Peluang Usaha Rumahan di Desa Paling Mudah

0
153

Siapa bilang di desa anda tidak bisa memulai usaha rumahan anda sendiri. Ada banyak peluang usaha rumahan di desa yang jarang dimaksimalkan orang sehingga menyisakan banyak celah yang bisa anda masuki untuk memulai bisnis anda. Tentu ini berita bagus bukan. Namun sebelum saya membahas peluang-peluang usaha rumahan ini, saya ingin menunjukkan dulu dasar-dasar bisnis yang sepertinya disepelekan orang

Jadi apa sih bisnis itu? Bisnis adalah aktivitas memberikan kebutuhan konsumen untuk ditukarkan dengan uang. Bisnis harus menguntungkan, dan biaya operasionalnya harus dibawah keuntungan. Sesungguhnya, memulai bisnis itu sangat mudah, namun menjaga agar bisnis anda lancar itu yang susah. Kebanyakan orang gagal untuk menjaga bisnis mereka agar tetap berjalan.

Namun, dengan melihat peluang usaha rumahan di desa ini, semoga anda mendapat informasi yang anda perlukan tidak hanya untuk memulai bisnis anda, namun untuk menjaga bisnis anda tetap berjalan.

1. Pom Bensin Mini

Pom bensin mini ini mulai populer di desa desa dengan akses SPBU yang sulit. Pasar nya pun cenderung stabil karena Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah pengguna sepeda motor terbanyak di dunia. Apabila rumah anda di dekat jalan yang ramai dilewati orang, jangan khawatir bisnis anda akan sepi. Anda juga bisa memulai bisnis ini dari rumah anda. Sehingga anda tak perlu repot repot memikirkan lokasi bisnis anda.

Inilah perkiraan kasar modal yang anda perlukan untuk memulai bisnis pengisian bensin anda sendiri.

  • Harga 1 unit mesin portable pertamini berkisar 12 juta atau lebih untuk model digital. Tentu, pom bensin manual memiliki harga yang lebih murah daripada untuk model digital
  • Modal bensin 200 liter jika harga bbm di pukul rata 8.000 maka menjadi Rp. 1.600.000
  • Biaya pengurusan surat izin dengan harga Rp. 200.000
  • Alat pemadam kebakaran darurat dipatok pada harga berkisar Rp. 140.000
Baca Juga  Usaha Rumahan Bikin Roti, Dapat Duit Urusan Rumah Tetap Rapi

Maka modal yang anda perlukan berkisar pada angka 13.940.000. Modal tersebut tentu hanya penggambaran saja. Namun bisa dilihat bahwa untuk memulai bisnis ini, tidak perlu modal fantastis.

Lalu, yang sering saya lihat pada pelaku bisnis ini adalah tidak mengukur bagaimana kurangnya catatan perputaran uang mereka. Bisnis rumahan pun tetap bisnis. Anda harus memperlakukannya dengan baik agar anda tidak rugi. Apabila anda cuma mau mendapatkan uang, anda bisa mengambil pekerjaan tambahan. Bisnis perlu disiplin khusus untuk mencatat pembukuan agar uang anda tidak bocor dan anda akan berakhir menambah daftar pengeluaran anda daripada mendapat pemasukan

2. Bisnis Kuliner dari Rumah

Tentu kita sering mendengar orang berkata anda bisa mendapat tambahan uang dengan membuka bisnis makanan di desa anda. Mereka semua mengatakan bahwa anda perlu membuka stan untuk membuka bisnis makanan anda dari rumah anda. Namun dengan kemajuan teknologi, anda tak perlu lagi melakukan hal itu.

Anda cuma perlu up-to date dengan makanan yang sedang trending. Lalu anda bisa menyebarkan foto makanan anda ke sosial media. Bagaimana dengan pengiriman? Anda tak perlu khawatir anda bisa menggunakan Go-Food untuk itu. Bisnis kuliner ini pun memerlukan modal minimal untuk dieksekusi.

Beberapa tips untuk menjaga agar bisnis kuliner rumahan anda lebih laris adalah sering adakan promo dan beri  diskon untuk pelanggan yang membeli lebih dari satu. Jika anda memiliki beberapa uang sisa, anda bisa menyewa desainer profesional untuk membuat foto anda di sosial media lebih apik dan profesional. Perhatikan juga packaging produk anda, karena jika packaging produk anda tepat, anda bisa mematok harga yang lebih mahal untuk produk anda.

Baca Juga  Usaha Depot Air Minum Di Desa, Berapa Modalnya?

3. Budidaya Jamur Tiram

Salah satu usaha rumahan yang mudah dilakukan adalah budidaya jamur tiram. Siapa yang tidak tahu jamur tiram? Permintaan yang tinggi, mudahnya perawatan dan profit besarnya membuat banyak pelaku bisnis yang melakukan budidaya jamur tiram sebagai usaha rumahan mereka.

Untuk anda yang tinggal di desa, jangan khawatir, anda memiliki peluang yang banyak untuk sukses di bisnis budidaya jamur tiram. Karena, lingkungan desa masih belum terlalu tercemar dibandingkan dengan lingkungan perkotaan. Dan juga, anda bisa melabeli bisnis anda “jamur organik” jika anda mengikuti praktek cara budidaya tanaman organik.

Untuk memulai peluang usaha ini, anda tak perlu keluar banyak modal, anda cuma perlu  media tanam seperti serbuk kayu, dedak, dan kapur secara cuma-cuma ataupun dengan harga yang murah. Lebih baik juga apabila anda membuat rak anda sendiri untuk sebagai media tanam jamur anda.

Ada berapa tips untuk meningkatkan bisnis budidaya jamur tiram anda. Jaga agar ruangannya selalu lembab, semprotkan air secara berkala dan benar-benar pilih jamur terbaik anda untuk dipaketkan.

Keuntungan lainnya dari budidaya jamur tiram ini adalah ada banyak tutorial cara budidaya jamur tiram yang bertebaran di internet yang bisa anda pelajari secara gratis. Jadi, anda tak perlu menghabiskan banyak modal pada kesalahan metode atau teknik pembudidayaan jamur tiram anda.

Perlu diperhatikan bahwa jamur tiram memiliki waktu relatif lama untuk panen, pikir baik-baik bagaimana anda bisa mass produce jamur sebanyak itu. Pastikan anda telah mempelajari pasar anda sebelum terjun ke bisnis ini. Tentu percuma jika memproduksi banyak jamur untuk pasar yang tidak tertarik pada jamur sama sekali.

Baca Juga  Usaha Rumahan Makanan Yang Mendatangkan Keuntungan Berlimpah

4. Bidang Jasa Online

Dengan tumbuhnya pengguna smartphone, anda bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis di bidang jasa berbasis online. Usaha ini memerlukan modal yang sangat minimal. Usaha ini juga potensi yang besar apabila anda melakukannya dengan benar. Lebih lagi, anda bisa melakukan usaha ini dimana saja dan kapan saja

Untuk mencapai pelanggan anda, anda perlu menunjukkan keahlian anda di sosial media. Saya kasih contoh. Misal anda ahli membuat desain produk, buatlah postingan mengenai pengalaman anda desain produk, kesalahan desainer produk pemula dan apa yang anda pelajari selama anda menekuni bisnis desain produk. Anda bisa mengupload postingan tadi ke banyak channel sosial media seperti Facebook, Instagram atau bahkan LinkedIn.

Jika anda baru saja memulai, buatlah desain untuk project lokal anda. Tawarkan jasa anda pada kerabat, teman, dan keluarga. “Paksa” mereka untuk memberi anda testimoni dan pengalaman melakukan bisnis dengan anda. Karena zaman sekarang memerlukan banyak sekali social proof atau bukti sosial seperti testimoni untuk memvalidasi bisnis anda.

Apabila pesanan anda sudah banyak, jangan takut untuk memberi rate yang lebih tinggi untuk jasa anda. Karena pengalaman anda terbentuk dengan sendirinya ketika anda menerima banyak pesanan dari banyak pelanggan.

Kesalahan pemula yang sering saya temui adalah anda tidak menghitung berapa jam yang anda habiskan untuk membuat satu pesanan. Karena dalam bisnis bidang jasa, selain skill, anda menjual waktu dan pengalaman anda.

Itu tadi adalah tiga peluang usaha rumahan yang bisa anda lakukan di rumah beserta detail yang perlu anda ketahui untuk memulai usaha rumahan anda di desa dan juga detail lainnya agar bisnis anda tetap berjalan dan menguntungkan. Semoga anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari artikel peluang usaha rumahan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here