Peluang Usaha Baru Yang Ramai Pelanggan, Namun Masih Sepi Pesaing 2021

0
1045
Peluang Usaha Baru

Tidak bisa di pungkiri bahwa setiap manusia pasti selalu menginginkan  sebuah hasil yang maksimal dari setiap usaha yang dilakukan. Namun, seseorang yang ingin memulai sebuah usaha biasanya mengalami ketakutan untuk gagal. Rasa takut inilah yang membuat seseorang menjadi sulit untuk berkembang, apalagi untuk memulai sebuah usaha. Padahal, saat ini ada banyak peluang usaha baru yang mudah dan menjanjikan

Namun, tentu saja, untuk bisa menemukan sebuah peluang dari usaha baru itu kita peluang juga berjuang untuk mencari peluang, supaya tidak ada kebangkrutan dalam usaha tersebut. Nah, untuk menemukan ide tersebut ternyata tidak mudah juga.

Namun, tentu saja, untuk bisa menemukan sebuah peluang dari usaha baru itu kita peluang juga berjuang untuk mencari peluang, supaya tidak ada kebangkrutan dalam usaha tersebut. Nah, untuk menemukan ide tersebut ternyata tidak mudah juga.

Selain sulit menemukan sebuah ide bisnis,  seseorang yang baru saja ingin memulai usaha biasanya memiliki sebuah keterbatasan pada modal usaha yang akan dijalankannya.  untuk itu kita membuat artikel ini, bertujuan untuk membantu kalian semua dalam  menentukan  bisnis apa saja atau Usaha apa saja yang memiliki peluang di tahun ini namun tetap memiliki modal yang tidak begitu besar jika dilakukan oleh pemula .  Berikut adalah pembahasannya

Peluang Usaha di tahun 2020 Untuk Pemula Di Berbagai Bidang

Usaha Di Bidang Kuliner

Usaha ini adalah salah satu usaha yang menjanjikan dengan modal kecil dan sangat berprospek untuk kedepanya karena bisnis ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas dan berasal dari semua kalangan. Anda sebagai pemula juga tidak harus memiliki modal yang besar dulu. Anda bisa memulai dengan bisnis kuliner kecil – kecil an terlebih dahulu.

Misalnya, warung makan sederhana. Tentu saja, usaha dibidang kuliner bukan hanya seperi restoran dan warung makan. Ada bisnis lainya yang bergerak di bidang kuliner dengan modal yang lebih minim yaitu

  • Catering

Usaha Catering adalah salah satu usaha yang berkembang cukup pesat saat ini. Untuk memulainya, anda juga hanya butuh peralatan makan dari diri sendiri atau keluarga sendiri. Sebagai permulaan, anda bisa memulainya dalam partai kecil lebih dulu.

Apabila modal yang anda miliki sudah cukup besar, anda bisa mencoba untuk melayani dalam parta besar seperti dalam sebuah resepsi pernikahan, hajatan dan lainya. Anda bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, facebook, WhatsApp dan lainya untuk memikat konsumen anda.

  • Pembuatan Makanan Ringan

Bisnis makanan ini adalah salah satu jenis usaha yang sedang marak diperbincangkan saat ini, khususnya untuk generasi milenial. Bisa anda lihat sekarang, ketika keluar rumah pasti ada saja yang menjual makanan ringan. Bisnis ini mempunyai keuntungan yang menjanjikan apalagi di era digital marketing saat ini. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

  • Kopi Susu Gula Aren

Seiring dengan semakin nge-trend sebutan anak indie, yang mana menjadi sebutan generasi millenial rang ini yang doyan menikmati senja di sore hari sambil ngopi. Bisnis kuliner kopi susu gula aren bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Menurut survei yang ditunjukkan dari riset IDN Times, setidaknya 32,1% orang di dunia mengkonsumsi kopi sebanyak 3 hingga 5 gelas kopi per hari.

Namun, untuk bisa sukses di bidang ini, tidak cuckup hanya mengandalkan rasa. Kamu perlu mempunyai strategi marketing yang tepat. Bukan hanya rajin promosi saja, untuk memuai bisnis kopi, kamu juga  harus pintar bermain dengan filosofi – filosofi yang ada pada kopi itu sendiri. Hal tersebutlah yang bisa menjadi daya tarik utama pelanggan.

Baca Juga  Peluang Usaha Untuk Pemula Anti Gagal

Usaha di Bidang Fashion

Jenis peluang usaha baru selanjutnya adalah usaha yang bergerak di bidang fashion. Fashion merupakan industri yang pertumbuhannya bisa dibilang sangat pesat. Bukan hanya di Indonesia saja. Namun, juga di seluruh dunia. Usaha jenis ini sangat cocok untuk anda yang selalu up to date mengikuti perkembangan trend. Ada beberapa jenis usaha yang bisa diperdalam antara lain.

  • Fashion Designer

Fashion Designer adalah seseorang yang pekerjaan nya merancang sebuah busana. Pekerjaan seorang fashion designer ini adalah seputar membuat sketsa busana kemudian membuat prototypenya untuk kemudian di produksi.

Untuk bekerja seperti ini, anda tidak perlu memiliki gelar sekolah yang tinggi, karena bahwasanya yang dinilai oleh clients anda nantinya adalah karya yang anda buat, bukan juga gelar anda. Sekarang sangat mudah mendapatkan ilmu dari internet. Jika anda tertarik dan merasa memiliki kemampuan tersebut anda bisa mencoba belajar lebih dan mencari komunitas untuk bekerja sama.

  • Fashion Blogger

Jika anda tidak memiliki kemampuan seperti menganalisa sebuah trend yang akan datang, dan melakukan design pakaian. Anda bisa mencoba sebuah usaha menjadi fashion blogger. kamu bisa berbagi kata – kata indah atau artikel – artikel terkait trend fashion bulan ini di blog mu sendiri atau bergabung dengan perusahaan fashion agency.

  • Menciptakan Brand

Menciptakan brand sendiri dan menjadi dikenal banyak orang adalah idaman bagi para penggiat bisnis fashion. Kebanyakan orang berfikir bahwa menciptakan brand akan sulit.

Namun, sebenarnya tidak apabila anda mau mencoba dan berusaha lebih keras lagi. Jikalaupun anda tidak memiliki latar belakang fashion anda bisa bekerja sama dengan designer, konveksi dan kreator lainnya.

Digital Marketing

Digital marketing adalah jenis bisnis yang sedang naik daun pada saat ini. Digital marketing adalah sebuah bisnis yang menggunakan strategi pemasaran digital di dunia online untuk menciptakan transaksi yang lebih besar dari pada hanya dari mulut ke mulut atau offline.

Kelebihan dari usaha di bidang digital marketing ini adalah anda bisa bekerja dari mana saja asalkan mempunyai koneksi internet. Dari rumah pun anda bisa mengerjakan pekerjaan ini. Jikapun harus keluar rumah, itu juga hanya untuk bertemu clients

Ada beberapa jenis usaha yang bergerak dalam bisnis digital marketing antara lain

  • Dropship

Dropship adalah sebuah bisnis digital yang dilakukan dengan cara melakukan penjualan pada suatu barang namun tanpa adanya stok barang. Ketika ada pelanggan yang ingin melakukan pembelian, anda hanya cukup menghubungi seller untuk mengirim barang tersebut ke pelanggan yang membeli produknya ke toko anda.

Bisnis ini hampir sama sekali tanpa modal, karena anda tidak perlu juga melakukan pembelian untuk stok barang dan tinggal promosi saja secara online lewat media sosial, market place atau website pribadi anda.

  •  Jasa Pembuatan Website

Jika anda mengetahui tentang ilmu – ilmu website development, walaupun anda hanya pemula, peluang usaha baru ini bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan tambahan penghasilan, karena kebutuhan website di era digital kini mengalami permintaan yang pesat, baik untuk pemerintah maupun individu.

  • Konsultan Bisnis SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah sebuah metode yang dilakukan dengan berbagai upaya yang bertujuan supaya halaman web/blog tertentu bisa mendapatkan posisi yang paling baik pada mesin pencarian. Entah itu Google, Bing, Mic. Edge , dan sebagainya.

Dengan menerapkan SEO, sebuah website akan lebih mudah dikenali Google, dan jika halaman anda berada di halaman pertama muka mesin pencarian, maka kesempatan pengunjung untuk  klik blog/web anda. Jika anda ahli dalam bidang tersebut, anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi konsultas SEO.

  • Usaha Penulis Konten

Hanya dengan menulis saja, anda bisa menghasilkan sebuah uang. Profesi ini dinamakan dengan Content Writer. Ada banyak website yang membayar sebuah artikel dengan harga yang pantas. Bahkan kebutuhan penulis konten ini semakin tiada tara.  Semua jenis usaha dalam bidang digital marketing diatas membutuhkan penulis.

Baca Juga  Mencari Peluang Usaha Baru? Simak 3 Jenis Usaha Kekinian Cocok untuk Milenial

Tips Sukses Membangun Usaha

Menjadi sukses adalah impian semua orang dan pasti, itu juga termasuk anda. Memulai sebuah usaha atau bisnis adalah salah satu cara untuk bisa mencapai kesuksesan tersebut. Seorang pengusaha juga dipandang oleh masyarakat dan selalu mendapat stereotype yang baik. Itulah mengapa, banyak orang yang ingin menjadi pengusaha.

Namun, untuk menjadi pengusaha dan sukses memanglah tidak mudah, ada banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Padahal, semua orang harusnya bisa menjadi pengusaha, jika mereka mau belajar dan bekerja keras. Untuk itu, kami sajikan beberapa tips dibawah ini untuk anda yang ingin menjadi pengusaha.

  • Sebaiknya Fokus Pada Satu Peluang

Seiring dengan berkembangnya dunia maya, sekarang apapun bisa menjadi sebuah peluang untuk melakukan bisnis. Adanya banyak peluang tersebut, terkadang membuat seseorang menjadi bingung harus mengambil peluang yang mana dan mana yang harus dikembangkan.

Dengan begitu, tak jarang kita temui ada hanya satu orang yang mengembangkan banyak peluang bisnis dalam kurun waktu yang bersamaan. Mungkin yang dipikirkan adalah dengan mengembangkan banyak peluang tersebut, nantinya akan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi.

Tidak masalah sebenarnya apabila anda menjalankan beberapa peluang secara bersamaan apabila mampu mengatur waktu berdasarkan porsinya yang tepat. Namun, apabila kamu tidak bisa membagi waktu, justru ini akan menghancurkan semua bisnis yang kamu jalankan. Jadi lebih baik fokus pada satu peluang saja.

Ketika anda hanya berfokus pada salah satu peluang saja, maka semua pikiran dan gagasan anda akan fokus hanya pada bisnis tersebut untuk semakin berkembang lagi dan semakin terarah jelas. Jika anda mengurusi banyak peluang bisnis, tentu pikiran anda akan terbagi – bagi untuk banyak ide bisnis dan akan menjadi masalah apabila malah menjadi tidak terarah.

  • Terjun pada bidang bisnis yang anda sukai

Dalam menjalankan sebuah usaha, apalagi bisnis, maka anda sebaiknya terjun pada bidang yang memang anda sukai. Jika anda terjun pada bidang yang anda sukai, maka kegiatan yang anda lakukan akan menjadi lebih maksimal karena dilakukan dengan sepenuh hati. Dengan begitu, hasil yang anda dapatkan akan lebih maksimal.

Ketika melihat sebuah peluang bisnis, seseorang biasanya mempertimbangkan mengenai prospek ke depannya dan peluang terciptanya pendapatan yang tinggi. Sebenarnya sah – sah saja. Namun, jika bidang bisnis yang anda lakukan itu sebenarnya tidak anda sukai, apalagi hanya karena disuruh seseorang. Sedangkan anda tidak melakukannya sepenuh hari, dikhawatirkan akan berdampak buruk pada kemudian hari.

  • Kuasai Seluk Beluk Tentang Bisnis Yang anda Sedang Jalankan

Menguasai segalanya tentang bisnis yang anda jalankan akan berdampak baik pada pertumbuhan bisnis anda nantinya. Kenapa begitu? Jadi, pada awal – awal, saat anda baru memulai sebuah bisnis, umumnya anda membutuhkan investor.

Apabila anda tidak nenguasai benar – benar tentang bisnis yang anda jalankan, tentu saja, seorang investor akan ragu menaruh uangnya di perusahaan anda.

Namun, ketika anda mampu menjelaskan kepada investor, mengenai bisnis anda dengan baik dan terstruktur. Seorang investor juga akan menjadi lebih yakin menaruh uangnya di perusahaan anda. Ketika anda mampu menjelaskan dengan sejelas mungkin, investor akan berfikir bahwa anda adalah orang yang tepat dan bisa dipercaya.

  • Jangan Malas Belajar dari Orang Lain

Kita tidak hidup sendirian di dunia ini dan kita telah dikodratkan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan oleh sang pencipta kehidupan. Setiap orang  juga diciptakan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing.

Baca Juga  Usaha Gypsum di Desa, Untung Bersih Rp. 4 juta Perbulan Siapa Mau?

Tidak ada manusia yang mampu menguasai segala hal sendirian. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk bisa bersikap lebih terbuka kepada orang lain. Salah satunya adalah dengan belajar dari orang lain. Kita bisa berkonsultasi kepada seseorang tentang hal yang lebih expert sesuai bidang yang kita tekuni.

Dengan begitu, segala sesuatu akan terasah lebih mudah, karena anda ada yang mengarahkan. Sebisa mungkin, carilah mentor untuk untuk membangun bisnis anda menjadi lebih besar lagi dan bermanfaat. Mentor tersebut bisa siapa saja yang anda anggap ilmu dia lebih tinggi di banding anda sendiri.

  • Milikilah Gaya Hidup yang Sederhana Saja

Meski pendapatan yang anda dapat itu sudah cukup untuk foya –foya, namun sebisa mungkin hindari gaya hidup yang berlebihan dan terlalu menghambur – hamburkan uang. Kenapa begitu? Karena, sebuah bisnis itu tidak pasti, dan suatu saat, suatu bisnis itu bisa saja jatuh.

Ketika gaya hidup anda terlalu berlebihan, maka di khawatirkan anda tidak mempunyai dana cadangan untuk sebuah kemungkinan terburuk.Teruslah belajar dan jangan cepat puas.

Lupakan saja dulu semua keindahan seperti mobil mewah, rumah mewah, dan segala kemewahan itu. Lebih baik anda hidup dalam kesederhanaan dan selalu rendah hati yang mana akan membuat anda jauh lebih menikmati sebuah proses.

Jikalaupun anda menginginkan kemewahan tersebut sebagai reward atas usaha anda, maka jangan lupakan sebuah investasi kedepan juga untuk segala kemungkinan terburuk pada diri anda. Dan anda harus merencanakan hal itu secara matang – matang dan sedetail mungkin.

  • Belajarlah dari Kegagalan

Dunia ini memang penuh kemungkinan atau ketidakpastian. Sama juga halnya dengan bisnis yang sedang anda jalankan. Jika anda menginginkan kemajuan dalam bisnis anda, maka anda harus bangkit dari kegagalan yang telah anda menimpa anda. Jangan hanya diam saja, karena dengan diam, sebuah masalah tidak akan selesai begitu saja.

Justru sebuah kegagalan haruslah terjadi, kenapa? Cerita sukses pengusaha mana yang bilang jika dirinya tidak pernah mengalami kegagalan? Belum ketemu kan? Justru kegagalan memang harus terjadi, karena ini akan mengajarkan anda arti dari sebuah jalan menuju kesuksesan. Untuk itu, anda juga harus bersiap untuk  mengalami sebuah kegagalan, jika ingin sukses. Teruslah mencoba dan jangan putus asa.

  • Buktikan dengan Tindakan, Jangan Hanya Omong Kosong

Pasti anda pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan “tong kosong berbunyi nyaring”. Nah, hal itu jangan sampai terjadi kepada anda. Sebagai calon orang sukses, anda harus lebih banyak bertindak daripada berkata – kata. Apalagi hanya sebuah omomg kosong.

Demikian artikel mengenai peluang usaha baru 2020 – 2021 yang menguntungkan dan tips –tipsnya yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan untuk anda yang ingin menjadi seorang penguasa sukses. Ingat! Tidak ada yang pasti di dunia ini. Semua penuh kemungkinan. Termasuk kemungkinan untuk anda sendiri menjadi pengusaha yang sukses suatu hari nanti. – Hari Murti –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here