Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal

0
658
Distributor Tunggal

Dari sekian banyak ide bisnis yang bisa Anda jalani, menjadi distributor tunggal adalah salah satu yang cukup menggirukan. Mengapa bisa dikatakan demikian? Selain potensi keuntungan yang relatif besar, peluang usaha menjadi distributor tunggal juga dapat dijalankan dengan mudah dan dikembangkan secara cepat.

Namun kembali lagi, kesuksesan dari bisnis distributor tunggal ini sangat tergantung dengan management dan cara kerja Anda. Semakin baik etos kerja perusahaan Anda, maka peluang sukses pun akan lebih besar.

Pengertian Distributor Tunggal

Distributor tunggal ialah pihak yang mendapatkan hak ekslusif dari pihak supplier. Hak tersebut didapatkan melalui perjanjian antara distributor dan supplier, yang mana isi dari perjanjian tersebut mengatakan jika pihak Anda akan menjadi satu-satunya distributor pada wilayah pemasaran tertentu.

Tentunya supplier tak bisa melanggar perjanjian tersebut dengan menambah distributor pada wilayah yang sama, atau dapat dikenai sanksi sesuai kesepakatan yang telah dibuat. Keuntungan yang didapatkan distributor tunggal dari perjanjian ini adalah, bisa mendapatkan harga spesial. Sehingga produk bisa dijual kembali ke retailer dengan harga pasaran.

Baca Juga  4 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Cara Menjadi Distributor Tunggal

Jika Anda ingin masuk ke dalam bisnis ini, sebelumnya Anda perlu mengetahui jenis produk yang ingin didistribusikan. Apakah ingin menjadi distributor jasa atau barang. Anda juga perlu menentukan jenis perusahaan yang hendak dijalankan, apakah perusahaan distributor pribadi atau perorangan.

Setelah menentukan jenis produk dan perusahaan, Anda bisa mencari supplier yang tepat. Sebagai contoh, jika Anda ingin menjadi distributor produk makanan, maka Anda bisa mencari tahu perusahaan apa saja yang menawarkan kerja sama dengan pihak distributor tunggal. Selanjutnya cari tahu apakah perusahaan tersebut sudah memiliki distributor tunggal di wilayah Anda.

Dalam menentukan perusahaan yang hendak dijadikan supplier, Anda perlu melihat bagaimana rekam jejaknya. Keunggulan dan kekurangan produk yang dihasilkan juga harus dipelajari secara baik. Dengan begitu, Anda dapat memasarkan produk yang sudah jelas kualitasnya.

Keuntungan Menjadi Distributor Tunggal

Selain mendapatkan harga spesial dari supplier, distributor tunggal juga akan mendapatkan banyak keuntungan lain. Apa sajakah keuntungan dari peluang usaha menjadi distributor tunggal? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Pasar Bebas Pesaing dan Lebih Besar

Dari definisi distributor tunggal di atas, Anda tentu sudah bisa menyimpulkan jika pelaku distributor tunggal tidak akan mendapati pesaing dalam wilayah pasarnya. Dalam konteks ini, pesaing yang dimaksud ialah pesaing untuk produk sejenis. Anda akan menjadi satu-satunya distributor pada wilayah pasar tertentu.

Baca Juga  Begini Sebaiknya BUMDesa Merumuskan Peluang Usaha

Luas wilayah pasar yang bisa Anda kuasai pun relatif lebih besar. Tanpa adanya pesaing, Anda bisa menguasai wilayah pasar secara total. Meski tak bisa dipungkiri jika persaingan dengan produk dari merk lain tetap akan terjadi.

Dengan wilayah pasar yang begitu luas, profit yang Anda dapatkan pun otomatis akan tinggi. Walaupun nominal profit per produk cukup kecil, namun Anda bisa bermain dengan kuantitas.

  1. Bebas Biaya Produksi

Keuntungan lain menjadi distributor tunggal ialah bebas biaya produksi. Dimana Anda hanya berperan sebagai distributor atau penyalur produk maupun jasa dari supplier. Sehingga yang akan Anda dapati hanyalah biaya operasional dan lainnya, tanpa ada biaya produksi sepersen pun.

Seluruh biaya produksi menjadi tanggung jawab pihak supplier. Jika pun terjadi kerugian dalam proses produksi, maka hal tersebut tidak akan menganggu bisnis Anda. Namun ketika produksi berjalan dengan lancar, dan Anda bisa mendistribusikannya secara maksimal, maka Anda juga akan memperoleh keuntungan besar.

  1. Tak Perlu Memikirkan Kualitas Produk

Bukan hanya tidak harus mengeluarkan biaya produksi, namun Anda juga tak akan dipusingkan dengan kualitas produk. Termasuk untuk masa kadaluarsa produk, sebab semua masalah tersebut menjadi tanggung jawab supplier sebagai produsen.

Baca Juga  Gampang Menjual Produk Desa, Begini Caranya

Beberapa perusahaan juga akan menawarkan proses return untuk produk-produk kadaluarsa. Sehingga pihak distributor tidak akan menderita kerugian. Namun proses return ini tentunya bisa dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan supplier.

Melihat betapa menggiurkannya peluang usaha menjadi distributor tunggal, masihkah Anda ragu dengan sektor bisnis satu ini? Dengan managemen perusahaan dan pemasaran yang baik, Anda bisa menggapai kesuksesan dalam waktu yang terbilang singkat. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here