Temiangan Hill, Negeri di Atas Awan di Desa BRIlian 2021

0
76

Pernah mendengar istilah negeri di atas awan sebelumnya? Ternyata hal itu benar adanya lho! Kerennya lagi lokasi wisata ini berada pada suatu desa di Pulau Sumatera tepatnya Desa Trimulyo, Lampung Barat. Namanya adalah Temiang Hill yang berlokasi sekitar 200 kilometer dari Kota Bandar Lampung dengan waktu tempuh hampir 4,5 jam melalui jalan tol tidak akan membuat para wisatawan yang berdatangan kecewa. Hal itu dikarenakan di sana mereka akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit.

Temiangan Hill merupakan destinasi wisata yang tiada duanya di sana karena belum banyak di daerah lain yang mengadopsi konsep wisata seperti ini. Nah, hal ini pun yang membuat Desa Trimulyo dinobatkan menjadi peringkat 4 dari 10 besar Desa BRIlian 2021 melalui program desa binaan oleh BRI yang bertujuan mendorong inovasi berkelanjutan bagi desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Rangkaian program desa binaan ini diminati sebanyak 2062 kandidat desa yang selanjutnya masuk pada tahap seleksi menjadi 350 desa lalu 287 diantara desa tersebut lolos untuk didanai BRIlian tahap 1 hingga akhir. Dari pembangunan menggunakan pendanaan tersebut itu ditetapkanlah 10 Pemenang Desa BRIlian 2021 yang salah satunya Desa Trimulyo ini dan masing-masing pemenang mendapat uang pembinaan sebesar 20 juta rupiah pada April 2021 lalu.

Banyaknya aspek penilaian sehingga Desa Trimulyo berhasil, salah satunya adalah BUMDes Tekad yang merupakan singkatan dari Tulodo, Endah, Kanggo, Ambangun, Desa, milik mereka yang selalu berusaha mendorong perekonomian masyarakat dengan berinovasi. Usaha ini terbukti dari banyaknya infrastruktur yang telah ada di desa ini, seperti yang kita bahas kali ini yaitu Temiangan Hill. Dimana tempat wisata ini menjadi sumber lapangan pekerjaan bagi semua warga desa sehingga dapat menambah income mereka.

Fakta unik salah satu fasilitas di Temiangan Hill yaitu ada ojek khasnya yang bernama Go Hill yang dapat digunakan oleh turis. Selain itu ada juga fasilitas peminjaman tenda untuk berkemah yang mulai dari proses pencucian hingga pelayanannya dikerjakan oleh warga Trimulyo serta aneka kuliner yang dijajakan di sana, bahkan pengunjung pun dapat memesan paket makanan yang dimasakkan langsung oleh ibu-ibu PKK Trimulyo.

Pastinya dari pemberdayaan secara penuh warga Desa Trimulyo oleh BUMDes Tekad sendiri ini menjadi poin penting yang membuatnya mendapatkan predikat Desa BRIlian ya. Dan semoga semakin banyak lagi desa-desa di Indonesia yang dapat mengikuti jejak Desa Trimulyo di kemudian hari!

Sumber : 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here