Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula

0
6412

Berbicara mengenai peluang usaha di desa, ada berbagai peluang yang dapat dicoba. Biasanya peluang usaha yang dijalankan di desa itu berupa usaha-usaha dalam bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas peluang usaha desa dibidang peternakan. Beternak sendiri merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang yang menyukainya.

Mengapa sebagian? Hal ini dikarenakan beternak merupakan hobi dan tidak semua orang bisa melakukannya. Dalam beternak dibutuhkan ketelatenan, kesabaran, dan keuletan. Inilah yang membuat beternak tidak mudah dilakukan oleh sembarang orang.

Seperti salah satunya yaitu beternak bebek petelur, sebenarnya usaha ternak bebek petelur ini sudah sangat populer. Namun usaha ini lebih banyak diminati oleh masyarakat, terutama masyarakat pedesaan.

Hal ini dikarenakan mudahnya dalam perawatan dan hasil yang lumayan menguntungkan. Maka dari itu peluang usaha desa ini dapat Anda coba jalankan bagi Anda yang ingin mencoba usaha di desa.

Usaha ini dapat menghasilkan keuntungan yang banyak bila Anda melakukannya dengan penuh ketelatenan. Kesabaran dan disiplin.Dalam usaha ternak bebek petelur Anda harus memperhatikan tata cara memelihara, merawat dan membiakannya.

Baca Juga  Berbagai Pilihan Peluang Usaha Desa yang Dapat Berkembang Menuju Ekonomi yang Jauh Lebih Baik         

Hal ini bertujuan supaya bebek petelur sehat dan produktif sehingga dapat menghasilkan telur-telur yang banyak dan baik, selain itu juga bisa menghasilkan benih bibit bebek yang bagus seperti indukannya.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang perlu disiapkan saat akan beternak bebek petelur:

1. Langkah Persiapan Pembuatan Kandang

Buatlah kandang bebek yang nyaman yaitu kandang harus kering, nyaman dan bersih. Bangun kandang dengan dinding tertutup dan beri lubang untuk ventilasi. Usahakan kandang bebek petelur memiliki suhu berkisar antara 35-40 derajat Celsius dengan kelembapan udara sekitar 60%.

Usahakan pula agar kandang mendapat cahaya atau penerangan yang cukup dan sediakan pula tempat pakan dan minum bebek. Buatlah kadang bebek petelur tidak terlalu sempit agar memiliki ruang gerak. Idealnya berukuran 1 m persegi untuk diisi 2 ekor bebek.

Jadi bebek tidak akan berdesakan dan setres, selain itu Anda juga akan mudah dalam mengambil telur-telur bebek nantinya. Untuk ukuran tinggi kandang dapat disesuaikan dengan diri Anda, namun idealnya 2,5-3 meter.

2. Langkah Pembibitan Bebek Petelur

Pilihlah bibit bebek petelur yang baik, unggul dan berkualitas. Pemilihan bibit bebek petelur yang berkualitas ini kemungkinan besar juga akan menghasilkan telur-telur yang banyak dan baik.

Baca Juga  Bisnis Modern di Desa Ini Menguntungkan Sekaligus Kekinian

Jika telur-telur yang dihasilkan banyak dan baik, maka Anda dapat menjual dan memesarkannya baik dijual dalam bentuk telur mentah, dibuat telur asin, maupun olahan lainnya.

3. Langkah Perawatan

Ini merupakan langkah yang tidak mudah, karena diperlukan ketelatenan, kesabaran dan keuletan. Anda harus melakukan perawatan pada setiap harinya selama Anda menjalankan usaha desa beternak bebek petelur.

Perawatan ini dilakukan supaya bebek petelur dapat menghasilkan telur-telur berkualitas dan bibitan bebek petelur tetap sehat serta produktif. Salah satu yang dapat Anda lakukan misalnya dengan mejaga suhu kadangnya tetap stabil dan merata.

Semua bebek petelur harus mendapatkan perawatan yang sama. Kemudian rajinlah membersihkan kandang bebek dari kotoran-kotoran, jangan lupa bersihkan pula tempat pakan dan minumnya. Hal ini supaya bebek terhindar dari penyakir, jamur dan virus.

Jika bebek petelur yang diternak berpenyakit, hal ini tentunya akan sangat merugikan usaha Anda. Karena bisa saja bebek-bebek petelur itu mati secara massal atau dapat juga telur yang dihasilkan menjadi jelek dan tak berkualitas.

Baca Juga  Peluang Usaha Jual Bibit Tanaman Di Desa

Pastinya ini akan sangat memepengaruhi keberhasilan usaha ternak bebek petelur Anda. Selain kebersihan kadang, pemberian pakan juga perlu diperhatikan dengan baik. Berilah pakan yang sehat dan bergizi untuk bebek, berikan pula suplemen atau vitamin untuk bebek-bebek Anda. Beri air minum yang bersih dan tidak berlumut.

4. Langkah Panen

Ini merupakan langkah yang paling ditunggu-tunggu oleh para peternak bebek. Panen bebek petelur ini dapat dilakukan pada setiap pukul 6 pagi, karena bebek petelur biasanya bertelur saat malam hari.

Ketika Anda akan memanen telur-telur bebek tersebut agar lebih mudah Anda keluarkan terlebih dahulu dari kandangnya. Setelah semua bebek keluar dari kandang barulah Anda menganmbil telurnya dengan hati-hati supaya tidak pecah.

Nah, demikianlah tadi langkah-langkah dalam beternak bebek petelur, Anda dapat mencoba peluang usaha desa ini. Usaha bebek petelur juga cukup menguntungkan, harga telur bebek mentahnya saja biasanya dijual berkisar antara Rp 2.500 – Rp 3.000 per butirnya.

Sedangkan telur asinnya biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 3.000 – Rp 3.500, belum lagi jika diolah dalam bentuk makanan lainnya. Sekian dan terima kasih. Selamat mencoba ! dan semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here