5 Peluang Usaha di Kampung yang Praktis dan Bisa Dijadikan Ladang Uang

0
584
Peluang Usaha di Kampung

Peluang Usaha di Kampung – Hidup di daerah perkampungan memiliki beberapa plus minus. Mulai dari tidak tersedia banyak lahan karena merupakan pemukiman yang padat serta menjadi lokasi untuk tempat tinggal menengah ke bawah baik di perkotaan ataupun di pedesaan. Meski begitu, orang yang memiliki jiwa pengusaha artinya bisa menjadi problem solver  dari berbagai kendala yang ada.

Membahas tentang bisnis, terlepas dari plus minus daerahnya, ada banyak peluang usaha di kampung yang dapat Anda jalankan. Saat ini, Anda harus pandai melihat peluang agar pundi-pundi rupiah dapat bertambah. Namun, jika membutuhkan referensi,

Berikut adalah beberapa ide peluang usaha di kampung

  1. Membuka Toko Kelontong

Peluang Usaha di Kampung

Mungkin, di sekitar Anda sudah banyak toko kelontong yang menjual berbagai macam barang kebutuhan pokok. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk terjun mengikuti persaingan. Sebab, kebutuhan pokok sudah pasti dibutuhkan setiap hari. Sehingga, penjualannya akan terus berjalan tidak pandang musim.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Di Daerah Pesisir

Meski begitu, Anda harus memberikan sedikit perbedaan dengan toko kelontong lain. Seperti menggunakan konsep yang lebih modern, sehingga warga kampung akan lebih tertarik mengunjungi toko Anda.

Beberapa barang yang dapat Anda jual pada peluang usaha di kampung ini meliputi beras, sembako, sayuran, cabai, bawang, dan juga buah-buahan. Lengkapi juga dengan berbagai jajanan agar anak-anak tertarik untuk membeli di toko Anda. Hal yang paling penting untuk menjalankan usaha ini adalah mencari distributor yang menjual barang secara murah dan lengkap.

  1. Menjual Hasil Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan

Sebetulnya, perbedaan antara perkampungan dan kota metropolitan sudah cukup bias dengan adanya internet. Dimana setiap peluang usaha di kota juga mudah diakses oleh masyarakat kampung atau desa. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan produk yang Anda buat sendiri seperti hasil kerajinan tangan.

Coba Anda perhatikan, kira-kira apa potensi yang kampung Anda miliki. Apakah ada tanaman atau potensi lain yang dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan. Seperti pada kelompok ibu-ibu di daerah suku Dayak yang menciptakan aneka hiasan dari bahan manik-manik dari Kalimantan. Ada ciri khas dari manik ini yang disebut dengan mutu manikam.

Baca Juga  Peluang Usaha Menjanjikan di Desa Yang Bisa Anda Kembangkan

Bahkan, dari kerajinan sederhana seperti ini, mutu manikam sudah menjadi salah satu item yang dicari dan ditampilkan dalam pagelaran fashion dunia. Anda juga bisa mencontoh semangat dari masyarakat Dayak ini dengan menjual kerajinan khas dari kampung ke kota.

  1. Bisnis Online

Bisnis Online

Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya bahwa jaringan internet sudah membatasi sekat-sekat antara perkampungan dan perkotaan. Sehingga, peluang usaha di kampung menjadi semakin banyak. Seperti salah satu contohnya adalah bisnis online. Anda bisa menjual berbagai macam produk yang cukup sulit didapatkan di perkampungan.

Mulai dari fashion, aksesoris, mainan edukasi untuk anak, dan masih banyak lagi. Agar bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan, Anda juga bisa melakukan sistem dropship dimana Anda tidak membutuhkan adanya stok. Penjualan langsung dikirim ke tempat pemesan produk tersebut.

  1. Angkringan Gaul

Angkringan

Di lokasi yang jauh dari kota, angkringan masih menjadi peluang usaha di kampung yang tidak kalah menarik untuk dilakoni. Pasalnya, angkringan merupakan tempat berkumpul yang paling nyaman sekaligus murah.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa terbaru: Warung Burjo, Modal dan Analisa Keuntungannya

Untuk menarik lebih banyak pelanggan, Anda bisa menambahkan sedikit hiburan. Seperti menggunakan proyektor untuk menayangkan siaran Moto GP atau sepak bola. Sudah pasti, dengan adanya tayangan yang menarik akan membuat angkringan sebagai tempat nongkrong yang asyik.

  1. Minuman Kekinian

Thai tea

Di kota besar, minuman kekinian sudah menjamur dan semakin banyak variannya. Sehingga, sangat berpotensi mendatangkan keuntungan apabila dibawa ke daerah pekampungan. Namun, dengan syarat benderol harga yang tidak terlalu tinggi seperti di kota.

Beberapa jenis minuman kekinian yang dapat Anda buat diantaranya Thai tea, Cappucino cincau, Mango Thai, Boba, dan masih banyak lagi. Anda bisa melakukan riset di internet atau di Youtube bagaimana cara membuatnya dan apa saja bahan-bahannya.

Berbagai peluang usaha di kampung dapat Anda lakukan dengan cara melihat apa saja potensi yang mungkin bisa dimasuki. Riset juga produk dan jasa apa saja yang paling dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar Anda. Pun, jangan lupa untuk menghitung harga produk dengan tepat supaya keuntungan yang didapatkan lebih maksimak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here