Peluang Usaha UMKM Desa Ini Akan Membantu Ekonomi Desa

0
421
Peluang Usaha UMKM

Peluang Usaha UMKM desa memiliki banyak potensi untuk mendapatkan tingkat keuntungan yang cukup tinggi. Namun, sayangnya kebanyakam masyarakat masih belum mengetahui potensi akan hal ini. Terbukti sebagian besar dari masyarakat memang lebih memilik untuk pergi ke kota untuk mencari kerja

Jika dilihat dengan seksama, memang benar orang yang berhasil mendapatkan pekerjaan di kota terlihat lebih sukses. Namun, tidak semua orang mengalami hal ini. Terdapat sebagian dari mereka yang pergi ke kota namun malah menjadi gelandangan atau tidak memiliki pekerjaan karena tidak ada skill yang menjual.

Selain itu, dengan adanya perpindahan penduduk dari pedesaan ke pekotaan untuk mencari nafkah akan menambah tingkat urbanisasi yang semakin tinggi. Hal tersebut mengakibatkan lonjakan penduduk di kota.

Dengan adanya lonjakan penduduk, maka akan berdampak buruk bagi lingkungan kota itu sendiri. Sebagi contoh sekarang banyak sekali pemukiman – pemukiman kumuh di kota bahkan di kolong jembatan.

Perpindahan yang terus menerus ini juga akan mengakibatkan perputaran roda ekonomi di pedesaan tidak berjalan semestinya. Maka dari itu, sudah selayaknya masyarakat mulai menggali potensi –potensi usaha yang ada. Terlebih, sekarang ini perkembangan teknologi semakin pesat yang mana akan semakin mempermudah menjalankan suatu usaha.

Macam – Macam UMKM Desa yang Menjanjikan

Terdapat beragam jenis usaha yang ada di pedesaan yang menghasilkan omzet menjanjikan apabila ditekuni. Bahkan banyak kisah yang diangkat di media yang menampilkan pebisnis sukses yang berasal dari desa sebagai inspirator. Berikut ini, kami sajikan kepada Anda berbagai jenis usaha yang bisa dilakuhkan di pedesaan dan memiliiki peluang yang menjanjikan.

Baca Juga  Saatnya Mengoleksi Whiens, Batik Jogja dengan Disain Mengejutkan

A. Pertanian

Seperti yang kita kita ketahui, apabila kita berkunjung ke suatu pedesaan, pasti terdapat hamparan lahan yang begitu luas. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah usaha pertanian. Mengingat lahan dipedesaan juga begitu subur untuk diolah menjadi lahan pertanian.

Usaha pertanian yang dimaksud bukan hanya sekedar menanam padi. Terdapat pula beragam usaha becocok tanam lainya yang tak kalah dengan usaha pertanian menanam padi. Beirikut adalah jenis – jenis usaha pertanian yang bisa menjadi pilihan. Anda bisa mempertimbangkan menanam, tanaman dibawah untuk memanfaatkan lahan kosong yang Anda miliki:

1. Sawi Hijau

Tanaman ini cukup terkenal dan mengandung protein yang tinggi. Anda juga tidak perlu menuunggu waktu yang lama untuk memanenya kaarena tanaman ini bisa dipanen diumuryang kurang dari satu bulan. Ciri – cirinya adalah daunya berwarna hijau dan batangnya yang lebih panjang dari sawi putih.

2. Tanaman Hidroponik

Tanaman yang nama cukup nge-trend belakangan ini. Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik akanmenjadi lebih sehat, bersih dan tentunya menjadi lebih sehat untuk dimakan. Jenis makanan yang bisa ditanam dengan dengan hidroponik antara lain adalah sayuran seperti tomat dan selada.

3. Rempah – rempah

Kondisi iklim dan cuaca serta tanah yang ada di pedesaan sangat cocok untuk menanam rempah – rempah. Seperti yang kita tahu, kita tidak akan pernah bisa lepas dari rempah – rempah dalam setiap masakan yang akan kita hidangkan. Sehingga usaha ini sangat cocok dan memiliki jangkauan pasar yang luas bahkan hingga ke luar negeri.

 B. Peternakan

Peternakan juga bisa menjadi jenis usaha lain yang menjanjikan selain pertanian. Lahan yang besar bisa dimanfaatkan untuk apa saja termasuk peternakan. Usaha peternakan yang dilakukan di pedesaan juga bisa menekan biaya pakan. Kondisi lingkungan yang masih asri dan banyaknya tanaman hijau akan mempermudah binatang ternak mendapatkan makanan.

Baca Juga  Lowongan Kerja di Desa Menjadi Desapreneur, Menjual Produk Desa dan UMKM

Industri peternakan, apabila ditekuni sudah pasti menghasilkan keuntungan yang begitu besar. Manusia mana yang tidak membutuhkan protein hewani. Hampir semua orang di dunia memerlukan protein hewani untuk keseimbangan gizi dalam tubuh mereka. Berikut, kamu sajikan beragam binatang yang bisa menjadi pilihan untuk memulai usaha peternakan.

1. Ayam Kampung

Makanan yang menjadi favorit semua kalangan ini tentuya memiliki peluang yang terbuka luas. Rasanya yang lezat dan kandungan gizi yang tinggi kerap menjadi pilihan menu makanan keluarga. Selain itu, pengusaha kuliner juga banyak yang memanfaatkan ayam jenis ini. Modal untuk memulai juga tidak besar. Cukup siapkan kandang dan pakan.

2. Ternak Lele

Kerap diapandang sebelah mata oleh beberapa kalangan, padahal usaha ternak lele sebenarnya memiliki peluang yang menjanjikan. Terlebih apabila Anda pandai menjalin relasi dengan pengusaha kuliner. Pasalnya lele memang menjadi makanan favorit orang Indonesia dan banyak tempat kuliner yang menawarkan makanan tersebut

3. Ternak Kambing

Lahan yang luas dan hijau dipenuhi rerumputan sangat cocok untuk beternak kambing karena Anda tidak perlu lagi repot memikirkan dimana tempat yang menjual makanan kambing untuk pakan ternak harian Anda karena sudah disediakan oleh alam. Harga kambing yang relatif lebih murah dari sapi juga bisa menjadi pertimbangan.

C. Pariwisata

Ini adalah peluang terakhir yang akan kami sajikan kepada Anda. Seperti yang kita tahu, Indonesia begitu luas dengan beragam pulaunya dan setiap daerah pasti memiliki keunikannya sendiri – sendiri. Apabila lingkungaan tempat Anda tinggal belum memiliki usaha seperti ini. Ini adalah saat yang tepat untuk Anda memberdayakan potensi alam yang menjanjikan.

Baca Juga  Mengenal Beberapa Sistem Bagi Hasil dalam Membangun Usaha

Selain bisa mendapatkan keuntungan dari pengelolaan bisnis ini, Anda juga secara tidak langsung telah memperkenalkan potensi daerah Anda kepada warga di desa lain. Beberapa potensi pariwista yang bisa ditawarkan antara lain panorama sawah, terasering, hutan lindung, air terjun dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa membuka lapangan perkerjaan di sekitarnya.

Hal – hal yang disebutkan diatas hanya sebagain kecil  peluang usaha UMKM desa yang bisa diterapkan di pedesaan. Jika Anda mau mengeksplorasi lebih dalam, mungkin Anda akan bisa menemukan sebuah inovasi baru dalam rangka meningkatkan perekonomian di desa.

Jika Anda menerapkan salah satu peluang diatas dengan konsisten, bukan tidak mungkin, nantinya Anda bisa menjadi seseorang yang paling berpengaruh di Indonesia. Anda secara tidak langsung, telah membuat roda perekonomian Indonesia berputar dan mengurangi dampak peledakan penduduk di kota akibat urbanisasi.

Dalam memulai sebuah usaha, memang diperlukan sebuah kesabaran. Membangun usaha apapun tidak ada yang instant, bahkan perlu gagal berkali – kali sebelum menuai kesuksesan di masa depan.  Apabila Anda memang benar – benar ingin memulai bisnis UMKM di desa, jangan pernah abaikan untuk mensurvei peluangnya lebih dahulu. Apakah lokasi tersebut cocok untuk jenis usaha yang akam dibangun.

Artikel ini bisa menjadi gambaran untuk Anda yang berencana memulai sebuah usaha. Apalagi sekarang pemerintah juga sedang galak – galaknya mengembangkan bisnis UMKM di berbagai bidang. Sudah saatnya kita melirik peluang – peluang usaha UMKM desa dan mengembangkannya. Dengan begitu masyarakat Indonesia akan menjadi lebih sejahtera dan makmur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here