidak akan dikenakan biaya untuk mengunduh CariAja alias gratis.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi UMKM yang bisa memudahkan usaha Anda berkembang lebih cepat. Manfaatkan aplikasi yang paling tepat dan dibutuhkan, lalu naikkan omzet penjualan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here