Oleh-Oleh Khas Solo, Roti Priyayi Khas Solo Yang Melegenda

0
4604
Oleh-Oleh Khas Solo, Roti Priyayi Khas Solo Yang Melegenda

Mengunjungi kota kasunanan, Surakarta, tak lengkap rasanya kalau belum mampir ke pusat oleh-oleh solo. Memang, ada banyak buah tangan khas solo yang dapat Anda bawa sebagai oleh-oleh. Toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam makanan khan solo pun bertebaan diu beberapa tempat. Anda mau yang tradisional atau modern? Semua ada.

Oleh-Oleh Kekinian Khas Solo

Bagi yang penasaran dengan oleh-oleh kekinian khas solo, ada dua macam panganan yang lagi hits. Pertama adalah solo fluffy yang di gawangi oleh artis ternama, Jessica Mila. Solo fluffy merupakan kue bolu berbentuk bulat, dengan topping aneka rasa. Mulai dari keju, coklat, green tea, nuttela, dan berry. Harga yang di tawarkan untuk seloyang bolu manis kekinian ini berkisar di angka 50 ribuan.

Nah, yang kedua, adalah solo floss roll. Beberapa waktu, floss roll benar-benar sedang diserbu banyak peminatnya. Bahkan, Anda harus masuk waiting list terlebih dulu untuk dapat mencicipi bolu gulung isi abon yang nikmat ini. Bagaimana tidak, solo floss roll memiliki campuran rasa yang unik.

Berdesa Tour

Roti yang manis gurih, dipadu dengan abon sapi dan ayam yang tak kalah sedapnya. Nah, varian rasa floss roll ada 2, baik untuk daging sapi maupun ayam. Yakni yang pedas dan original. Dengan harga 50 ribuanuntu satu lonjor floss roll yang dapat dipotong menjadi 8, solo floss roll benar-benar layak untuk dijadikan buah tangan dari Solo.

Baca Juga  Wisata Lava Tour Merapi, Tidak Sekedar Uji Nyali

Orion Mandarijn Solo

Bagi Anda yang tinggal atau sering berkunjung ke kota solo, pasti sudah tak asing lagi dengan Orion Mandarijn. Berdiri sejak tahun 1930 an, Orion masih tetap berdiri megah di tengah kota solo.

Yang paling khas dari Orion adalah bolu mandarijn khasnya. Diambil dari kata mandarijn, yang memiliki makna priyayi tiong hoa, Orion mnadarin hingga kini masih tetap mempunyai temoat istimewa dihati para penikmatnya.

Orion mandarijn solo didirikan oleh sejoli berdarah tiong hoa, ialah Njoo Hong Yauw dan Tjan Giok Nio. Hingga kini, bolu khas Orion Mandarijn tak dijual ditempat lain. dan Anda juga tak akan menemukan cabangnya. Karena memang khusus dibuat di satu tempat tersebut, untuk menjaga kualitas rasanya yang tetap sama dari dulu hingga sekarang.

Seperti umumnya roti mandarin umumnya, bolu orion mandarijn juga terdiri dari dua lapis yang berwarna coklat dan kuning. Diantara keduanya disisipkan selai nanas yang lezat, namun tak begitu manis.

Bolu legit nan lezat ini, dari tahun ke tahun tak mengalami kenaikan harga yang signifikan. Dari tiga varian rasa yang ada, harga untuk seloyang kue basah ini dibandrol dengan harga mulai dari 50 ribuan hingga 150 ribuan saja.

Baca Juga  Puncak Kosakora: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Ada 3 varian rasa yang siap menggoyang lidah Anda. yaitu, original, kismis dan istimewa. Perbedaannya terletak pada tambahan bahan yang digunakan. Pada bolu kismis, adonannya sama dengan yang rasa original,hanya ditambahnyan taburan kismis. Sedangkan yang istimewa, penggunaan rumbutternya lebih banyak, sehingga memberikan sensasi lembut yang sedap dilidah.

Orion Mandarijn juga merupakan pusat oleh-oleh solo. Selain Anda dapat membeli seko9tak bolu mandarijn yang masih hangat, Anda juga dapat membeli beberapa makanan dan cemilan khas solo yang dijual di gerai ini. Seperti intip khas solo yang dibuat dari kerak nasi, kerupuk karak yang juga dibuat dari nasi, aneka peyek, sambel kacang, enting-enting, aneka keripik jeroan, hingga pia khas solo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here