5 Peluang Usaha di Jogja yang Paling Menjanjikan

0
181
Peluang Usaha di Jogja
Peluang Usaha di Jogja

Jogja, kota penuh kenangan yang mempunyai potensi menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tinggi. Baik dari sisi sumber daya alam hingga sumber daya manusianya, sama-sama mendukung para pengusaha untuk bisa mengembangkan bisnisnya secara maksimal. Dengan begitu, Anda pun bisa mulai mengulik peluang usaha di Jogja untuk bisa menjadi enterpreneur yang sukses.

Jika Anda mulai melirik Kota Budaya ini untuk lokasi bisnis selanjutnya, maka ada beberapa ide yang paling potensial untuk dijalankan. Lantas, apa sajakah? Yuk, simak selengkapnya peluang usaha di Jogja yang tak boleh dilewatkan!

  1. Penginapan dan Kos

Selain menjadi Kota Budaya, Jogja juga menjadi kota pelajar dan salah satu destinasi wisata utama di Indonesia. Sehingga, usaha penginapan dan kos akan sangat menjanjikan dan bisa berkembang pesat di kota ini.

Menurut data yang didapatkan dari BPS, sudah ada sekitar 350 ribu mahasiswa yang ada di Ygyakarta serta dapat bertambah terus setiap tahun. Dengan begitu, kos pun dibutuhkan setiap saat. Anda pun dapat memanfaatkan kamar yang tak dipakai di dalam rumah untuk dijadikan sebagai homestay.

Baca Juga  Peluang Usaha Untuk Pemula Anti Gagal

Usaha ini sangat potensial untuk memberikan Anda passive income. Terlebih di hari-hari khusus seperti wisuda dimana orang tua mahasiswa akan menyempatkan waktu menghadirinya dan membutuhkan penginapan.

  1. Alat Tulis Kantor dan Fotokopi

Karena menjadi kotanya para pelajar dan ada banyak perkantoran, maka kebutuhan utama yang harus dipenuhi adalah alat tulis dan fotokopi. Usaha ini akan mendulang banyak keuntungan jika Anda menempatkannya di lokasi sekitar kampus, sekolah, dan perkantoran.

Bisnis ini juga cukup cepat berkembang karena sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Selain menyediakan jasa fotokopi dan alat tulis, sediakan juga jasa tambahan berupa jasa jilid skripsi, laminating, edit foto, dan jasa lain yang dibutuhkan mahasiswa, siswa, dan karyawan kantor.

  1. Bisnis Oleh-Oleh

Dengan kunjungan wisata yang begitu banyak, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuka peluang usaha di Jogja berupa toko oleh-oleh. Anda bisa menjual cendera mata, souvenir, dan juga makanan khas Jogja. Berdayakan orang-orang di sekitar Yogyakarta untuk membuat aneka oleh-oleh tersebut.

Baca Juga  5 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online Dengan Copywriting

Sebab, baik untuk mahasiswa dan pengunjung wisata, datang ke Jogja tidak lengkap tanpa membawa buah tangan. Beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh diantaranya yangko, bakpia, geplak, gudeg, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk souvenir bisa berupa batik, kaos Jogja, kerajinan perak, sandal batik, aksesoris, dan sebagainya.

  1. Tour and Travel

Peluang usaha di Jogja yang selanjutnya adalah tour and travel. Bisnis ini sangat menjanjikan karena ada banyak sekali lokasi wisata di Jogja yang belum familiar tetapi memiliki panorama yang memukau. Nah, karena belum familiar, maka para pengunjung tidak tahu cara untuk menjangkau lokasi wisata tersebut.

Selain itu, banyak juga orang yang ingin berwisata secara praktis dengan pendampingan. Sehingga, tidak perlu ada acara kesasar ke lokasi yang tidak diketahui. Anda dapat mendirikan usaha ini dengan mengakomodasikan kebutuhan para wisatawan. Anda dapat menyediakan beberapa pilihan paket. Mulai dari antar jemput ke tempat wisata hingga paket wisata yang lengkap seperti menyediakan penginapan, guide, makanan, dan sebagainya.

  1. Usaha Kuliner

Kota Yogyakarta memang diisi oleh banyak sekali pendatang. Hal ini dikarenakan potensi wisata yang sangat tinggi dan juga ada banyak kampus ternama yang berlokasi di Yogyakarta. Nah, untuk itu, penyediaan makanan dan kuliner khas akan menjadi salah satu peluang usaha di Jogja yang sangat potensial.

Baca Juga  Peluang Usaha dari Hobi, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Selain itu, di Jogja, ada banyak kuliner khas yang sudah terkenal. Beberapa diantaranya gudeg, oseng mercon, mie lethek, mangut lele, bakpia, bakmi jawa, dan sebagainya. Jika Anda menyasar para pelajar, maka Anda bisa menjual makanan berat dengan harga yang terjangkau atau camilan untuk menemani mengerjakan tugas.

Anda juga bisa membuka lokasi usaha kuliner yang nyaman dan bisa menjadi tempat nongkrong dengan teman-teman. Usaha kuliner yang dijalankan bisa dibuat dengan lebih fancy dengan dikembangkan menjadi co-working space serta coffee shop agar lebih menarik perhatian.

Jadi, peluang usaha di Jogja mana yang Anda ingin jalankan? Pastikan Andan sudah menyusun konsepnya dengan baik serta telah menyasar target market yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here