Meraup Untung dari Peluang Usaha Minuman Unik Khas Desa

0
4891

Peluang usaha minuman unik adalah salahsatu jenis usaha yang sedang sanga prospektif dikembangkan. Soalnya di jaman sekarang ini semua orang sedang sangat gandrung menjajal hal-hal baru, termasuk minuman unik.

Desa adalah tempat yang tepat mengembangkan peluang usaha minuman unik. Soalnya desa memiliki sumber daya alam yang bisa dikembangkan menjadi rupa-rupa produk olahan baik makanan maupun minuman.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki produk makanan atau minuman asli desa yakni:

Memiliki cita rasa yang unik khas desa. Ini adalah rasa yang diinginkan semua orang kota terutama orang kota yang berasal dari desa. Soalnya, cita rasa itu akan membawa mereka ada kenangan masa lalu ketika merek tinggal di desa.

Kalau Anda cermati, sekarang ini ada banyak jenis minuman kemasan yang diproduksi secara modern dengan mengambil minuman khas suatu daerah sebagai idenya. Misalnya Wedang Bajigur, salahsatu jenis minuman tradisional yang citarasanya berhasil menyita daya tarik banyak orang.

Peluang usaha minuman unik di desa sangat prospoektif karena kandungan minuman olahan dari desa memiliki kandungan yang jauh lebih sehat ketimbang berbagai minuman instan buatan pabrik yang kini beredar luas.

Kandungan yang sehat adalah isu yang sangat marketable bagi konsumen modern seperti sekarang ini karena mendukung gaya hidup sehat masyarakat. Ini adalah alat promosi yang sangat efektif memincut hati calon pembeli.

Jika industry minuman unik di desa tumbuh makin kuat maka itu bakal mendukung kemajuan ekonomi desa. Logikanya, daripada uang Anda dibelanjakan untuk membeli barang buatan pabrik milik para pemilik modal yang sudah kaya-raya itu, mendingan keuntungan mengalir untuk warga desa. Setuju?

Beberapa keunggulan inilah yang Anda dapatkan jika mengkonsumsi minuman khas unik desa. Tapi seperti apakah yang menarik untuk dijadikan peluang usaha minuman unik dari desa?

  1. Minuman Rempah Kemasan
Baca Juga  Peluang Usaha Minuman di Desa Yang Menjanjikan

Anda tahu, desa memiliki banyak lahan untuk ditanami aneka tumbuhan bahan minuman seperti jahe, temulawah, jeruk nipis kencur dan lain-lain. Tanaman-tanaman ini, yang notabene bertumbuhan di halaman rumah warga desa, bisa diolah untuk menghasilkan uang.

Di Yogyakarta warga pedesaan mengolah beberapa tanaman itu menjadi aneka jenis minuman rempah yang memiliki cita rasa unik. Warga menyebutnya minuman rempah. Salahsatunya Wedang Uwuh.

Uwuh adalah sampah, disebut demikian karena jenis minuman ini terbuat dari berbagai jenis tumbuhan dan dedaunan yang dicampur begitu saja sehingga mirip dengan tumpukan sampah di halaman rumah.

Terdiri dari jahe, jeruk, kayu manis, cengkih dan beberapa tetumbuhan lainnya, wedang uwuh dikemas dalam bentuk sachet siap seduh seperti berbagai kemasan minuman modern pabrikan lainnya.

Cara menikmatinya juga sama, hanya perlu dimasukkan dalam gelas 200 diseduh dengan air panas. Hasilnya, warga minuman bakal orange kemerahan. Rasanya luar biasa, campuran jahe yang hangat, kayu manis yang khas, cengkih dan beberapa jenis tetumbuhan lainnya.

Bukan hanya cita rasa yang unik saja yang ditawarkan oleh minuman ini tetapi juga mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh mulai dari menghilangkan demam, membersihkan darah dan lain-lain.

Selain wedang uwuh, peluang usaha minuman unik satu ini juga bisa dimodifikasi menjadi beragam jenis cita rasa khas desa seperti Wedang Salam dengan daun salam sebagai rasa doinan di dalamnya. Ada Jakencruk, minuman yang berbagan jahe, kencur dan jeruk nipis.

Soal pengolahan, jangan kawatir, semua bahan ini telah diolah dengan cara yang higienis tanpa menghilangkan kdar gizi dan khasiat asli berbagai bahan tadi. Salahsatunya dengan cara pengeringan alami menggunakan sinar matahari dengan dijemur di ruangan tertutup kaca atau plastic.

Karena memiliki bahan alami dengan cita rasa yang khas maka pengerjaan jenis minuman ini dilakukan secara kovensional yakni dengan menggunakan tenaga manusia mulai dari memotong atau mengiris bahan hingga melakukan pengeringan.

Baca Juga  Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil

Sentuhan tangan warga desa dalam mercik jenis minuman ini akan menciptakan cita rasa unik yang tidak bakalan bisa disaingi produk pabrikan yang dikerjakan mesin itu.

Di Yogyakarta, peluang usaha minuman unik ini lahir karena didukung kedatangan wisatawan yang mendatangi kota ini. Selain menjadi salahsatu pilihan menu minuman di restoran dan rumahmakan-rumah makan bagi wisatawan, minuman ini juga banyak dikemas dengan cantik sebagai buah tangan yang khas.

  1. Sirup Rempah

Bukan hanya jenis buah yang bisa disulap menjadi sirup. Tetapi juga berbagai jenis miuman rempah dengan cita rasa unik. Selain menawarkan cita rasa instimewa, sirup rempah juga bakal memberikan khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sirup rempah adalah salahsatu produk yang menawarkan gaya hidup sehat bagi masyarakat. Soalnya proses pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet dan dilakukan dengan standar kesehatan yang sudah terjamin.

Salahatu nama produk sirup rempah seperi Sirup Secang Wangi, sirup yang menawarkan rasa kayu secang yang unik. Sensasi yang bakal Anda alami ketika menikmati minuman ini adalah, lidah Anda bakal terasa segar dan tetap bersih karena bahan minuman ini berbahan alami.

Berbeda dengan jenis sirup pabrikan yang dibuat dengan cita rasa buatan sehingga meninggalkan residu yang terasa masih menempel di lidah setelah meminumnya. Minuman sirup rempah ini tidak, lidah Anda akan terasa segar setelah meminumnya karena bahan alaminya akan bersih dari residu.

Soal kemasan, sirup minuman unik khas desa juga bisa dikemas dengan kualifikasi seperti produk minuman pabrikan yakni dengan botol kaca dan stiker yang cantik menarik.

Yang membedakan sirup jenis ini dengan sirup pabrikan adalah dari segi volume produksi. Perusahaan berskala industri mampu menghasilkan produk dalam jumlah yang besar sedangka jenis produk berbasis lokal seperti sirup ini belum mampu seperti itu.

Baca Juga  5 Peluang Usaha di Jogja yang Paling Menjanjikan

Selain keterbatasan sumber daya manusia dan alat pendukung, proses pembuatan minuman-minuman unik dikerjakan tangan-tangan warga desa yang terampil sehingga memiliki keterbatasan volume produksi.

Kendala mengembangkan peluang usaha minuman unik dari desa juga dari sisi bahan baku. Tak mudah mendapatkan bahan baku alami yang dibutuhkan untuk membawa minuman rempah berskala industri.

Soalya umumnya, berbagai bahan baku yang digunakan untuk diracik menjadi dua jenis minuman di atas komoditas yang belum dikembangkan secara khusus misaknya jahe, kunyit dan sebagainya.

Anda bisa mengembangkan aneka jenis minuman seperti dua contoh di atas dengan aneka racikan lain. Masih ada aneka jenis bahan di desa yang bisa dimanfaatkan dan disulap menjadi pilihan menjawab peluang usaha minuman unik.

Dua fakta tadi menunjukkan bahwa minuman khas desa memiliki daya tarik yang kuat untuk disodorkan kepada pasar (marketable). Pasar selalu tertarik pada sesuatu yang unik baik dari cita rasa maupun kemasan.

Isu kesehatan juga menjadi kekuatan yang tak dimiliki produk pabrikan dalam hal ini. Jadi minuman unik ini bisa menawarkan berbagai keunggulan yakni rasanya yang unik alami juga khasiatnya yang unggul dalam bidang kesehatan.

Peluang usaha minuman unik ii kini semakin terbuka lebar dengan memanfaatkan internet sebagai alat pemasaran (pemasaran online). Tahukah Anda bahwa produk minuman rempah berkemasan dan sirup banyak dibeli orang secara online alias melalui internet.

Sebab keunikan minuman rempah yang khas pedesaan, menawarkan cita rasa unik, menyehatkan dan membuat orang merasa bisa kembali merasakan sejuknya suasana pedesaan melali segelas minuman yang diseruputnya. (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here