Trik Sukses Menjalani Peluang Usaha Supplier Hotel

0
92
Peluang Usaha Supplier Hotel

Bagi calon pengusaha, tentunya dibingungkan dengan berbagai pilihan peluang usaha yang ada saat ini. Sebab, jika pandai membaca situasi, ada banyak peluang yang dapat dimasuki. Salah satu contohnya adalah peluang usaha suplier hotel. Jika Anda menganggap bahwa usaha ini membutuhkan banyak modal, sudah tentu anggapan ini tidak tepat. Pasalnya, dengan sedikit modal, bisnis supplier hotel bisa sangat menguntungkan.

Pada berbagai momen, hotel selalu penuh sesak oleh pengunjung. Sehingga, akan sangat membutuhkan stok bahan makanan yang cukup tinggi. Bahkan, di musim liburan, permintaan dari hotel meningkat sampai 5 kali lipat. Pelaku bisnis supplier hotel pun harus mencari bahan baku hingga ke luar kota. Tentu saja ini adalah sebuah peluang yang sangat bagus.

Kiat Jitu Masuk Peluang Usaha Supplier Hotel

Dari berbagai pengalaman supplier hotel di Indonesia, keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini mencapai 150%. Dengan hanya men-supply 7 hotel saja, dalam satu bulan, keuntungan bersih yang didapatkan mencapai 60 juta rupiah. Modal awal bisnis yang dilakukannya adalah 75 juta rupiah saja.

Baca Juga  Mengelola Desa Wisata Religi

Sebagai gambaran, jika Anda akan menjalankan peluang usaha supplier hotel untuk jenis makanan daging-daging, maka modal utama yang dibutuhkan adalah ruang storage, mesin pemotong daging, dan juga mobil pick up. Apabila modal awal tersebut telah Anda miliki, maka saatnya Anda mengikuti kiat jitu sukses dalam bisnis ini.

Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Selalu Watch Out Stok di Gudang

Sebagai seorang supplier, tugas utama Anda adalah mengawasi stok gudang. Artinya, selalu pantau jumlah stok barang yang dimiliki. Sebaiknya, upayakan agar stok gudang berisikan pesanan hingga mencapai ¾-nya. Sehingga, Anda pun dapat menekan biaya pembelian stok serta bisa terhindar dari risiko produk yang tidak laku.

Mengembangkan bisnis peluang usaha supplier hotel ini juga harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Sebab, pasar akan terus berubah dari waktu ke waktu. Sebelum memulai, tentunya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah ada marketnya atau tidak.

  1. Jujur Memberi Pelayanan

Jujur juga merupakan modal yang tak kalah penting ketika menjadi supplier. Anda harus selalu memegang komitmen serta jujur saat memberi pelayanan. Jika Anda telah menjanjikan produk berkualitas A, tentu Anda harus deliver produk kualitas A. Dengan kejujuran, maka chef pun akan percaya pada Anda.

  1. Memiliki Bisnis yang Valid dan Legal

Artinya, supplier harus valid serta dapat mempertanggung jawabkan usahanya di mata hukum dalam bentuk dokumen-dokumen. Anda harus mengurus izin usaha serta mempunyai kantor yang jelas. Dengan begitu, perusahaan Anda akan mudah ditemukan. Pun, adanya kejelasan hukum, akan membuat kredibilitas Anda semakin dipercaya oleh pihak hotel.

  1. Melakukan Sistem Kontrak yang Baik

Selain melakukan pemantauan stok gudang, Anda harus membuat perjanjian usaha yang baik dengan konsumen (dalam hal ini pihak hotel) serta pemasok bahan makanan tersebut. Anda perlu menentukan sistem pembayaran, pengiriman, serta standar kualitas secara tertulis. Sehingga, Anda pun bisa menjamin kontinuitas ketersediaan produk serta penjualan yang berlaku.

  1. Selalu Kreatif dan Inovatif

Menjadi kreatif dan inovatif adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha. Dalam hal menjadi supplier hotel, Anda juga harus mengembangkan sikap demikian. Jika Anda bergerak pada supplier daging, maka potongan sisa daging baik tulang-tulangan, bagian lemak, dan sebagainya bisa ditawarkan pada pedagang kaki lima dan warung bakso.

Baca Juga  3 Peluang Usaha Ternak Di Desa Yang Menjanjikan

Sebaiknya Anda jual di bawah harga pasar agar barang tidak terbuang percuma. Jika Anda tidak segera menyingkirkan limbah usaha ini, maka daging sisa hanya menumpuk serta memakan banyak storage.

Pihak hotel tidak akan mencari kebutuhannya pada sembarang supplier. Sebab, supplier yang buru akan membuat operasional hotel dapat tersendat. Maka dari itu, pastikan Anda untuk bisa menjadi supplier yang terpercaya dengan menerapkan kiat-kiat di atas.

Jika dijalankan dengan baik dan tekun, maka peluang usaha supplier hotel ini akan sangat menguntungkan. Bahkan, keuntungannya bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah. Namun, jangan langsung terobsesi dengan keuntungan yang besar terlebih dahulu. Sebab, “beginning is difficult”. Ibaratnya, Anda harus siap ditempa setiap saat agar menjadi pebisnis yang handal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here