4 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

0
1043
Peluang Usaha yang Menjanjikan

Pada dunia usaha, ide yang cemerlang tidak menjanjikan keberhasilan suatu usaha. Akan tetapi, yang paling menentukan kesuksesan adalah kerja keras dan ketekunan dari pengusaha itu sendiri. Meski saat ini banyak peluang usaha yang menjanjikan, tetapi tidak semuanya bisa bertahan lama. Sebab, semua tergantung dari bagaimana cara Anda menjalankannya.

Dengan begitu, Anda harus cerdas dalam menentukan peluang usaha yang menjanjikan di masa depan. Sebab, tidak sedikit jenis usaha yang harus gulung tikar karena tergerus oleh perkembangan zaman. Terlebih, konsep bisnis yang dibangun tidak bisa bertahan dari persaingan yang semakin tinggi.

Jika Anda ingin bisnis terus berjalan sampai masa mendatang, maka Anda ada pada artikel yang tepat. Sebab, setelah ini, kami akan membahas tentang peluang usaha yang menjanjikan di masa depan dan tips-tipsnya.

Tidak perlu berlama-lama, berikut ulasan lengkapnya!

Apa Saja Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan?

Untuk bisa bertahan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya, tentunya Anda harus memilih jenis usaha yang kekinian dan diminati oleh generasi milenial. Yaitu orang-orang yang memiliki tahun lahir antara 1980-an hingga 1997. Pastinya, produk yang digemari adalah yang praktis, memiliki tampilan yang unik, dan modern.

Untuk membantu Anda menentukan jenis usaha yang cocok, silakan simak peluang usaha yang menjanjikan di masa depan secara lengkap di bawah ini!

Peluang Usaha Paper Flower

Jenis usaha yang satu ini memang sedang hits di kalangan anak muda. Biasanya, paper flower dimanfaatkan untuk moment-moment tertentu seperti saat engagement, pernikahan, hingga ulang tahun. Terlebih, pengusaha yang berkecimpung di bisnis ini belum terlalu banyak. Sehingga, persaingan pun tidak terlalu ketat.

Bagaimana cara Menjalankan peluang usaha paper flower ini? Yuk, simak rinciannya di bawah ini:

  1. Cara Membuat Paper Flower

Untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara membuat paper flower, berikut akan dibahas secara lengkap.

Alat dan Bahan:

  • Kertas Karton Jasmine (jika tidak ada, silakan gunakan kertas karton berwarna)
  • Lem Tembak
  • Gunting
  • Pola (Bisa cari di internet)

Proses Pembuatan:

  • Ambil kertas dengan ukuran A4 serta lipat menjadi dua hingga bentuknya simetris kemudian potong. Buat kelopak besar pada setengah lembar A4, untuk kelopak sedangnya bisa digunakan pada seperempat kertas A4, Serta kelopak kecil bisa muat pada seperdelapan kertas.
  • Buat 6 lembar untuk masing-masing ukuran, buat juga kertas sebagai pusat bunga. Kemudian, susun sesuai dengan ukuran, lalu gunting. Pada dasar kelopak, sebaiknya potong celah sekitar 2 inch untuk membuat dua flap kelopak bunga.
  • Gulung bagian paling besar agar memberikan kesan bergelombang. Di bagian bawah kelopak, beri celah 2 inch, lalu lem di satu sisi celah dan rekatkan tumpang tindih supaya kelopak bisa berdiri tegak. Buat 6 buah kelopak. Jika sudah, rangkai keenam kelopak sampai berbentuk mangkuk. Lalu, tambahkan garis lem pada tepian setiap kelopak bawah.
  • Setelah itu, ulangi langkah tersebut untuk kelopak yang kecil dan sedang. Buat tiga mangkuk kelopak dengan ukuran yang beda. Lalu satukan ketiganya. Tutup bawah kelopak yang paling besar menggunakan sisa kertas yang ada. Lalu, tambahkan lem pada bagian bawah mangkuk yang sedang, lalu masukkan pada mangkuk sedang. Pastikan agar lem bisa merekat dengan sempurna.
  • Jika sudah, buat lah bagian tengah dari bunga. Bagian ini merupakan putik dan benang sari. Buat dengan warna yang berbeda sesuai dengan selera. Bagian tengah bisa dibuat dengan 3 lembar dari setengah A4 lalu lipat setengah panjang. Kemudian, potong pinggiran kertas pada sisi yang dilipat. Kemudian, jangan potong seluruhnya dan sisakan jarak 0,5 inci dari tepian. Lakukan di lembar yang lain.
  • Jika sudah, pasangkan di bagian tengah bunga, dan paper flower pun selesai!
  1. Proses Produksi

Paper flower adalah produk handmade yang proses pembuatannya cukup lama. Sebab, prosesnya rumit dan membutuhkan tingkat ketelitian tinggi. Untuk itu, dalam seminggu, Anda bisa membatasi orderan 7 hingga 8 saja.

  1. Modal

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis yang menjanjikan di masa depan ini adalah sekitar 200 ribu rupiah saja untuk pembelian kertas, lem tembak, gunting, serta double tip.

  1. Keuntungan

Profit yang bisa diperoleh dari bisnis ini adalah sekitar 70% hingga 75%. Sedangkan bahan bakunya sangat sederhana dan terjangkau dengan biaya operasional setiap bulan hanya sekitar 25% hingga 35% saja.

Baca Juga  Cari Peluang Usaha Menguntungkan di Masa Pandemi

Jadi, apabila satu paket dijual seharga Rp 300.000,- dengan pesanan selama satu bulan adalah 20 orderan, maka keuntungannya adalah 4,5 juta rupiah. Bisa dibayangkan berapa keuntungannya apabila Anda bisa mengerjakan paper flower dengan lebih cepat dan banyak.

Peluang Usaha MUA (Make Up Artist)

Peluang usaha menjanjikan di masa depan yang selanjutnya adalah MUA atau Make Up Artist. Saat ini dan diperkirakan hingga masa mendatang, perkembangan dunia makeup semakin pesar. Bahkan, di Instagram ada banyak MUA yang pamer skill dengan memposting foto yang menjadi hasil karyanya.

Mulai dari makeup untuk mempercantik diri, hingga makeup seperti face painting pun bertebaran. Nah, jika Anda mempunyai kemampuan untuk mempercantik wajah seseorang, sudah saatnya untuk menjadikannya sebagai ladang bisnis.

Apa saja modal yang dibutuhkan dan berapa rincian biayanya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Modal Awal

Keterangan Biaya
Alat 1.500.000
Kursus Tata Rias 2.500.000
Koleksi Rias dan Makeup 3.000.000
Busana 1.000.000
Lemari Pakaian 1.500.000
Tas Koper 500.000
Papan Nama 250.000
Total Biaya 10.250.000
  1. Biaya Operasional Setiap Bulan

Keterangan Biaya
Persediaan Makeup 250.000
Referensi Bacaan 50.000
Gaji Karyawan 1.400.000
Transportasi 300.000
Telepon 100.000
Total Biaya Operasional 2.100.000
  1. Asumsi Pendapatan

Jika diasumsikan Anda mendapatkan orderan dua kali dalam sebulan dengan harga 2,5 juta rupiah, maka omzetnya adalah 5 juta rupiah. Sehingga keuntungan yang didapatkan adalah 5 juta dikurangi dengan biaya operasional sebesar 2,1 juta rupiah, maka keuntungannya adalah 2,9 juta rupiah.

Nantinya, seiring dengan bertambahnya portfolio dan skill, maka harga bisa dinaikkan dan orderan dalam sebulan akan bertambah banyak.

  1. Tips Sukses jadi MUA

Agar bisa cepat berkembang sebagai MUA, ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan. Seperti memanfaatkan penghasilan untuk kembali sebagai alat makeup. Sehingga, makeup yang Anda gunakan selalu upgrade dan naik kelas dengan cepat. Setelah itu, kembangkan skill selalu dengan mempelajari berbagai teknik dalam tata rias agar bisa menunjang harga jasa yang Anda tawarkan.

Anda juga perlu menaikkan jam terbang dengan memperluas relasi. Bekerja sama lah dengan wedding organizer. Dengan begitu, Anda bisa semakin terkenal. Menjadi MUA yang profesional memang butuh proses panjang. Untuk itu, bersabar dan nikmati prosesnya.

Baca Juga  Mengatasi Urbanisasi Melalui BUM Desa

Peluang Usaha Persewaan Dekorasi Photo Booth

Bisnis fotografi memang tengah memuncak di beberapa tahun belakangan ini. Sehingga, sewa dekorasi photo booth juga semakin dibutuhkan masyarakat. Bahkan, hampir pada semua acara penting seperti tasyakuran, pernikahan, ataupun lamaran mempunyai stand photo booth bagi pada tamu.

Ide bisnis ini jika terus diinovasikan akan menjadi peluang yang sangat menjanjikan di masa depan. Jika Anda tertarik menjalankan bisnis ini, sila simak rincian usahanya berikut ini!

  1. Peralatan yang Dibutuhkan

Umumnya, bisnis photo booth ini dapat Anda mulai hanya dengan beberapa peralatan berikut ini:

  • Green Screen berukuran 3 x 3 m
  • Stand Background berukuran 3 x 3 m
  • Lighting Softbox 1 pcs
  • Laptop Asus X550DP a10
  • kamera Canon 600D
  • Software Photo Booth
  • Printer Photo Booth
  1. Melakukan Promosi

Untuk menentukan kesuksesan bisnis, tentu Anda juga membutuhkan promosi yang cepat dan tepat. Media promosi yang paling menarik bagi calon klien adalah melalui Twitter, Facebook, Instagram, dan sebagainya. Sebab, target market dari bisnis ini adalah orang-orang dari kalangan milenial yang terbiasa dengan hal-hal yang berbau online.

Inetrnet akan memudahkan Anda melakukan promosi dengan akses yang luas serta mudah. Pamerkan juga jasa Anda melalui marketplace. Buat juga blog seperti menggunakan medium, blogger, tumblr, serta situs lain. Sehingga, promosi bisa disertai dengan testimonial dan penjelasan produk.

  1. Analisis Biaya

Modal awal yang dibutuhkan untuk membuka jasa penyewaan photo booth adalah:

Green Screen berukuran 3 x 3 m                               900.000 dengan bahan muslin

Stand Background berukuran 3 x 3 m                        1.1000.000 berukuran portable

Lighting Softbox 1 pcs                                                1.000.000 yakni merk Tronic Jumbo

Laptop Asus X550DP a10                                            6.300.000

Kamera Canon 600D                                                   6.100.000 dengan lensa kit

Software Photo Booth                                               3.000.000 dengan lensa kit

Printer Photo Booth                                                    20.000.000 sudah free 2.3 roll paper

Biaya Operasional                                                       sekitar 6.600.000

Biaya Lain-lain                                                              sekitar 5.000.000

Total                                                                            50.000.0000

Estimasi HPP

Keterangan Harga
Lakban Hitam 35.000
CD-R, Box CD, Sampul CD dan Box 80.000
Fee Runner 200.000
Fee Fotografer 300.000
Frame 240.000
Paper Ribbon 285.800

Biaya Opex yakni 40% Hpp yakni sebesar 576.320. Sehingga total HPP ditambah dengan Opex adalah sebesar Rp 2.017.120,-.

Estimasi Omzet

Omzet yang akan didapatkan jika setidaknya ada 4 kali penyewaan dalam sebulan adalah 4 x 2.017.120 hasilnya 8.068.480 rupiah.

BEP

Break Even Point dari bisnis ini sangat menggiurkan, lho! Jika dihitung, modal awal dibagi dengan keuntungan, maka hasilnya adalah 50.000.000 dibagi 8.068.480 adalah 6,19 bulan.

Bagaimana? Tertarik untuk menjajal bisnis ini?

Peluang Usaha Jasa Cuci Sepatu

Bisnis laundry baju mungkin sudah biasa. Bahkan, di setiap gang, rasanya sudah ada rumah-rumah yang menyediakan jasa ini. Namun, salah satu peluang usaha yang menjanjikan di masa depan adalah jasa cuci sepatu. Sedikit pesaing, sehingga prospeknya sangat menjanjikan di masa mendatang.

Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Untuk awalnya, Anda bisa membuka usaha dengan bermodalkan jutaan rupiah saja. Penasaran seperti apa cara menjalankan usaha ini? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Persiapan Usaha

Untuk awal membuka usaha, tidak perlu menyewa tempat, cukup manfaatkan lokasi di dalam rumah yang kira-kira bisa untuk mencuci sepatu. Pastikan luas tempat usaha yang bisa mencakup mesin cuci, lemari sepatu, dan juga berbagai perlengkapan seperti pewangi, detergen, dan sebagainya.

Baca Juga  Peluang Usaha Tanpa Modal di Desa yang Bisa Menarik Anda Jalankan

Setelah itu, tentukan mesin cuci khusus yang akan dibeli. Yakni shoes laundry machine dengan kisaran harga antara 2 juta sampai di atas 5 juta rupiah, tergantung dengan fitur di dalamnya serta kapasitas mesin. Sangat disarankan untuk memilih mesin dengan fitur dryer agar penyelesaian cuci bisa lebih cepat.

Selain mesin, ada peralatan dan perlengkapan yang perlu Anda siapkan. Peralatan ini bisa disesuaikan dengan proses yang akan Anda gunakan.

  • Wet Clean : untuk proses ini, maka dibutuhkan bahan kimia berupa surfaktan e Is, anti bacterial Is, solvent perfume, neutralizer s Is, cleaner o Is, water (kimia ttama).
  • Dry Clean : Shoes sceaner, neutralizer s Is, anti bacterial Is, serta solvent perfume.
  • Wet & dry : sikat halus, kuas, sikat kasar, penghapus karet, kain microfiber, botol semprot, suede sponge, dan sebagainya.
  1. Cara Membersihkan Sepatu yang Tepat

Sebagai pebisnis baru, tentu Anda harus mengetahui bagaimana cara membersihkan sepatu yang benar. Sebab, tidak seperti mencuci baju, ada step khusus yang mesti dilakukan agar hasilnya sempurna. Berikut langkah selengkapnya:

  • Chemical Identification : kenali jenis media serta bahan sepatu. Bahan kimia yang tidak tepat bisa membuat warna serta bahannya rusak. Apabila belum pengalaman, maka sangat disarankan untuk melakukan uji coba dengan cotton bud. Apabila tidak terdapat reaksi warna dan bahan yang rusak, silakan lanjutkan tahap dua.
  • Tools Identification : Identifikasi alat apa saja yang cocok untuk menghilangkan noda pada sepatu. Perhatikan alat yang digunakan, jika permukaan sepatu berbulu, jangan pakai sikat kasar. Cermati apa saja media yang bisa digunakan untuk jenis sepatu tertentu.
  • Main Process : Lakukan dry clean, wet clean serta wet & dry clean method.
  1. Analisa Usaha

Jasa cuci sepatu bisa dilakukan hanya dengan modal sekitar 3 hingga 5 juta saja. Untuk membeli alat-alat dan bahan yang sudah dibahas di awal. Sedangkan estimasi tarif untuk jasa cuci ini adalah 50 ribu rupiah untuk sepatu kanvas serta 60 ribu rupiah untuk sepatu suede atau kulit.

Jika dalam satu bulan, jumlah pesanan sekitar 150 pasang sepatu, maka omzetnya adalah 7,5 – 9 juta rupiah. Angka yang cukup menggiurkan bukan? Bisnis ini juga tergolong long term artinya tidak pernah mati bahkan akan berkembang pesat di masa mendatang karena kebutuhan akan sepatu yang bersih selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Modal Awal
Peralatan 1.000.000
Cleaner, sabun, dan perawatan 2.000.000
Branding Tools 500.000
Total 3.500.000
Pemasukan
Tarif 60.000
Pengguna Jasa dalam Sehari 5 pasang
Total omzet dalam sebulan 9 juta rupiah
Pengeluaran
Gaji 1 pegawai 1.000.000
Listik, air, telepon 1.000.000
Sabun, dan peralatan lain 500.000
Promosi 2.000.000
Total 4.500.000
Keuntungan 9.000.000 – 4.500.000 = 4.500.000

Demikian pembahasan tentang empat peluang usaha yang menjanjikan di masa depan. Mana bisnis yang paling Anda minati? Dengan rincian pembahasan dengan estimasi modal dan keuntungan, Anda pun bisa mendapatkan gambaran kira-kira usaha apa yang sesuai dengan modal awal yang dimiliki. Pun, bisnis apa yang sesuai dengan skill Anda.

Pastikan usaha yang dijalankan sesuai dengan passion, kemampuan, dan modal. Nah, cukup sekian, akhir kata, apapun bisnis yang dimasuki, kunci suksesnya adalah tekun, sabar, dan pantang menyerah. Tidak ada bisnis besar yang tidak diawali dengan bisnis kecil. Sudah banyak bukti dari pebisnis sukses di Indonesia yang awalnya hanya membuka gerai di depan rumah.

Tetap semangat dan sukses selalu untuk Anda yang sedang memulai bisnis apapun itu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here