Mudahnya Proses Pemupukan Area Pertanian dengan Bantuan Drone!

0
26
Sumber : Kumparan

Dengan adanya teknologi dapat sangat memudahakan pekerjaan jika digunakan dengan bijak dan terus diinovasikan seiring dengan kebutuhan produktifitas yang diperlukan. Begitu pun untuk memudahkan pekerjaan para petani, yaitu untuk membantu keefektifan dalam proses budidaya pertaniannya, teknologi pesawat drone dapat digunakan untuk membantu penaburan pupuk maupun penyemprotan pestisida dengan cepat. Hal ini sudah mulai dimanfaatkan oleh para petani asal Desa Jembungan, Banyudono. Hasilnya, proses pengerjaan lebih cepat dengan taburan pupuk yang lebih merata.

Petani-petani di Desa Jembungan melakukan cara ini dengan cukup mudah, tinggal melarutkan pupuk dengan air agar cair, kemudian dimasukan ke dalam penampungan drone. Setelah itu drone diterbangkan untuk penyemprotan pupuk ke lahan pertanian. Untuk mendapatkan bantuan drone ini, para petani mendapatkan bantuan dari operator drone desa setempat yang sudah lihai mengoperasikannya dan mendapatkan ases sewa dari salah satu perusahaan swasta di kota Solo.

Pemanfaatan drone adalah upaya untuk melakukan pertanian presisi(precission farming). Selain itu, drone untuk pemupukan akan menghemat biaya produksi bagi petani. Karena salah satu biaya terbesar dalam budidaya pertanian adalah tenaga kerja. Sedangkan drone dapat dioperasikan oleh satu orang dan mampu melakukan pemupukan antara 40-60 Ha/hari dengan hasil penyebaran pupuk yang lebih presisi.

Baca Juga  900 Kasus Penyalahgunaan Dana Desa Masuk BPK

Fakta menarik lainnya tentang manfaat dari drone dari segi teknologi dalam perangkatnya adalah, penggunaan kamera multispektral pada drone terbukti memiliki banyak manfaat. Di antaranya dapat menghemat biaya analisis tanah yang biasa dilakukan pada laboratorium, mampu memprediksi unsur hara tanah dan rekomendasi pemupukan secara real time, mengurangi emisi gas rumah kaca akibat pemupukan yang berlebihan, dan sebagainya.

Refrensi :

https://radarsolo.jawapos.com/daerah/boyolali/11/11/2022/teknik-pertanian-modern-petani- boyolali-mulai-manfaatkan-drone-untuk-pemupukan/

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=newssearch&cd=&cad=rja&u act=8&ved=2ahUKEwih4bHZrOr7AhXgyXMBHe- ZBCoQxfQBKAB6BAgIEAE&url=https%3A%2F%2Fkumparan.com%2Fkumparanbisnis% 2Fpupuk-indonesia-grup-uji-coba-drone-untuk-pemupukan- 1yUIShw4vtN&usg=AOvVaw27kgbqlG-dvz6utWgR-mRT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here