12 Peluang Usaha Rumahan Yang Menjanjkan Beserta Tips

0
635
Peluang Usaha Rumahan

Peluang Usaha Rumahan – Saat ini, banyak orang yang mempertimbangkan membuka usaha sendiri ketimbang menjadi karyawan. Sebab, sekecil apapun usaha yang dijalankan, Anda adalah bosnya. Berbeda dengan karyawan, setinggi apapun jabatannya, Anda tetap lah seorang karyawan. Maka dari itu, membuak usaha baru bisa dimulai dengan bisnis rumahan.

Nyatanya, peluang usaha rumahan semakin mudah dijalani. Dengan bantuan internet, Anda pun bisa mulai usaha dengan modal yang minim. Jangan remehkan usaha rumahan. Meskipun dimulai dengan skala kecil, seiring berjalannya waktu, usaha bisa berkembang dan menjadi bisnis besar.

Dengan peluang usaha rumahan, banyak orang yang kemudian bisa mengatasi problem finansial bahkan memeroleh kesuksesan. Nah, jika Anda tertarik untuk menjalani bisnis ini, simak dulu seluk beluknya di bawah ini!

Tips Menjalani Bisnis Rumahan

Sebelum mengetahui peluang usaha rumahan, ada baiknya bagi Anda memerhatikan beberapa hal di bawah ini! Dengan begitu, bisnis pun bisa berjalan dengan baik dan lancar.

  1. Jangan Takut Gagal

Ketika menjalani bisnis, Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan, yakni, sukses atau gagal. Namun, Anda tidak boleh takut pada kegagalan. Sebab, perasaan ini akan membuat keputusan bisnis menjadi rancu. Untuk itu, tumbuhkan mental pemenang dalam diri Anda. Serta lebih yakin pada kemampuan diri sendiri.

  1. Perhatikan Pengelolaan Administrasi yang Ideal

Dalam bisnis, bukan hanya proses produksi dan marketing saja yang penting. Kesuksesan juga ditentukan oleh pengelolaan administrasi yang baik. Meskipun masih berskala kecil, Anda harus memisahkan uang pribadi dengan bisnis. Pelajari juga hal yang basic terkait dengan pengelolaan administrasi.

Pengelolaan administrasi yang tertib juga akan memudahkan kelangsungan usaha Anda. Sebab, Anda akan mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian. Sehingga, bisa menentukan strategi bisnis yang lebih tepat.

  1. Menentukan Visi dan Misi

Visi dan misi akan membantu Anda dalam menentukan tujuan usaha Anda. Target yang jelas akan membuat Anda lebih bersemangat menjalani bisnis dan mengembangkannya.

  1. Menentukan Peluang Usaha Rumahan Sesuai Passion

Tidak ada salahnya menjalani usaha dengan tujuan materi saja. Namun, akan lebih baiknya menjalani bisnis yang sesuai dengan passion. Dengan menekuni apa yang Anda minati, maka bisnis pun bisa lebih mudah dijalankan.

Semisal, Anda menyukai masak-memasak, sila membuka usaha kuliner. Namun, apabila lebih menyukai musik, bisa membuka usaha studio musik, dan sebagainya. Anda hanya perlu pandai-pandai melihat peluang dari hobi dan kesukaan yang dimiliki.

  1. Menghitung Modal

Anda bisa mengalokasikan modal awal hanya untuk barang-barang yang paling esensial ketika akan menjalankan bisnis. Hindari penggunaan modal untuk inventaris yang tidak begitu perlu. Untuk peluang usaha rumahan, awalnya, Anda tidak perlu lapak. Cukup manfaatkan garasi atau halaman rumah.

  1. Menentukan Strategi Promosi yang Tepat

Untuk memperkenalkan bisnis Anda, tentu harus dilakukan promosi. Sebab, promosi juga akan menentukan berhasil atau tidaknya penjualan produk. Semakin sering Anda melakukan promosi, semakin besar juga peluang produk Anda dikenal oleh masyarakat.

Baca Juga  Punya Kamar Nganggur? Yuk Bisnis Homestay

Anda juga bisa memilih cara promosi yang low budget terlebih dahulu. Seperti menggunakan akun media sosial, menyebarkan brosur, dan sebagainya. Untuk menarik pelanggan, sila gunakan trik marketing seperti menawarkan diskon, harga promosi, dan sebagainya.

Setelah Anda mempersiapkan segala sesuatunya, sekarang, saatnya Anda menentukan jenis bisnis apa yang akan dilakoni. Terdapat beberapa peluang usaha rumahan yang dapat Anda pertimbangkan. Inspirasinya dapat Anda lihat pada ulasan selanjutnya!

Peluang Usaha Rumahan di Era Kekinian

Peluang usaha rumahan sebetulnya sangat banyak. Anda bisa menentukan berdasar pada kebutuhan konsumen di sekitar, passion, atau memilih bisnis yang tidak ada matinya. Nah, berikut ini, akan dibahas mengenai inspirasi dan ide bisnis serta cara menjalankan beserta tips-tipsnya. Tidak sabar? Oke, langsung saja, sila simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Budidaya Ikan Hias

Bisnis diĀ  dunia ikan hias tentunya sangat menggiurkan. Bahkan, ada beberapa harga ikan hias yang sangat tinggi. Seperti ikan lohan yang dulu harganya mencapai ratusan juta setiap ekornya. Jika Anda menjalankan dengan serius, maka bisnis ikan hias akan sangat menguntungkan serta mempunyai potensi yang tinggi.

Beberapa jenis ikan hias yang dapat Anda pilih diantaranya ikan lohan, gupy, discus, mas koki, Oscar, angel, cupang, crown tail, serta neon tetra. Ikan-ikan tersebut masuk pada jajaran ikan hias termahal di Indonesia.

Untuk melakukan bisnis ini, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Menguasai pasar ikan (hias)
  • Mencari jenis ikan yang paling laku di pasaran dan harganya cenderung tinggi
  • Bergabung dengan komunitas pecinta ikan hias
  • Memahami teknik budidaya supaya ikan yang dihasilkan memuaskan
  • Mempromosikan ikan hias secara maksimal dan bisa juga merambah dunia internet.
  1. Bisnis Desain Grafis

Baru-baru ini, desainer grafis adalah pekerjaan yang paling dicari. Pasalnya, perkembangan teknologi memungkinkan digital marketing semakin berkembang pesat. Iklan-iklan di sosial media membutuhkan desain grafis yang ciamik untuk menarik pengunjung. Selain itu, berbagai produk pun membutuhkan desain grafis untuk mempercantik tampilan, kemasan, dan sebagainya.

Jika Anda memiliki skill dalam mengolah gambar, pastinya usaha ini sangat menjanjikan. Nah, beberapa jenis usaha desain grafis yang dapat dimasuki diantaranya desain web (blog), desain gambar t-shirt, desain animasi 3D, desain kartu nama, logo, banner iklan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips untuk menjalankan jenis peluang usaha rumahan yang satu ini diantaranya:

  • Menggunakan software ter-update
  • Memiliki koneksi cepat serta stabil
  • Selalu memperbarui ide yang kreatif
  • Memperbanyak jaringan bisnis
  • Pelajari teknik promosi yang inovatif
  • Mengutamakan konsumen supaya mendapatkan pelanggan yang loyal
  1. Guru Privat

Jika Anda memiliki keterampilan mengajar, maka peluang usaha rumahan ini layak dicoba. Ya, menjadi guru privat adalah salah satu pilihan yang tepat untuk Anda yang mempunyai spesifikasi keilmuan tertentu. Sebab, pendidikan masih menjadi kebutuhan yang diprioritaskan bagi banyak orang.

Namun, banyak orang tua yang tidak bisa memberikan pelajaran tambahan pada anaknya. Pun, banyak orang tua yang ingin menambahkan skill-skill baru pada anaknya di luar pelajaran yang diberikan di sekolah. Untuk itu, manfaatkan peluang ini untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Untuk bisa menjadi guru privat yang baik, maka Anda bisa menyimak beberapa tipsnya di bawah ini:

  • Menjaga penampilan selalu rapi
  • Mempersiapkan bahan ajar serta media pembelajaran
  • Menjadi guru yang asyik, Anda bisa memulai pelajaran dengan curhat dan doa
  • Bersikap seperti teman belajar bukan guru di dalam kelas
  • Menanamkan sikap moral dan membangun karakternya
  1. Jasa Potong Rambut

Meskipun terlihat sederhana, tetapi bisnis jasa potong rambut bisa menghasilkan penghasilan yang cukup besar. Bahkan, bisnis ini bisa dibilang sebagai peluang usaha rumahan dengan modal kecil tetapi untungnya besar. Modal awal yang Anda keluarkan dapat dipakai berulang kali.

Baca Juga  Usaha Gypsum di Desa, Untung Bersih Rp. 4 juta Perbulan Siapa Mau?

Untuk memulai bisnis jasa potong rambut, Anda bisa melakukan beberapa langkah awal terlebih dahulu seperti membeli peralatan pangkas rambut, menentukan lokasi barbershop, mempersiapkan modal operasional, serta biaya untuk promosi.

Tips untukĀ  membuka jenis bisnis ini diantaranya:

  • Selalu update dengan model rambut terbaru dan yang sedang trend
  • Membuat tempat yang nyaman meskipun di dalam rumah
  • Menentukan tarif yang bersaing
  • Memberikan layanan yang ramah dan cepat
  • Memberikan layanan yang lengkap
  1. Pertamini Depan Rumah

Memiliki rumah di pinggir jalan raya? Anda tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk membuka usaha rumahan berupa pertamina. Sebab, saat ini, orang-orang cenderung menyukai membeli BBM di Pertamini daripada membeli bensin botolan.

Untuk membuat pertamina, Anda hanya membutuhkan modal setidaknya sebesar Rp 7.460.000,-. Dengan rincian biaya berupa mesin berharga Rp 5.000.000,-, bensin 100 liter seharga Rp 750.000,-, biaya listrik sebesar Rp 60.000,- per bulan, pemadam kebakaran portable Rp 150.000,-, biaya lain-lain sebesar Rp 1.500.000,-.

  1. Toko Kelontong

Tidak perlu berlokasi di pinggir jalan, untuk membuka toko kelontong, kompleks padat penduduk bisa menjadi pilihan yang baik. Apalagi jika Anda berada di kompleks karyawan. Nah, warung ini akan menyediakan berbagai macam kebutuhan harian masyarakat.

Mulai dari sembako, alat mandi, alat tulis, gas LPG, dan masih banyak lagi. Karena menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga, toko kelontong adalah salah satu jenis bisnis yang tidak pernah mati. Namun, tentu saja ada kekurangannya, yakni banyaknya persaingan.

Agar toko kelontong Anda sukses, maka bisa memerhatikan beberapa tips di bawah ini:

  • Menyesuaikan dengan modal
  • Mencari toko grosir termurah
  • Mendekorasi toko agar lebih nyaman dikunjungi
  • Kerap memberikan promo
  • Memberikan layanan yang ramah dan baik
  1. Jualan Sistem Pre Order

Jika Anda tidak memiliki cukup banyak modal, maka menjual produk Pre Order adalah solusi yang tepat. Bahkan, jenis bisnis ini juga menjadi peluang usaha rumahan yang cukup nge-trend. Pun, bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Bisnis barang Pre Order artinya barang dipesan terlebih dahulu. Baru kemudian didatangkan dan di[produksi dari supplier.

Supaya bisnis lebih lancar, Anda bisa memanfaatkan media online untuk melakukan promosi. Bisa menggunakan media sosial, market place, atau blog pribadi. Beberapa produk PO yang kerap dibeli oleh konsumen diantaranya produk kuliner, fashion, kerajinan, elektronik, dan sebagainya.

Untuk bisa sukses menjalankan bisnis ini, silahkan ikuti tipsnya di bawah ini:

  • Bekerja sama dengan vendor yang kredibel
  • Memberikan keunikan pada produk
  • Membuat prosedur pemesanan yang jelas
  • Membuka PO pada akhir bulan
  • Membatasi jumlah pesanan
  • Mencatat pesanan dengan jelas
  • Selalu melakukan komunikasi dengan konsumen
  1. Jualan Fashion Preloved

Bisnis pakaian bekas atau preloved juga memiliki penggemar tersendiri. Bahkan, banyak orang yang mengatakan bahwa baju bekas tidak masalah, yang penting masih oke. Terlebih, baju bekas juga mempunyai harga yang lebih terjangkau. Pastinya, Anda akan mempunyai target market yang lebih luas.

Namun, jenis bisnis ini cukup riskan. Pasalnya, produk rentan memiliki cacat dan sejumlah kekurangan lain. Untuk itu, lakukan beberapa tips di bawah ini agar peluang usaha rumahan Anda dengan jualan fashion preloved dapat berjalan lancar:

  • Mengetahui kondisi barang apakah masih bisa dijual atau tidak
  • Memerhatikan pencahayaan ketika Anda akan memotret baju
  • Menuliskan detail pakaian secara jelas, agar konsumen tidak kecewa
  • Memberikan harga sewajarnya sesuai dengan lama penggunaan
  • Memanfaatkan aplikasi jual beli barang bekas
  1. Kedai Minuman Kekinian

Bukan hanya makanan saja yang terus berkembang trend-nya. Minuman pun demikian. Beberapa jenis minuman saat ini sangat digemari oleh kalangan muda. Mulai dari cappuccino cincau, Thai tea, Boba tea, Mango Thai, kopi kecap, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membuka kedai minuman kekinian untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Baca Juga  Ini Dia Peluang Usaha Waralaba Pengeruk Laba, Anda Wajib Tahu

Bisnis ini bisa dilakukan dengan sistem franchise, atau bisa juga dengan membuat kedai atas nama sendiri. Pastinya bisnis ini akan sangat menguntungkan jika Anda melakukan tipsnya dengan benar. Apa sajakah tips jualan minuman kekinian?

  • Menggunakan bahan berkualitas
  • Membuat varian yang berbeda dan unik
  • Membuat kemasan yang unik dan menarik
  • Melakukan promosi secara online
  • Memperbanyak varian agar konsumen tidak bosan
  1. Warung Angkringan

Tempat nongkrong tradisional masyarakat Indonesia yang tetap hits sampai saat ini adalah angkringan. Warung ini sangat unik karena menjadi tempat nongkrong yang murah meriah. Angkringan sendiri merupakan sejenis warung makan dengan gerobak kayu yang biasanya populer di Jawa Tengah. Bahkan, di beberapa kota besar lainnya.

Nah, Anda juga bisa membuka jenis bisnis yang satu ini. Meskipun dalam skala yang kecil, tetapi warung angkringan bisa sangat menguntungkan. Sebab, mudah dijalankan karena menunya sederhana dengan andalan berupa sego kucing atau nasi kucing. Selain itu, menu yang banyak dicari adalah ayam goreng, sate, serta gorengan. Minumannya juga cukup sederhana yakni kopi, teh, serta wedang jahe.

Tips menjalankan peluang usaha rumahan ini diantaranya:

  • Konsep angkringan yang jelas untuk menyasar target market anak muda
  • Mempersiapkan modal yang cukup
  • Menonjolkan menu yang spesial dan unik
  • Mempertahankan ciri khas dari angkringan
  • Menjaga kebersihan tempat dan gerobak
  • Memberi layanan yang baik
  1. Agen PPOB

Peluang usaha rumahan yang akan memberikan keuntungan besar bagi Anda adalah menjadi agen pembayaran resmi atau kerap disebut dengan Payment Point Online Banking (PPOB).

Agen biasanya akan melayani berbagai pembayaran seperti listrik, tagihan PDAM, TV langganan, telepon dan internet, pembelian tiket pesawat dan kereta api. Nah, semua proses ini dapat Anda lakukan hanya dari rumah. Supaya bisa berjalan dengan lancar, sebaiknya belajar terlebih dahulu persyaratan untuk menjalankan bisnis PPOB ini.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Melakukan promosi melalui brosur atau internet
  • Membuat plang atau banner bahwa rumah Anda adalah loket PPOB
  • Mencatat kapan waktu pelanggan membayar tagihan
  • Aktif selalu
  • Membuat loket yang menarik
  • Memiliki jaringan internet yang stabil
  • Memberikan layanan terbaik
  1. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis ini memiliki peluang tinggi bagi Anda mendapatkan penghasilan yang tinggi. Bahkan, bisa juga menjadi passive income. Terlebih, saat ini, teknologi sangat mendukung jenis usaha yang satu ini. Nah, affiliate marketing sendiri adalah bisnis dengan basis komisi. Apabila Anda bisa menjual suatu produk, maka Ada komisi yang akan Anda dapatkan dari supplier.

Untuk melakukan bisnis ini, Anda hanya memerlukan laptop maupun smartphone dengan koneksi internet. Akan tetapi, supaya lebih maksimal, bangun website spesial supaya promosi berjalan dengan lebih baik lagi.

Tanpa disadari, ternyata, ada banyak peluang usaha rumahan yang menguntungkan dan menjanjikan apabila dijalankan dengan tekun, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Anda bisa memilih peluang manapun yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di sekitar rumah, atau mengikuti passion. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here