4 Peluang Usaha Online Dengan Modal Kecil Untuk Pemula

0
162
Peluang Usaha Online

Dengan adanya pandemi corona ini, semakin banyak orang yang sadar akan peluang usaha online yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan pemasaran offline atau konvensional mengalami banyak kendala karena adanya peraturan physical distancing. Nah, tentunya, bagi Anda yang baru saja melirik jenis bisnis ini masih bingung, kira-kira apa saja peluang usaha yang dapat dimasuki.

Sebetulnya, ada banyak jenis peluang usaha online yang saat ini berkembang pesat. Namun, sebelum memilihnya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa passion yang dimiliki. Bahkan, keuntungan dari bisnis online adalah bisa dilakukan tanpa modal sekalipun.

Nah, untuk mendalami tentang peluang usaha online, maka berikut ini akan kami rangkum pembahasan lengkapnya untuk Anda. Langsung saja, ini dia ulasannya!

Kelebihan Bisnis Online

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai jenis peluang online. Anda harus memantapkan diri terlebih dahulu. Caranya, dengan melihat berbagai kelebihan yang dimiliki oleh bisnis ini. Apa sajakah yang menjadi keunggulannya? Berikut ulasannya!

  1. Membutuhkan Modal yang Relatif Kecil

Modal untuk membuka peluang usaha online bisa dibilang cukup kecil. Bahkan, jika dibandingkan dengan bisnis offline sekalipun. Dimana bisnis offline membutuhkan kantor, tempat menyimpan barang, toko, dan berbagai sarana prasarana lainnya. Namun, untuk menjalankan bisnis online, maka Anda bisa lebih menghemat penggunaan tempat. Untuk modal utama dari bisnis online adalah gadget dan jaringan internet saja.

  1. Mudah untuk Dilakukan

Bisnis online juga cukup mudah untuk dilakukan. Bahkan, tidak terbatas waktu dan tempat. Anda juga bisa mempelajari berbagai macam jenis usaha melalui internet secara otodidak. Bisnis ini tidak membutuhkan ijazah, siapa saja dapat melakukannya.

  1. Biaya Operasional yang Efisien

Bisnis offline tentu saja membutuhkan biaya operasional yang cukup besar untuk menghasilkan produk. Namun, pada bisnis online, biaya operasionalnya lebih efisien. Dimana Anda hanya membutuhkan pengeluaran untuk membayar biaya PLN, internet, dan sebagainya. Jika dibandingkan, peluang usaha online lebih hemat pada biaya operasionalnya.

  1. Target Market yang Lebih Luas

Jika Anda berbisnis offline, tentu saja target marketnya adalah orang-orang terdekat saja. Lain halnya dengan usaha online dimana Anda melakukan promosi dan transaksi melalui media internet. Seperti yang Anda tahu, internet adalah tempat yang tidak terbatas oleh ruang. Dimana pun berada, calon konsumen dari produk Anda dapat dijangkau.

Tak hanya dari beda kota, bahkan beda pulau dan negara pun sangat mungkin untuk diraih pasarannya. Sehingga, masalah geografis tidak akan menghalangi kesempatan untuk mempromosikan produk.

  1. Tidak Terikat oleh Waktu

Bisnis online bisa dilakukan kapan saja sesempat Anda. Sebab, banyak aktivitas online yang sifatnya otomatis dan tidak mengontrol. Anda bisa melakukan bisnis di siang, pagi, sore, atau malam hari. Semuanya memiliki sifat mudah, instan, dan cepat.

  1. Biaya Promosi yang Murah

Pada bisnis offline, pengeluaran untuk promosi cukup besar karena harus mencetak  brosur atau memasang iklan. Namun, bisnis online sangat memungkinkan proses promosi Anda tidak memakan biaya sama sekali. Cukup memanfaatkan berbagai media seperti platform medsos, marketplace, dan sebagainya.

Jenis Peluang Usaha Online

Sesudah mengetahui apa saja keuntungan menjajal peluang usaha online, sekarang saatnya Anda mengenal beberapa jenis usaha yang dapat Anda lakukan. Mulai dari yang termudah hingga yang membutuhkan skill tertentu. Semuanya akan dibahas secara rinci dan mendetail. Pastikan Anda tidak melewatkan satupun pembahasannya. Nah, sekarang, sila simak ulasannya di bawah ini!

Peluang Usaha Online Dropship

Dropshipping adalah proses pengiriman barang yang dilakukan secara langsung pada pelanggan dari pemasok dimana pemasok menjadi pihak ketiga atau disebut juga sebagai vendor. Keunggulan menjadi dropshipper adalah Anda tidak perlu menyimpan barang dahulu pada lokasi yang Anda miliki.

Baca Juga  Ini Dia Peluang Usaha Waralaba Pengeruk Laba, Anda Wajib Tahu

Jika disederhanakan lagi, dropshipping ini tidak jauh beda dengan reseller. Akan tetapi, dropshipping memungkinkan penjual tidak melakukan kegiatan stok barang serta penjual tidak ikut serta pada proses pengiriman barang pada pemesan.

Jadi, dropshipper hanya meneruskan pesanan dari pembeli dari supplier. Nantinya, supplier akan mengirim barang pada pembeli atas nama dropshipper. Sampai di sini sudah paham konsepnya, kan?

Cara Menjadi Dropshipper

Sekarang, Anda simak baik-baik bagaimana cara untuk menjalankan bisnis online yang satu ini!

  1. Ketahui Apa yang Akan Dijual

Nah, untuk memulai usaha ini, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu perihal konsep dan ide produk yang akan dijual. Cara mengetahuinya, Anda harus menentukan siapa saja yang akan menjadi target pasarnya.

Pastikan Anda menawarkan solusi dari permasalahan di sekitar Anda. Semisal, Anda tinggal di daerah yang udaranya cukup dingin. Maka, menjual pakaian hangat dan aneka jaket adalah pilihan yang sangat tepat.

  1. Memilih Supplier

Untuk mendapatkan supplier yang tepat, sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah. Pertama, lakukan riset dengan cara membandingkan antara beberapa supplier mulai dari kebijakan perdagangan, kredibilitas, harga, dan kualitas produknya. Pastikan untuk memilih supplier yang tidak akan memberikan risiko jangka panjang untuk bisnis yang dijalankan.

  1. Membuat Toko Online

Jika sudah mendapatkan supplier yang tepat, sudah saatnya membuat toko online. Rambah lah beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan sebagainya. Buat juga toko di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Selain itu, buat website-nya sebagai rujukan jenis produk dan branding dari produk-produk Anda.

  1. Buat Perencanaan Pengiriman yang Baik

Konsep kan metode pembayaran, cara pemesanan, dan sebagainya yang mendukung alur pengiriman. Dengan begitu, calon pembeli tidak akan kebingungan ketika akan membeli produk dari toko Anda.

  1. Promosikan Bisnis

Jika semua yang berhubungan dengan bisnis sudah selesai Anda konsepkan, maka saatnya untuk melakukan promosi. Terdapat beberapa strategi pemasaran yang bisa dipakai untuk memasarkan bisnis. Mulai dari SEO, Iklan berbayar atau PPC, email marketing, dan Instagram Ads atau Facebook Ads. Pilih lah metode promosi yang sesuai dengan budget Anda.

Cara Mengambil Keuntungan dari Bisnis Dropship

Keuntungan yang akan dapatkan adalah dari selisih harga jual dengan harga produk dari supplier ditambah ongkir. Agar lebih mudah, maka akan dibuat ilustrasi di bawah ini:

Semisal Anda menjadi dropshipper untuk produk baju rajut. Dari supplier harganya adalah Rp 32.500,-. Sedangkan ongkos kirimnya adalah Rp 8.000,-. Sehingga, harga keseluruhan adalah Rp 41.500,-. Jika Anda menjual baju seharga Rp 55.000,-, maka laba yang Anda peroleh adalah Rp 55.000,- dikurangi dengan Rp 41.500,-, sehingga hasilnya Rp 13.500,-.

Sehingga, apabila terdapat konsumen yang akan membeli baju rajut, maka Anda akan mendapatkan keuntungan Rp 13.500,-. Ini baru satu barang, jika dalam sehari Anda bisa menjual 10 baju rajut, maka jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah Rp 135.000,-. Cukup banyak kan?

Peluang Usaha Online Publisher Iklan

Saat ini, menjadi publisher iklan merupakan bisnis yang cukup banyak diperbincangkan. Namun, ada juga beberapa orang yang belum familiar dengan istilah pekerjaan yang satu ini. Nah, sebelum masuk terlalu dalam, ada baiknya bagi Anda mengetahui apa itu publisher iklan terlebih dahulu. Nah, publisher iklan sendiri adalah bisnis pemasangan iklan dari produk orang lain yang dipasangkan pada website maupun blog Anda.

Baca Juga  Menguntungkan! Beternak Kelinci Pedaging, Peluang Usaha Desa Yang Patut Dicoba

Nantinya, pengunjung website akan melihat iklan dan meng-kliknya. Nah, dari klik tersebut, Anda pun akan mendapatkan pundi-pundi rupiah. Terdapat beberapa sistem pengiklanan di internet dengan ketentuan yang berbeda-beda.

Menjadi Publisher Iklan Google Adsense

Salah satu agen iklan yang paling populer di dunia adalah Google Adsense. Saat ini, program yang dibuat oleh Google ini sudah mempunyai puluhan ribu publisher yang tergabung dalam agensi. Kesuksesan banyak publisher pun tidak bisa di bilang main-main. Untuk menjadi salah satu publisher iklan dari Google Adsense, maka alur yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah konten yang berkualitas yang berisi artikel informatif serta memberikan solusi pada permasalahan pembaca.
  2. Jika sudah, bangun lah backlink berkualitas tanpa spam sehingga bisa mendongkrak page authority serta domain authority blog yang Anda miliki.
  3. Selanjutnya, rajin lah melakukan promosi melalui media sosial, sehingga blog semakin terkenal luas oleh pengguna internet.
  4. Selalu tambah wawasan sebagai publisher. Jangan ragu untuk bergabung pada forum yang membahas optimasi blog secara khusus serta bagaimana cara melakukan optimasi Google Adsense.

Platform Publishing Iklan Lainnya

Selain melalui Google Adsense, Anda juga bisa mendaftarkan diri pada platform publishing iklan yang lain seperti Infolinks, Adnow, Chitika, Media.net, Payclick, RevenueHist, dan masih banyak lagi.

Potensi Pendapatan

Peluang usaha online yang satu ini memang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan banyak blogger yang sudah membuktikannya. Dengan menjadi publisher iklan, maka penghasilan Anda bisa mencapai ratusan juta setiap bulannya. Namun, tentu saja Anda perlu bersabar karena biasanya, pendapatan tersebut baru bisa optimal setelah blog berjalan beberapa waktu.

Sangat disarankan bagi Anda untuk membangun blog dengan Bahasa Inggris. Sebab, website Bahasa Indonesia akan memiliki nilai klik yang sangat kecil ketimbang website dengan Bahasa Inggris.

Peluang Usaha Online Copywriter

Apabila Anda memiliki kemampuan menulis yang baik, maka manfaatkan skill Anda untuk menjadi pengusaha online yakni copywriter. Sebab, di internet, banyak sekali blogger dan website yang membutuhkan jasa copywriter. Pekerjaan ini juga kerap disebut dengan salesman in print.

Nah, bagaimana caranya untuk menjadi seorang copywriter? Mari membahasnya lebih lanjut!

Cara Menjadi Copywriter

Untuk menjadi copywriter, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

  1. Menulis

Tentu saja, untuk menjadi seorang penulis, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menulis. Anda bisa mulai dengan menulis blog keseharian, resep atau tulisan sederhana yang lainnya. Semakin sering Anda menulis, semakin bagus dan tertata juga bahasa yang Anda susun.

  1. Mempelajari Dasar Tulisan Persuasif

Menjadi copywriter, maka Anda akan terbiasa dengan jenis tulisan persuasif. Sebab, di sini, Anda akan menjadi “penulis copy”. Dimana tulisan Anda harus bisa memengaruhi pembaca untuk melakukan aksi yang diinginkan. Sehingga, copywriting merupakan keahlian mahal serta bermanfaat untuk jangka panjang.

Beberapa skill copywriting yang banyak dicari diantaranya mempelajari cara untuk membuat headline, value proposition, landing page, sales email, penulisan iklan, video script, dan sebagainya.

  1. Dapatkan Klien

Sebetulnya, keahlian copywriting didapatkan dari 10% teori serta 90% praktik langsung. Nah, untuk mendapatkan klien pertama sementara Anda belum memiliki portfolio, maka Anda harus membangun kerja sama gratis.

Ini demi untuk membangun portfolio. Dengan begitu, Anda akan mampu menunjukkan bakat dan kemampuan Anda. Untuk pertama, sebaiknya jangan terlalu fokus pada penghasilan.

Jika sudah memiliki portfolio, maka Anda bisa mencari klien yang bersedia untuk membayar.

  1. Mempromosikan Jasa

Selanjutnya, Anda bisa mencari orang yang potensial untuk membayar jasa yang ditawarkan. Karena belum mempunyai network serta kenalan dan juga rekam jejak, maka Anda harus melakukan promosi. Sebaiknya Anda harus bersedia untuk dibayar rendah terlebih dahulu, kemudian baru naik setingkat demi setingkat.

Baca Juga  Memulai Bisnis Hijab Dari Nol

Ambil semua jenis tawaran pekerjaan serta buat lah copywriting sebaik mungkin. Selanjutnya, Anda mungkin akan bertemu dengan klien yang bersedia untuk bisa tumbuh bersama beberapa tahun selanjutnya.

Selain itu, selalu aktif mempromosikan jasa pada berbagai situs freelance maupun grup Facebook yang berkaitan.

Keuntungan yang Diperoleh

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa peluang usaha online memiliki modal yang tidak seberapa besar. Anda hanya membutuhkan laptop, koneksi internet untuk riset, serta kemampuan untuk menulis dengan baik saja.

Estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan jika satu tulisan dihargai Rp 30.000,-, sedangkan dalam satu hari Anda bisa menulis 5 tulisan, maka penghasilan sehari adalah Rp 150.000,-. Dalam sebulan, Anda bisa memeroleh pendapatan sekitar Rp 4,5 juta. Tentu saja bisnis ini sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan banyak modal.

Peluang Usaha Online Freelancer

Selanjutnya, Anda bisa menjadi seorang freelancer untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah secara online. Freelancer artinya Anda bekerja secara lepas dimana tidak terdapat keterikatan dari pihak pekerja serta orang yang mempekerjakan. Jika pekerjaan sudah selesai, maka freelancer akan dibayar sesuai dengan kesepakatan.

Bisnis online ini cakupannya sangat luas. Mulai dari input data, translator, logo serta desain grafis, dan juga membuat software. Nah, keuntungan menjalankan bisnis ini adalah Anda bisa mengerjakannya di dalam rumah.

Modal

Untuk menjadi seorang freelancer online, maka ada beberapa kemampuan dasar yang harus Anda miliki. Diantaranya memiliki kemampuan bahasa asing dan juga skill sesuai dengan bidang yang akan Anda masuki.

Seperti jika Anda akan menjadi translator, maka harus mempunyai kemampuan menerjemahkan bahasa asing dengan baik. Jika Anda akan menjadi desainer grafis, tentunya harus menguasai cara menggunakan software desain grafis secara profesional.

Untuk menjadi freelancer, biasanya klien tidak membutuhkan ijazah atau gelar. Di dunia freelancer, ijazahnya adalah portfolio.

Cara Mempromosikan Jasa Secara Online

Setelah Anda mengetahui bidang apa yang akan ditekuni sebagai freelancer online, maka selanjutnya, Anda harus membangun keterampilan sesuai dengan bidangnya. Seperti keterampilan memakai illustrator & photoshop pada waktu luang di samping pekerjaan utama.

Selanjutnya, iendtifikasikan lebih detail terkait dengan target klien. Semisal, jika Anda merupakan freelancer writer di lingkungan e-commerce dan startup, maka sebaiknya fokuskan target klien yang tengah membangun proyek bisnis. Dengan begitu, Anda bisa meyakinkan bahwa Anda merupakan orang yang tepat dalam membantu kesuksesan bisnis yang sedang dijalaninya.

Jika sudah, tentukan tarif jasa yang sesuai. Jangan biarkan orang untuk mendikte dalam menentukan tarif jasa. Sebaiknya Anda pilih klien yang lebih tepat sasaran dengan anggaran yang besar. Yang mana mereka akan mengeluarkan uang yang lebih besar dengan tujuan investasi.

Tak kalah penting bagi Anda untuk membangun website portfolio yang menarik dan berkualitas sebagai referensi bagi calon klien untuk melihat hasil kerja Anda.

Demikian pembahasan tentang peluang usaha online terbaru yang dapat Anda pahami. Tidak ada usaha menguntungkan yang bisa dilakukan secara instan. Untuk itu, selalu bersabar dan menekuninya. Pastikan juga untuk selalu melakukan personal branding agar Anda bisa sukses menjalani usaha tersebut. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here